Penyebab Kegagalan Dalam Beternak Burung Kenari

By | September 30, 2016

Penyebab Kegagalan Dalam Beternak Burung Kenari

Pada saat ini beternak Burung Kenari masih cukup menguntungkan. Semua itu dibuktikan masih ada banyak burung kenari yang berada di pasaran berasal dari penangkar lokal. Dalam usaha beternak Burung Kenari terkadang juga ada yang namanya kegagalan. Kegagalan adalah sesuatu yang lumrah dialami oleh para pengusaha. Hal itu juga bisa terjadi bagi penangkar burung kenari. Kegagalan tersebut bisa terjadi di semua kalangan, mulai peternak pemula maupun yang sudah berpengalaman.

Diantara faktor-faktor yang dapat digolongkan menjadi beberapa kategori antara lain dari faktor lingkungan, penangkar, sarana dan prasarana yang kurang mendukung, dan faktor keturunan.

Burung kenari, suara kenari, kicau kenari, kenari, kegagalan dalam ternak kenari, cara beternak kenari lokal

Burung Kenari

  1. Kegagalan yang di sebabkan oleh faktor lingkungan

Kegagalan dalam beternak juga bisa disebabkan karena faktor lingkungan, kondisi yang terlalu panas atau terlalu banyak hewan pengganggu juga bisa menyebabkan kegagalan dalam beternak burung kenari. Beberapa faktor yang memicu kegagalan :

  • Faktor cuaca

Faktor cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas bisa membuat usaha beternak kenari mengalami kegagalan. Jika ruangan terlalu panas, maka indukan burung kenari akan meninggalkan sarangnya untuk mendinginkan tubuhnya. Hal ini membuat telur burung kenari tidak dierami, sehingga banyak telur burung kenari yang tidak menetas. Sedangkan jika suhu terlalu dingin, indukan burung kenari akan malas turun dari sarang untuk makan dan minum. Hal ini juga dapat membahayakan kondisi tubuh burung sang indukan. Suhu ideal yang disarankan sekitar 25° Celcius.

  • Gangguan hewan pengganggu (Predator)

Hewan pengganggu seperti semut, kucing dan tikus juga bisa mengganggu proses beternak burung kenari. Gangguan dari hewan predator bisa menyebabkan burung kenari stres dan bahkan menyebabkan kematian.

  • Lingkungan sekitar yang terlalu ramai

Letakkan kandang burung kenari di tempat yang aman dan tenang. Jangan letakkan kandang di lokasi yang terlalu ramai dan sering dilewati banyak orang.

  1. Kegagalan yang disebabkan oleh penangkar

Kegagalan dalam beternak Burung Kenari juga bisa disebabkan oleh peternak. Kurang memahami tata cara penangkaran Burung Kenari juga bisa menjadi salah satu penyebab kegagalan dalam beternak. Permasalahan seperti pemberian pakan, kurang menjaga kebersihan kandang dan tidak segera bertindak apabila burung kenari terserang penyakit bisa menjadi salah satu faktor yang menyebabkan proses ternak burung kenari menjadi gagal.

  1. Kegagalan yang disebabkan karena sarana dan prasarana yang kurang mendukung

Sarana dan prasarana yang memadai diperlukan agar proses ternak burung kenari bisa berjalan dengan sukses. Sarana yang diperlukan adalah kandang, lingkungan di sekitar kandang, serta perlengkapan di sekitar kandang.

  1. Faktor Keturunan

Faktor ini merupakan salah satu faktor yang sangat berkaitan dengan peternakan Burung Kenari. Keturunan yang baik akan diturunkan kepada anakan burung kenari, yang nanti mungkin juga akan dijadikan indukan.

Burung kenari, suara kenari, kicau kenari, kenari, kegagalan dalam ternak kenari, cara beternak kenari lokal

Burung Kenari F1 Yorkshire

Seharusnya permasalahan tersebut dapat dicegah dengan menambah wawasan sebelum beternak burung kenari.

Kata terkait:

Burung kenari, suara kenari, kicau kenari, kenari, kegagalan dalam ternak kenari, cara beternak kenari lokal

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *