Melatih Mental Burung Kenari Agar Siap Dalam Lomba

By | September 11, 2016

Melatih Mental Burung Kenari Agar Siap Dalam Lomba

Sebagai salah satu burung berkicau yang merdu, Burung Benari termasuk kategori burung yang kerap diikutkan dalam suatu lomba. Dalam lomba yang diadakan oleh pecinta burung, ada beberapa kategori yang menjadi penilain panitia lomba. Salah satu yang mempengaruhi penilaian dalam suatu lomba adalah mental Burung Kenari. Hal tersebut sangat penting karena penampilan atau suara yang bagus saja tanpa ditunjang mental yang bagus maka akan mengurangi penilaian.

Ada beberapa hal yang perlu kita perhatikan jika kita ingin mengikutkan kenari kita dalam suatu lomba. Yang terpenting adalah pemeliharan sehari-hari seperti penyediaan pakan, minum, kebersihan kandang, pemasteran dan pelatihan sebelum lomba. Makanan sehari-hari dari  bahan yang berkualitas dan sesuai dengan kebutuhan. Seperti kita ketahui, setiap kategori umur membutuhkan nutrisi dan jenis makan yang berbeda. Untuk minuman juga diberikan minuman yang bernutrisi tinggi.

Burung Kenari

Burung Kenari

Untuk menjaga kesehatan burung kenari kita dapat memberikan bawang putih. Kandungan bawang putih banyak mengandung beberapa manfaat diantaranya bersifat anti bakteri, anti jamur, mengobati luka, menghangatkan tubuh, anti virus, anti parasit, mengobati flu dan pilek. Caranya dengan di jus sebagai pengganti air putih. Pemberian disesuaikan dosisnya.

Burung yang akan sering mendapatkan perawatan yang baik dengan dimandikan secara rutin dan menjemur dibawah sinar matahari. Hal tersebut dimaksudkan agar Burung Kenari dalam kondisi sehat, terbebas dari hama penyakit dan dalam kondisi selalu prima. Sebelum kita mengikutkan dalam suatu lomba kita terlebih dahulu  harus melatih burung kenari kita.

Hal yang tidak kalah pentingnya adalah proses pemasteran. Burung yang akan kita siapkan dalam lomba, terlebih dahulu diputarkan rekaman atau mp3 suara burung yang sudah jadi agar burung akan meniru suara Burung Kenari yang sudah jadi. Pemasteran dilakukan setelah proses memberi makan, minum, dimandikan, dijemur dan diangin-anginkan. Biasanya pada saat diangin-anginkan, kita bisa melakukan pemasteran.

Burung Kenari

Burung Kenari

Bagaimana cara melatih mental Burung Kenari agar siap dalam lomba?

Pada tahap awal, agar Burung Kenari akrab dengan kita, cara menstimulasi dengan cara memberikan makanan langsung dari tangan kita. Hal tersebut terbukti ampuh bisa membuat Burung Kenari menjadi akrab dengan manusia dan tidak takut kala berinteraksi dengan banyak manusia. Hal tersebut cukup penting dapat membentuk karakter burung yang mentalnya bagus.

Setelah terbiasa berinterkasi dengan manusia maka tahap selanjutnya adalah dengan melatih mental antar sesama burung. Caranya dengan mendekatkan sangkar burung yang satu dengan burung yang lain. Untuk posisi sangkar dilakukan secara bertahap. Pada awalnya dilakukan pada jarak beberapa meter. Setelah terbiasa maka jaraknya semakin berdekatan. Setelah itu bisa saling berdempetan.

Pada tahap ini, mental burung sudah mulai terasah. Kita bisa mencoba mengikutsertakan dalam suatu lomba. Pada tahap awal, letakkan sangkar agak jauh dari area lomba. Setelah mampu beradaptasi, barulah secara perlahan diletakkan di tengah arena lomba.

Demikian beberapa cara agar kita bisa melatih Burung Kenari agar siap saat diikutkan dalam lomba. Memang butuh ketelatenan dan kesabaran untuk bisa membentuk burung yang siap untuk dilombakan. Namun bila anda menikmati aktivitas tersebut, maka anda tidak terbebani. Justru anda akan terhibur manakala burung yang anda pelihara mengalami peningkatan walaupun sedikit demi sedikit.

Burung Kenari Yorkshire

Burung Kenari Yorkshire

Kata Terkait: Suara Kenari, Kicau Kenari, Jenis Kenari, Ternak Kenari, Kenari, Burung Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

 

.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *