Tips Menangani Burung Kenari Saat di Tinggal Berlibur

By | September 30, 2016

Tips Menangani Burung Kenari Saat di Tinggal Berlibur

 Liburan memang cukup penting bagi semua orang, dengan berlibur tentu akan membuat pikiran Anda jernih dan fresh. Ketika berlibur, Anda dan keluarga akan meninggalkan rumah untuk beberapa hari. Namun masalahnya adalah ketika Anda memelihara beberapa ekor burung.

Membawa Burung Kenari berlibur tentu akan menambah masalah baru, burung yang Anda ajak berlibur akan membuat repot di jalan, membawa burung keluar daerah atau provinsi juga harus mengikuti prosedur yang ada. Jadi Anda harus meninggalkan burung kesayangan Anda untuk beberapa hari. Selama Anda berlibur pasti akan dirundung perasaan khawatir tentang nasib burung kenari yang Anda tinggalkan. Apabila kekurangan makanan dan minuman selama berhari-hari tentu bisa berakibat fatal.

Burung kenari, cara membuat tempat pakan kenari otomatis, tempat makan dan minum kenari, tempat minum otomatis, cara membuat wadah pakan burung kenari

Burung Kenari Yorkshire

Untuk mengobati rasa khawatir Anda, ada beberapa solusi yang bisa Anda terapkan saat Anda dan keluarga berlibur :

  1. Menggadaikan Burung Kenari pada tetangga atau teman dekat

Salah satu jalan alternatif ketika Anda harus meninggalkan Burung Kenari peliharaan Anda untuk waktu yang cukup lama adalah dengan menggadaikan burung kenari pada teman yang Anda percayai. Proses gadai harus disepakati, misalnya dalam batas waktu yang ditentukan Burung Kenari juga tidak diambil, maka Burung Kenari tersebut berhak menjadi milik teman Anda sepenuhnya. Selain itu juga perlu dibuat perjanjian yang berisi kesepakatan jika terjadi sesuatu terhadap burung peliharaan Anda (terbang, hilang atau bahkan mati) sebelum batas waktu yang Anda sepakati. Dengan begitu Anda bisa mudik dengan tenang tanpa perlu khawatir terhadap burung kenari yang Anda pelihara, karena burung kenari tersebut akan dirawat dengan sebaik-baiknya.

Sebelum Anda berlibur sebaiknya pindahkan Burung Kenari dalam sangkar yang lebih luas. Jika selama disimpan dalam kandang yang berukuran sedang atau kecil, ketika Anda akan meninggalkannya dalam waktu yang cukup lama, sebaiknya burung dipindahkan dalam kandang yang lebih luas. Karena dengan begitu makanan dan minuman bisa Anda diberikan dalam jumlah yang cukup banyak.

Untuk mengatasi kebutuhan pakan dan minum Burung Kenari selama Anda tinggal, Anda bisa membuat tempat pakan dan minum otomatis yang bisa mengisi sendiri apabila pakan sudah habis. Tempat pakan dan minum tersebut dikenal dengan istilah Bird Feeder dan Drink Feeder. Di pasar burung banyak menjual tempat pakan dan minum otomatis ini, namun dalam ukuran kecil, sehingga sulit untuk burung yang memiliki ukuran besar. Untuk itu Anda bisa membuat sendiri tempat pakan dan minum dengan memanfaatkan barang-barang bekas di sekitar Anda.

  1. Dititipkan pada tetangga terdekat atau saudara

Jika rumah Anda dekat dengan rumah saudara atau tetangga terdekat Anda yang dapat dipercaya, maka tidak ada salahnya jika menitipkan burung kenari Anda pada tetangga terdekat atau saudara Anda. Dengan mempertimbangkan etika dan beberapa kondisi :

  • Ketika Anda menitipkan Burung Kenari pada saudara atau tetangga terdekat, sebaiknya jangan terlalu berambisi untuk menjaga kondisi burung agar tetap gacor.
  • Sebaiknya ajari hal-hal yang mendasar, seperti memberi makan jika makanannya sudah habis, mengganti minum jika air minumnya habis atau kotor, dan membersihkan kotoran burung yang ada di kandangnya. Anda jangan terlalu merepotkan mereka dengan harus melakukan perawatan harian seperti yang biasa Anda lakukan.
Burung kenari, cara membuat tempat pakan kenari otomatis, tempat makan dan minum kenari, tempat minum otomatis, cara membuat wadah pakan burung kenari

Burung Kenari

Itulah beberapa hal yang bisa Anda lakukan ketika akan pergi berlibur meninggalkan burung peliharaan selama beberapa hari.

Kata terkait:

Burung kenari, cara membuat tempat pakan kenari otomatis, tempat makan dan minum kenari, tempat minum otomatis, cara membuat wadah pakan burung kenari

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *