Mempersiapkan Kandang Ayam Pelung

Mempersiapkan Kandang Ayam Pelung

Kandang merupakan tempat untuk membatasi ruang gerak ayam, melindungi dari cuaca yang tidak baik dan melindunginya dari gangguan manusia maupun binatang.membatasi ruang gerak ayam berfungsi untuk menghemat energi ayam sehingga, energi yang disimpan berguna untuk menghasilkan produksi telur secara optimal.

Ketika akan memelihara ayam pelung, hal yang paling utama kita persiapkan adalah kandang. Kandang yang sudah dibuat dengan persiapan yang baik akan memberikan kenyamanan dan keamanan bagi ayam. lokasi sekitar kandang sangat diperlukan keamanannya agar ayam yang dipelihara tidak merasa stres karena adanya gangguan disekitar kandang.

Indukan Ayam Pelung

Indukan Ayam Pelung

Untuk memilih lokasi kandang buatlah kandang dilokasi yang dekat dengan pohon yang agak rimbun, lebih baik pohon yang dapat menghasilkan bebijian atau buah-buahan sehingga ayam akan mendapatkan tambahan makanan. Pohon yang rimbun akan melindungi ayam dari rasa kepanasan. Lokasi yang dekat dengan perairan juga tempat yang sangat tepat untuk mendirikan kandang. Jadi persediaan untuk minum ayam tidak akan kehabisan. Tempat yang tepat  untuk mendirikan kandang adalah tempat yang jauh dari gangguan manusia, binatang dan ancaman bahaya yang dapat membahayakan keselamatan seperti bencana banjir, tanah longsor dan bencana lainnya.

Syarat untuk pembuatan kandang pelung

Perkandangan ayam pelung yang baik adalah

  • Lokasi kandang jauh dari hunian sehingga masyarakat terhindar dari bau dan kotoran
  • Mempunyai sirkulasi udara yang cukup. Ada celah-celah untuk sinar matahari masuk
  • Lokasi yang memudahkan untuk pembuatan kandang, pemberian pakan, dan pengambilan telur

Beberapa jenis kandang ayam pelung

  1. Kandang lantai rapat

Kandang lantai rapat adalah kandang yang dapat memuat ayam pelung dengan jumlah yang banyak. Biasanya kandang ini terbuat dari bambu atau semen. Untuk mengurangi kelembapan pada alas atau litter berikan lapisan berupa sekam atau merang padi, bisa juga serbuk gergaji yang tujuannya untuk memberikan kehangatan bagi ayam. Untuk membuat alas kandang yang baik perlu diberikan lapisan-lapisan seperti;

  • lapisan pertama berikan pasir
  • lapisan kedua berikan taburan kapur untuk memberikan penguapan
  • lapisan ketiga berikan kerikil yang digunakan untuk memperlancar penguapan
  • lapisan keempat yaitu berupa taburan sekam, merang padi atau serbuk gergaji yang berfungsi untuk menampung kotoran ayam dan sisa minum dan makannya sehingga kandang tidak lembab
  1. Kandang lantai renggang

Kandang lantai renggang adalah kandang yang dapat memberikan ruang agar kotoran langsung jatuh sehingga kotoran tidak tertampung dibagian alas kandang, jenis kandang ini lebih menguntungkan dibanding dengan kandang lantai rapat diantaranya adalah

  • kotoran ayam dan sisa-sisa makanan dan minuman ayam langsung jatuh kebawah kandang.
  • Jika kandang yang dibuat didekat kolam ikan, kotoran ayam akan langsung jatuh di kolam dan dimakan ikan
  • Kandang tidak akan kotor dan selalu bersih

Kedua kandang tersebut memiliki fungsi masing-masing, kandang lantai rapat berfungsi untuk memelihara ayam sesuai dengan umur anak ayam dan luas kandangnya. Kandang lantai renggang berfungsi untuk memuat ayam pelung remaja maupun dewasa. Sehingga 1 kandang hanya dapat memuat 1 ekor saja.

Foto Ayam Pelung

Foto Ayam Pelung

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam pelung, kami menyediakan telur ayam pelung yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam pelung kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam pelung dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarangdi:

SMS/CALL 

0812 2028 8686

WHATSAPP 

0856 4772 3888

 

Kata Terkait : Kandang Ayam Pelung, Jenis Kandang Ayam Pelung, Jual Ayam Pelung, Harga Ayam Pelung

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *