Mengenal Burung Kenari Lancashire yang Bertubuh Besar

By | September 12, 2016

Mengenal Burung Kenari Lancashire yang Bertubuh Besar

Burung Kenari adalah salah satu awal munculnya pada abad ke-15 saat itu ditemukan oleh pelaut asal Perancis Jean De Berthan Cout di Pulau Canary. Sehingga nama Kenari ini berasal dari nama Pulau tersebut. Burung Kenari awal kemunculannya adalah jenis warna hijau. Namun karena adanya perkembangan liar dengan mengawinkan antar jenis Kenari sehingga menghasilkan jenis Kenari baru.

Burung Kenari sendiri memiliki berbagai jenisnya seperti Kenari Lancashire yang memiliki tubuh besar, Jenis Kenari ini sudah ada sejak di Inggris tahun 1870, pada abad ke-18.  Jenis Kenari Lancashire biasanya dipelihara untuk mengembangkan jenis Kenari lainnya seperti Yorkshire, Norwich dan Crested. Namun dengan adanya perkawinan silang tersebut mengakibatkan kepunahan karena tidak ada yang mengembakbiakkan secara murni.

Burung Kenari Lancashire

Burung Kenari Lancashire

Burung Kenari Lancashire biasa disebut dengan raksasa mewah, memiliki tubuh besar dan panjang, karena keindahannya membuat para peternak Kenari mengawin silangkan dengan jenis Kenari lain sehingga menghasilkan keturunan tertentu. Ada dua jenis Kenari Lancashire yang perlu kita ketahui Lancashire Copy (berjambul) dan Lancashire Plainhead (tanpa jambul).

Jenis Burung Kenari lain yang dikawin silangkan dengan Kenari Lancashire biasanya akan menghasilkan keturunan yang berbadan besar.

Bagaimana cara mengenali Burung Kenari Lancashire?

Berikut beberapa karakteristik Burung Kenari Lancashire

  1. Bulu biasanya berwarna kuning
  2. Memiliki ekor yang panjang
  3. Kepala besar dan panjang
  4. Memiliki leher yang tebal
  5. Bulu lembut
  6. Bahu tegak
  7. Punggung lebar
  8. Sayap panjang
Burung Kenari Lancashire

Burung Kenari Lancashire

Dalam perawatannya Burung Kenari membutuhkan makanan berupa biji-bijian  yang memang merupakan makanan pokok bagi Kenari Lancashire. Pemberian makanan seimbang antara kandungan protein, karbohidrat, lemak, mineral dan vitamin. Untuk pakan bijian biasanya dikombinasikan untuk beberapa bijian seperti canary seed, biji fumayin, fles seed dan niger seed. Seperti Burung Kenari pada umumnya disamping makanan pokok juga membutuhkan pakan tambahan (ekstra fooding) seperti sayuran hijau diantaranya yaitu sayuran sawi, selada dan beberapa sayuran hijau lainnya, selain itu buah-buahan juga dibutuhkan seperti buah Apel. Untuk menunjang suara kicaunya Kenari Lancashire membutuhkan pakan yang mengandung protein yang tinggi seperti telur rebus yang dicampur dengan tepung roti. Jenis pakan tersebut mampu membuat suara kicaunya menjadi gacor atau rajin berkicau. Jenis pakan lain seperti kecambah juga bermanfaat bagi Kenari Lancashire untuk penambah protein dan energi pada saat proses penjodohan. Air minum juga selalu disediakan.

Burung Kenari Lancashire

Burung Kenari Lancashire

Burung Kenari Lancashire juga tidak membutuhkan sangkar yang terlalu luas, untuk sangkar harian bisa diberikan sangkar yang berukuran kurang lebih pxl 40cmx 202 cm dengan tinggi 25 cm dengan dua tangkringan yang dibuat dengan kayu. Untuk Kenari betina, Kenari yang sedang mabung, dan anakan Kenari bisa ditempatkan di sangkar umbaran, untuk anakan Kenari dipelihara sampai selesai mengalami fase mabung. Untuk sangkar umbaran biasanya dibuat dengan ukuran sekitar 100x45x50 cm.

Dalam pemeliharaannya kebersihan kandang patut untuk diperhatikan seperti kebersihan kandang dan perlengkapannya, selain itu perawatan lainnya seperti memandikan dan menjemurnya. Untuk memandikan dilakukan setiap 3 kali dalam seminggu.

Kata Terkait: Kenari, Burung Kenari, Jenis Kenari, Kicau Kenari, Suara Kenari, Ternak Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *