Jual Ayam Pelung Si Ayam Bekokok Panjang

HP : 08564 77 23 888 | BERKUALITAS DAN TERPERCAYA

Jual Ayam Pelung Si Ayam Bekokok Panjang

Mengenal Ayam Pelung Asli Trah Cianjur

Jual Ayam Pelung – Ayam Pelung merupakan jenis ayam yang berasal dari Cianjur, Jawa Barat.  Pada tahun 1850 ayam pelung memang hampir punah, namun ayam pelung dapat berkembang menjadi ayam bernilai tinggi (komersil) yang disebabkan suaranya yang merdu. Banyak orang yang melestarikan jenis ayam ini karena memiliki nilai jual yang mahal. Ayam pelung juga termasuk dalam ras ayam buras, untuk saat ini sudah tersebar hampir seluruh wilayah terutama pulau Jawa.

Ayam pelung ditemukan di desa Bunikasih, Jambu Dipa dan Tegal Lega yang terletak di kecamatan warung Kondang, Kabupaten Cianjur Jawa Barat. Memang, ayam pelung merupakan salah satu jenis ayam yang berasal dari Indonesia yang harus dilestarikan. Banyak masyarakat Cirebon yang membudidayakan ayam pelung hanya sekedar hobi karena suaranya yang khas. Selain memiliki suara yang merdu juga khas, ayam pelung ini juga memiliki kelebihan pada dagingnya yang memiliki cita rasa tinggi. Untuk saat ini ayam pelung banyak diminati karena jenis ayam ini yang memiliki potensi menjadi ayam buras pedaging, berbeda untuk ayam pelung betina yang berpotensi sebagai ayam petelur. Bagi anda yang belum mengetahui akan ayam pelung,

Berikut merupakan ciri-ciri ayam pelung :

jual ayam pelung

Ayam Pelung

  • Postur tubuhnya yang terlihat besar dengan memiliki berbagai warna bulu
  • Memiliki kaki yang relatif lebih besar
  • Bulu ayam pelung yang terlihat lebih mengkilap jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya
  • Memiliki jengger yang besar dan tunggal yang berdiri tegak dan berwarna merah
  • Kokokan ayam pelung memiliki nada panjang dengan iramanya yang berbeda dari jenis ayam lainnya.

Itulah ciri-ciri ayam pelung. Namun perlu anda ketahui ayam pelung juga memiliki berbagai kelebihan jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya.

Berikut merupakan kelebihan yang dimiliki ayam pelung :

  • Ayam pelung memiliki bobot yang lebih berat jika dibandingkan dengan jenis ayam lain. Ukuran ayam pelung jantan dewasa sendiri bisa mencapai 6 kg berbeda dengan ayam pelung betina dengan beratnya yang mampu mencapai 3 kg saja.
  • Pertumbuhan ayam pelung yang begitu cepat jika dibandingkan dengan jenis ayam lainnya
  • Suara kokokannya yang panjang serta berirama menjadikan perbedaan ayam ini dengan jenis ayam lainnya.

Ayam pelung bersuara unik sendiri dapat dibedakan dalam beberapa jenis berdasarkan warna bulu yang dimiliki serta bentuk jenggernya yakni :

  • Ayam Pelung Jalak
    Pada jenis ayam pelung jalak ini memiliki perpaduan warna bulu hitam dan kuning kehijauan, namun ada pula bulunya yang memiliki perpaduan putih dengan hitam kecoklatan.
  • Ayam Pelung Pejet
    Jenis ayam pelung yang memiliki perpaduan warna hitam, merah dan kuning emas. Pada jenis ayam ini tidak memiliki warna dominan.
  • Pelung Bajing Turun
    Jika dilihat dari samping, jenis ayam ini memiliki jengger tegak dan besar. Namun, jika dilihat dari depan bentuknya yang mengecil kebelakang.

Sementara itu  jenis ayam pelung yang sudah dijelaskan diatas masih terdapat pula jenis ayam pelung  yang dapat dibedakan menurut warna bulunya yakni ayam pelung putih dengan bulu dasar putih, ayam pelung kecoklatan, serta berbagai jenis ayam pelung lainnya yang dapat dibedakan menurut warna bulunya.

jual ayam pelung

Ayam Pelung Putih Usia 4 Bulan

Cara Beternak  dan Kandang Ayam Pelung

Cara beternak ayam pelung sendiri dapat dikatakan relatif lebih mudah jika dibandingkan dengan jenis ayam pada umumnya. Pentingnya kandang bagi ayam pelung yang berfungsi untuk melindungi ayam pelung dari cuaca buruk maupun akan lebih tahan terhadap serangan penyakit.  Di samping itu menyediakan tempat tinggal yang luas bagi ayam dengan sistem kandang ayam pelung umbaran dengan tetap diberikan pagar disekeliling kandang untuk meminimalisir ayam pelung dari serangan predator pengganggu maupun hal-hal lain yang tidak diinginkan.

Ada beberapa keuntungan dengan sistem kandang umbaran yakni lebih alami. Mengapa dikatakan sistem kandang ayam umbaran lebih alami? Ya tentunya dengan sistem ini ayam pelung dapat beraktifitas dengan baik dan bebas. Misalnya dengan menceker-ceker tanah hanya untuk mencari makan, berjemur, berteduh dibawah pohon dan bahkan mandi debu dikubangan tanah yang dapat dilakukan oleh ayam pelung dengan sistem umbaran dan tidak dapat dilakukan jika ayam yang dikurung dalam kandang yang sempit serta terbatas.

jual ayam pelung

Contoh kandang ayam pelung

Di samping itu, banyak peternak yang membudidayakan jenis ayam pelung  sistem perkandangan dengan memisahkan ayam sesuai dengan umur dan jenis kelamin ayam pelung tersebut. Pada umumnya sistem perkandangan ayam ini  bertujuan untuk menjaga ayam dari serangan predator, memudahkan pengelolaan ayam, menjaga keamanan ternak dari pencurian serta mencegah dan melindungi ayam dari berbagai serangan penyakit.

Produktifitas Ayam Pelung

Dalam produktifitas Ayam pelung betina mampu menghasilkan telur 15-25 butir telur dalam satu periode tertentu dengan masa pengeraman kurang lebih selama 21 hari. Dalam pemberian pakan sendiri dapat kita temukan dengan mudah di sekitar kita. Pemberian pakan sendiri dengan diberikan kandungan gizi yang dapat terpenuhi bagi ayam pelung. Seperti halnya dengan beternak jenis ayam lainnya, pola pemberian pakan ayam pelung berbeda-beda dalam setiap usianya. Yakni pada anakan ayam pelung yang dapat diberikan pakan voer atau BR yang kaya akan protein tinggi dapat membantu pertumbuhan bagi anakan ayam tersebut. Pada usia ayam perkembangan dapat diberikan pakan dengan kandungan kosentrat seperti dedak, bekatul, jagung yang dapat dicampurkan dengan irisan sayuran seperti kangkung, bayam dan sebagainya serta pada usia ayam dewasa yang dapat diberikan makanan yang memicu pada telur serta keindahan pada tubuh ayam tersebut.

Berikut merupakan daftar harga ayam pelung. Baik ayam pelung betina maupun jantan  :

 1 Bulan   @ Rp200,000
2 Bulan   @ Rp225,000
3 Bulan   @ Rp250,000
4 Bulan   @ Rp275.000
5 Bulan   @ Rp325.000
Dewasa   @ Rp550,000

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur Ayam Pelung, kami menyediakan telur Ayam Pelung yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit kami juga jual bibit ayam pelung dan bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk Ayam Pelung dewasa juga bisa Anda pesan di hobiternak.com. Selain itu kami tidak hanya melayani permintaan unggas saja, tetapi kami juga melayani konsultasi dengan pelanggan dan kami akan berusaha memberikan pelayanan yang terbaik.

Silahkan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

Kata Terkait :

harga ayam pelung betina, ciri ciri ayam pelung, ayam pelung putih,

<Viky Ristiyarti>

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Pelung
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

ORDER VIA WHATSAPP
%d bloggers like this: