Membaca Peluang Ternak Ayam Cemani Yang Eksotik

Membaca Peluang Ternak Ayam Cemani Yang Eksotik

Ayam Cemani merupakan ayam asli Indonesia. Ayam yang mempunyai warna hitam disekujur tubuhnya itu dari postur tubuhnya serupa dengan ayam kampung yang membedakan hanya warnanya yang hitam. Ayam Cemani berasal dari daerah Kedu, Jawa Tengah. Ayam Cemani sekilas mirip dengan ayam Kedu, bedanya jengger pada ayam Kedu berwarna merah, sedangkan ayam Cemani sendiri warnanya hitam.

Di daerah pulau Jawa, populasi ayam cemani makin tergusur oleh populasi ayam kampung atau ayam pedaging. Untuk peternakannya masih terbatas pada beberapa peternak yang masing  berusaha melestarikannya agar Ayam Cemani tidak mengalami kepunahan.

Untuk Ayam Cemani disamping di pelihara untuk dijadikan hiasan rumah. Sekitar tahun 1924 Ayam Cemani muncul dalam suatu Pekan Raya Surabaya dan tahun 1926 dipamerkan dalam pekan Raya Semarang. Sejak saat itu ayam Cemani mulai dikenal khalayak ramai.

Membaca Peluang Ternak Ayam Cemani Yang Eksotik

Membaca Peluang Ternak Ayam Cemani Yang Eksotik

Ada lagi versi lain mengenai ayam Cemani. Ayam ini telah ada sejak Kerajaan Majapahit. Saat itu Ki   Ageng Makukuhan mendapat wangsit agar mengobati putra dari Panembahan Hargo Pitutuh dengan menggunakan daging ayam Cemani.  Maka sampai sekarang masih ada sebagian orang yang percaya dengan khasiat ayam Cemani yang bisa menyembuhkan penyakit seseorang. Namun secara penelitian medis memang belum ada yang menjelaskan hal ini secara ilmiah. Maka dari itu kami berusaha untuk berhati-hati dalam hal ini karena resiko jatuh ke dalam kesyirikan. Dan di jualayamhias.com kami tidak melayani pembelian untuk pengobatan, ritual atau keperluan lain selain untuk ayam hias di ternakan. Memang untuk di zaman sekarang keputusan ini di lihat aneh namun jika di pikirkan ulang resikonya akhirat insya Allah kita akan memahaminya.

Untuk Ayam Cemani sendiri termasuk ayam yang produktivitas telurnya sedang, sekitar 160 telur/ tahun. Ayam Cemani dapat menetaskan sendiri telur yang dieraminya dengan masa pengeraman sekitar 21 hari. Dari kecil saat baru ditetaskan, ayam cemani sudah berwarna hitam. Cemani mulai bertelur pada umur 8 bulanan. Dalam sekali produksi telur bisa menghasilkan 8-15 butir telur.

Untuk daya tahan tubuhnya, ayam cemani termasuk kategori ayam yang berdaya tahan baik. Artinya tidak gampang sakit, sama seperti ayam kampung biasa. Berbeda dengan ayam jenis Poland yang sedikit sensitif.  Untuk makanannya juga mudah, bisa diberikan Voer atau BR sejenis konsentrat yang bisa dibeli di toko pakan ternak terdekat.  Untuk menjaga agar bagian tubuhnya hitam, ayam cemani tidak mempunyai pantangan dalam hal makan. Hanya saja perlu dijaga garis keturunan agar hanya dikawinkan dengan sesama ayam cemani saja.

Ayam Cemani Dewasa

Ayam Cemani Dewasa

Bagaimana memilih kandang Ayam Cemani untuk ternak?

Mengenai kandang Ayam Cemani sebenarnya cukup sederhana. Ayam cemani sama seperti ayam kampung lainnya senang bila diumbar. Namun bila anda ingin membuatkan kandang, bentuk kandang bisa berbentuk baterai atau berderet, bisa juga diletakkan dalam kandang kelompok yang bisa muat sekitar 6 ekor ayam dengan komposisi 1 jantan 5 betina.  Dalam hal ini memang sebaikanya ada media tanah di dalam kandang karena untuk mengakomodir naluri ayam cemani yang suka menceker-ceker tanah.

Apakah Ayam Cemani bisa di makan?

Ayam Cemani bisa di konsumsi sebagaiamana ayam lainya. Memang warna dagingnya yang hitam atau abu-abu membuat sebagian orang tidak bisa menikmatinya. Kami sendiri mencoba masakan ayam cemani dengan berbagai variasi masakan seperti untuk soto ayam cemani, sup ayam cemani maupun ayam goreng cemani.

Kapan Ayam cemani siap untuk konsumsi?

Ayam cemani dapat dikonsumsi saat sudah berumur 5 bulanan.Untuk hasil yang maksimal bisa dikonsumsi umur 8 bulanan, jadi sudah masuk masa produksi. Dagingnya yang hitam sedikit membuat orang yang belum terbiasa. Mungkin bagi sebagian orang termasuk makanan ekstrim. Walaupun begitu rasa dagingnya lezat, seperti ayam kampung. Untuk mengurangi penampakannya yang serba hitam mungkin perlu sedikit modifikasi dengan penambahan bahan pelengkap seperti cabe merah yang dibentuk, irisan woertel dan daun selada sebagai alasnya.

Demikian serba serbi mengenai sejarah, sekilas tentang cara beternak ayam Cemani. Semoga dapat menambah pengetahuan anda. Selamat mencoba.

Kami di jualayamhias.com melayani pembelian ayam cemani baik masih berujud telur untuk di tetaskan atau anakan Ayam Cemani untuk di besarkan. Dan kami juga melayani pembelian Ayam Cemani dewasa siap produksi. Dengan pengalaman kami sejak 1999 kami mampu mengirimkan ayam ke seluruh penjuru Indonesia via kargo hewan yang terpercaya. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

 WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:Ternak Ayam Cemani, harga ayam Cemani, jual ayam Cemani, telur ayam Cemani ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *