Mengenal 4 Tipe Ayam berdasarkan Tujuan Pemeliharaanya

By | February 20, 2016

Mengenal 4 Tipe Ayam berdasarkan Tujuan Pemeliharaanya

Di dunia ini banyak sekali jenis dan tipe ayam, dari yang berukuran kecil hingga yang postur besar. Dari yang bulunya hitam sampai yang warna-warni. Sebelum kita memeliharanya, kita harus mengetahui maksud dan tujuan kita memeliharanya. Bila kita hanya sekedar memelihara tanpa tahu tujuan memeliharanya, maka hasil yang kita dapatkan tidak akan maksimal.

  1. Tipe Ayam Pedaging

Ayam pedaging ada dari jenis ayam buras dan ayam ras.  Untuk ciri-cirinya hampir sama antara ayam buras dan ayam ras, diantaranya :

Postur tubuh relaif lebih besar, daging padat.

Mempunyai gerakan yang lebih lamban dan kurang gesit. Beberapa contoh ayam pedaging seperti ayam Brahma, ayam Pelung, Ayam Jawa Super, Ayam kampung biasa, Ayam Leghor.

White Leghorn

White Leghorn

  1. Tipe ayam petelur

Ayam jenis ini contohnya adalah ayam arab, ras dan ayam kapung atau ayam Jawa yang diperoleh dari beberapa kali seleksi. Tipe ayam petelur mempunyai ciri-ciri sebagai berikut ;

  • Mempunyai produktivitas telur yang tinggi, bisa mencapai 250-300 butir per tahun
  • Mempunyai masa dimana bulunya mengalami kerontokan
  • Mempunyai postur tubuh yang tegak dan lebih lincah
Ayam PetelurAyam Petelur

Ayam Petelur

  1. Tipe Ayam Petelur dan Ayam Pedaging

Untuk tipe ayam jenis ini, mempunyai produktivitas telur dan daging. Untuk ukuran badanya termasuk sedang, produktivitas telur cukup tinggi, kulit telur berwarna coklat atau agak kehitaman.

  1. Tipe Ayam Hias

Sekarang banyak sekali jenis ayam hias. Dari yang asli Indonesia maupun yang masih impor dari negara lain. Pada umumnya harganya relatif lebih mahal dibandingkam ayam jenis pedaging atau petelur. Populasi mereka masih sedikit karena belum banyak peternak yang menangkarkannya. Di samping itu faktor harga mempengaruhi peredaran ayam jenis ini, untuk pehobi masih terbatas pada kalangan tertentu.  Ada beberapa hal yang menyebabkan mereka disebut ayam hias:

Ayam Ketawa Dewasa Jantan

Ayam Ketawa Dewasa

  • Keindahan suaranya/ merdu

Diantara ayam hias yang mempunyai suara yang merdu yaitu jenis Ayam Pelung, Ayam Bekisar, Ayam Ketawa. Ayam tersebut kini banyak di pelihara dan cukup populer karena kemerduan suaranya. Bahkan suara mereka di ikutkan dalam suatu kontes. Maka tak heran bila ayam hias jenis ini banyak dicari orang. Untuk jenis ayam ini kebanyakan asli Indonesia.

  • Keindahan bulunya

Ayam hias yang bisa dinikmati keindahan bulunya ada yang karena warnanya yang beraneka macam, atau juga bulunya yang lembut seperti kapas. Kebanyakan jenis ini bukan ayam asli Indonesia. Diantara ayam hias jenis ini seperti jenis Ayam kalkun, Ayam Kapas, Ayam Polan, jenis ayam Pheasent/Pegar seperti Golden Pheasent, Red Pheasent, Lady Amhers Pheasent, Bebek Mandarin. Ayam jenis ini kebanyakan masih berasal dari luar negeri. Namun berjalanya waktu beberapa penghobi sukses dalam menangkarkanya.

Kekuatannya

Ayam jenis ini banyak dicari karena mempunyai stamina dan tubuh yang kuat. Ayam jenis ini banyak yang digunakan orang untuk menjadi ayam aduan. Jenis ayam ini seperti ayam Bangkok, ayam Saigon, ayam Birma. Banyak orang yang menyilangkan mereka dengan jenis lain hingga munculah ayam Magonthai (Birma Saigon Thailand). Sebenarnya ayam jenis ini dijadikan indukan jantan juga bagus, tanpa harus membuat mereka berdarah karena bertarung.

Dapatkan berbagai macam ayam hias di jualayamhias.com, kami siap mengirmkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

 

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:Ternak ayam, harga ayam, jual ayam, jual ayam hias, harga ayam hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *