Jual Ayam Pelung dari Bibit Sampai Dewasa Siap di Ternakan

Jual Ayam Pelung dari Bibit Sampai Dewasa Siap di Ternakan

Ayam Pelung merupakan hewan peliharaan yang berasal dari daerah Cianjur Jawa Barat. Ayam Pelung merupakan salah satu jenis ayam asli Indonesia yang memiliki tiga sifat genetik. Pertama yaitu suara kokoknya yang panjang mengalun , kedua pertumbuhan yang cepat, ketiga postur badan yang besar. Bobot Ayam Pelung jantan yang usia dewasa dapat mencapai 5- 6 kg dengan tinggi antara 40- 50 cm.

Dari keunikan suara kokoknya kini Ayam Pelung semakin terkenal dan diminati oleh masyarakat umum, khususnya penghobi ayam hias. Ada salah seorang putra kaisar Jepang yang berkunjung ke Warungkondang untuk melihat peternakan Ayam Pelung di setiap tahun pada saat diadakannya kontes Ayam pelung di Cianjur. Kontes diadakan dari daerah se Jawa Barat hingga DKI Jakarta. Yang dinilai paling menarik akan mendapatkan hadiah dengan harga mencapai jutaan rupiah.

Ayam Pelung Dewasa Jantan

Ayam Pelung Dewasa Jantan

Nama Ayam Pelung sendiri berasal dari bahasa Sunda Melawung atau melung yang memiliki arti melengkung yang dilihat dari cara berkokoknya dimana dipenghujung kokoknya leher ayam ini melengkung. Jenis ayam lokal Indonesia ini memiliki beberapa karakter yang khas seperti

  1. Badan besar dan kokoh ( lebih besar dibandingkan ayam kampung biasa)
  2. Pial: besar, bulat dan memerah
  3. Cakar panjang dan besar dengan warna hitam, hijau, kuning atau putih
  4. Warna bulu: biasanya campuran antara warna merah dan hitam, kuning dan putih atau campuran warna hijau yang mengkilat.
  5. Jengger: besar, tebal dan tegak akan tetapi ada sebagian yang miring berwarna merah dan berbentuk tunggal
  6. Suara kokoknya merdu dan panjang

Semakin masyarakat mengenal Ayam Pelung semakin tinggi pula peminatnya, sebagian besar masyarakat ingin memelihara ayam ini karena keunikan suara kokoknya, jadi saat dipelihara bisa dijadikan sebagai hiburan atau klangenan bagi setiap pemiliknya. Seperti merasa damai dan tenang saat mendengar suara kokoknya.

Ayam Pelung Super Umur 6 Bulan

Ayam Pelung Super Umur 6 Bulan

Kini penggemar Ayam Pelung tidak hanya berasal dari daerah tempat asalnya saja, melainkan dari berbagai daerah di Indonesia bahkan sampai mancanegara. Dengan begitu peternak yang tersebar dari berbagai daerah Indonesia turut merasakan pengaruh dari meningkatnya permintaan Ayam Pelung ini.

Dengan pemeliharaan secara meluas diberbagai daerah menjadi salah satu cara untuk melestarikan Ayam Khas sebagai kekayaan Indonesia yang memang perlu untuk dikembangbiakkan agar ayam ini dapat meluas secara merata sehingga keberadaannya akan semakin berkembang.

Ayam Pelung Dewasa Jantan

Ayam Pelung Dewasa Jantan

Banyak peternak Ayam Pelung yang memang berasal dari berbagai daerah di Indonesia yang turut merasakan pengaruh dari meningkatnya permintaan Ayam Pelung setiap tahunnya. Maka dari itu perlu adanya penyediaan Ayam Pelung sebagai wujud untuk melestarikan ayam ini sebagai hewan asli Indonesia.

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata Terkait:

Ayam Hias, Ayam Pelung, Ayam Kokok Panjang, Telur Ayam Pelung, Ternak Ayam Pelung, Peternak Ayam Pelung, Jual Ayam Pelung, Harga Ayam Pelung

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *