Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kenari yang Bertelur di Tempat Pakan

By | September 8, 2016

Penyebab dan Cara Mengatasi Burung Kenari yang Bertelur di Tempat Pakan

Burung Kenari merupakan burung yang saat ini cukup populer dikalangan kicau mania. Burung mungil yang memiliki beragam jenis ini dari tahun ketahun peminatnya pun semakin banyak. namun tidak sedikit juga yang mengeluh pada saat pemeliharaannya terutama pada saat indukan Kenari betina bertelur yang mana tidak bertelur pada tempatnya.

Indukan Kenari betina yang bertelur tidak pada tempatnya memang menjadi suatu hal yang menyebabkan masa bertelur tidak berjalan dengan sempurna. Ada beberapa peternak yang mengatasinya dengan memindahkan ke tempat sarang bertelur atau bahkan ada yang membiarkannya ditempat pakan tersebut.

Biasanya hal ini akan menyebabkan indukan Kenari betina tidak mengerami telurnya atau dapat juga membuang telurnya ke dasar kandang atau sangkar kandang.

Burung Kenari Bertelur di Tempat Pakan

Burung Kenari Bertelur di Tempat Pakan

Apa penyebab Burung Kenari bertelur ditempat pakan?

Burung Kenari bertelur ditempat pakan bisa disebabkan karena

  1. Tempat sarang untuk bertelur tidak nyaman hal ini bisa dikarenakan penempatan sangkar yang kurang tepat seperti terlalu dekat dengan bagian atas sangkar atau bisa juga karena terlalu mepet dengan dinding sangkar
  2. Tempat sarang terlalu kutu dan tungau
  3. Bahan penyusun sarang tidak sesuai dengan tubuh Kenari
  4. Bahan untuk membuat sarang tercampur dengan bahan-bahan yang berguna untuk mengawetkan sarang tersebut.

Burung Kenari yang bertelur ditempat pakan kemungkinan besar telur tidak berhasil ditetaskan, karena bisa saja indukan tidak mengeraminya atau telur rusak, retak bahkan pecah karena tempat yang tidak luas sehingga indukan akan kesulitan jika ingin mengerami telurnya.

Bagaimana cara mengatasi Burung Kenari yang bertelur ditempat pakan?

Untuk mengatasi indukan Kenari yang bertelur ditempat pakan bisa dilakukan dengan cara membiarkan terlebih dahulu indukan Kenari mengeluarkan telur terakhirnya, biasanya akan bertelur 3-4 butir. pada saat bertelur yang keempat segera pindahkan tempat pakan dan telur kedalam sarang. Jika indukan sudah ada tanda-tanda mau mengerami telurnya segera pindahkan ke tempat sarang. Indukan Kenari akan mengerami telurnya.

Untuk mencegah hal ini terjadi lagi sebaiknya untuk tempat pakan dibuat dengan ukuran kecil saja dan berikan sarang yang nyaman dan bahan yang sesuai.

Untuk mengatasi tempat sarang yang banyak kutu dan tungaunya yaitu dengan mencuci dan membersihkan sarang, jemur hingga kering. masukkan tempat sarang yang baru. agar kutu dan tungau tidak kembali lagi maka pada sekitar sarang bisa ditaburi serbuk anti kutu. Cara ini bisa dilakukan lagi jika indukan Kenari betina melakukan lagi hal yang sama.

Burung Kenari

Burung Kenari

Kata Terkait : Kenari, Burung Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari, Ternak Kenari, Jenis Kenari, Suara Kenari, Kicau Kenari

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *