Cara Menangani Burung Kenari yang Sedang Sakit

By | September 5, 2016

Cara Menangani Burung Kenari yang Sedang Sakit

Memelihara Burung Kenari memang menjadi suatu kegiatan yang menyenangkan. Suara kicaunya yang merdu mampu memberikan hiburan bagi setiap pemilikinya. Burung Kenari sendiri memiliki banyak jenisnya diantaranya Kenari Yorksire, Kenari Norwich, Kenari Fancy, Kenari London, Kenari Lanschaire, Kenari Lizard dan Kenari Stafford.

Burung Kenari memang jenis burung yang memiliki berbagai keistimewaan karena burung ini selain pandai berkicau, Burung Kenari juga memiliki sifat yang tidak mudah stress dan mudah beradaptasi maka tidak heran jika burung ini menjadi burung favorit untuk dipelihara oleh para pencinta burung di Indonesia.

Burung Kenari dalam pemeliharaannya memang cukup mudah namun jika tidak diperhatikan dengan baik, bisa saja Burung Kenari yang kita pelihara terserang penyakit yang tidak kita inginkan. Maka dari itu pemeliharaan yang sangat diperlukan untuk menjaga Burung Kenari tetap sehat dan terhindar dari segala penyakit.

Burung Kenari yang terserang penyakit biasanya cenderung menyembunyikan kondisinya tersebut. hal tersebut bisa disebut dengan pertahanan diri. Sikap tersebut ditunjukkan untuk melindungi diri dari hewan predator, dengan begitu hewan pemangsa tidak akan mengetahui kondisinya sedang sakit.

Bagaimana cara mengetahui Burung Kenari sedang sakit?

Berikut cara mengetahi Burung Kenari yang sedang sakit

  1. Terjadi perubahan pada bulunya dimana warnanya menjadi lecet dan kusam
  2. Bulu Kenari pada bagian leher seperti gemetaran
  3. Burung Kenari yang sedang sakit lebih banyak diam daripada berkicau
  4. Matanya terlihat seperti tertutup atau mengantuk

Apabila Burung Kenari mengalami tanda-tanda tersebut bagaimana cara menanganinya?

Berikut cara menangani Burung Kenari yang sedang sakit

  1. Apabila Burung Kenari yang kita pelihara mengalami sakit sebaiknya diberikan perawatan yang lebih, jika dengan kondisi tersebut tidak mau makan maka diberi makanan dengan cara menyuapi dengan lembut, makanan yang diberikan adalah makanan favorit Burung Kenari seperti telur puyuh rebus, sayuran sawi dan biji-bijian
  2. Memberikan minuman yang bersih dan segar bila perlu memberikan air minum yang matang yang ditambah dengan vitamin untuk menjaga kondisi tubuhnya agar lebih kuat. Biasanya obat dan vitamin yang diberikan yaitu berjenis orbird yang dibuat dari bahan-bahan herbal yang aman tanpa efek samping.
  3. Memberikan lampu penghangat pada waktu malam hari khususnya pada musim hujan, sebaiknya lampu diberi penutup dengan tujuan agar cahaya tidak mengganggu saat Burung Kenari sedang tidur.
  4. Burung Kenari sebaiknya ditempatkan ditempat yang tenang sehingga Kenari merasa aman dan nyaman.
Kenari Sakit

Kenari Sakit

Itulah penjelasan mengenai penanganan terhadap Burung Kenari yang sedang sakit. Memelihara Burung Kenari memang perawatannya mudah, akan tetapi kita juga perlu untuk memperhatikan kondisinya. Perlu adanya mengetahui tanda-tanda Burung Kenari yang sedang sakit. Agar nantinya saat Burung Kenari kesayangan mengalami hal tersebut, kita mampu untuk merawatnya secara benar.

Kata Terkait: Kenari, Burung Kenari, Suara Kenari, Kicau Kenari, Jenis Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *