Mari Mengenal Ayam Kapas Lebih Dekat

By | March 31, 2016

Mari Mengenal Ayam Kapas Lebih Dekat

Ayam kapas, dari namanya kita sudah bisa menebak warna ayam ini yang putih dengan kehalusan dan kelembutan bulunya. Dan ternyata ayam ini belum begitu populer di masyarakat Indonesia terbukti dengan masih banyak yang belum tau mengenai wujud asli ayam hias yang bernama ayam kapas ini.

Apakah ayam kapas itu?
Baik, untuk lebih mengenal apa itu ayam kapas mari kita simak tulisan kami berikut:

  • Ciri Khusus
    Ayam kapas termasuk ayam hias yang unik dan menarik, Ayam ini mempunyai bulu putih lembut menyerupai kapas dan tumbuh dari ujung pangkal kaki hingga kepala dengan jambulnya yang khas ini. Ayam ini memiliki bulu yang berbeda dengan ayam pada umumnya, bulu tidak melekat satu dengan lainnya sehingga ayam ini nampak seperti kapas atau sutra. Keunikan ayam ini juga jarinya yang berjumlah lima sementara ayam biasa berjari empat di samping itu juga kaki ayam kapas ada yang berbulu ada juga yang tidak berbulu. Dengan kelebihan di sisi produksi telur cukup tinggi, ayam ini mudah beradaptasi dengan lingkungan, cukup tahan terhadap penyakit, temperamen agresif serta tidak pemilih dalam kawin alami. Ayam kapas memiliki performans warna bulu seragam putih, performans badan kecil, lincah, gesit, mungil, dan cantik, konsumsi pakan relatif yaitu 80 -90 gram.

    Ayam Kapas Indukan

    Ayam Kapas Indukan

  • Warna Bulu
    Warna bulu ayam kapas yang paling terkenal adalah putih selain itu ada juga warna coklat merah dan hitam. Ayam yang berwarna hitam ini mempunyai daging dan tulang yang berwarna hitam. Warna ini diperoleh dari hasil persilangan berbagai warna menghasilkan warna ayam kapas bermacam-macam seperti abu-abu, biru, blorok, partridge, burik, dan lain-lain.

    Ayam Kapas Umur 3 Bulan

    Ayam Kapas Umur 3 Bulan

  • Bentuk jengger
    Ayam ini mempunyai jengger seperti bunga mawar, jenggernya besar dan terdiri dari beberapa baris pial bergerigi. Beberapa ayam kapas memiliki jambul dibelakang pial. Jenggernya ada yang berwarna merah atau ada yang berwarna biru. 

    Ayam Kapas

    Ayam Kapas

  • Produktivitas
    Ayam ini mempunyai berat telur sebesar 26 – 40 gram (warna telur putih), berat telur tetas (rata-rata) sebesar 32,9 gram, produksi telur semi intensif sebanyak 164 butir/tahun, produksi per tahun sebesar 45 % semi intensif, umur bertelur petama pada umur 22 minggu dan berat telur pertama sebesar 0,9 kg.
Ayam Kapas Indukan (3)

Ayam Kapas Indukan (3)

  • Pemeliharaan
    Pemeliharaan ayam kapas hampir menyerupai ayam kampung, ada yang dikandangkan, dilepas atau kandang terbatas atau bahkan kandang khusus sebagai pajangan. Karena ayam kapas dilihat keindahan pada bulunya, maka pemeliharaan harus memperhatikan kebersihan kandang sehingga ayam selalu tampak bersih dan indah. Kotoran ayam atau sisa makanan yang menempel pada bulu akan mengurangi keindahan ayam kapas.
    Kandang ayam kapas harus cukup mendapatkan sinar matahari, terutama pagi hari. Lebih bagus jika kandang menghadap timur sehingga matahari pagi bisa masuk ke kandang. Kandang harus selalu kering dan tidak lembab, sehingga ventilasi yang cukup penting untuk kesehatan ayam kapas.
    Pakan yang diberikan tidak ada bedanya dengan ayam kampung. Pakan butiran (voer) diberikan pada masa anakan (fase starter) sampai umur 2 bulan, selanjutnya diberikan pakan kombinasi dedak, nasi, biji bijian seperti jagung,beras, gabah, kedelai.
Silahkan Bagi Anda yang ingin membeli ayam kapas berbagai usia, hubungi kami kapan saja melalui :
Call/SMS : 0812 2028 8686
Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888
Email : [email protected]

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
2.5 based on 4 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Kapas
No HP
Rp. 300.000
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *