Ternak Bebek : Beberapa Jenis Bebek yang Potensial Dijadikan Ternak Bebek Pedaging

Beberapa Jenis Bebek yang Potensial Dijadikan Ternak Bebek Pedaging

Ternak Bebek*. Bebek pedaging merupakan salah satu bebek yang banyak dipelihara sebagai unggas peliharaan sebagai konsumsi keluarga maupun dijadikan unggas pemeliharaan yang bertujuan untuk memenuhi permintaan daging dalam skala yang lebih besar. Ada beberapa hal yang menyebabkan permintaan daging bebek mengalami peningkatan salah satunya karena cita rasa dagingnya yang lezat, gurih, lembut dan tidak terlalu amis. Sehingga permintaan daging ini terus mengalami peningkatan. Maka dari itu mari kita pelajari terlebih dahulu jenis bebek yang cocok untuk memulai ternak bebek pedaging ini.

Ternak Bebek Peking

Ternak Bebek Peking

Diantara bebek pedaging yang sanagt potensial diantaranya Bebek Peking, Bebek Mojosari, Bebek Magelang, Bebek Serati/ Bebek Tiktok, Bebek Hibrida dan Bebek Pejantan Lokal lainnya. Pada saat akan memelihaea bebek kita perlu menentukan tujuan pemeliharaannya. Jika memelihara sebagai pedaging maka kita bisa memilih bebek pedaging dan bila akan memelihara bebek petelur Anda juga bisa memilih jenis Bebek Mojosari, Bebek Alabio dan Bebek Hibrida Ratu Raja.

Bebek Serati

Bebek Serati atau Bebek Beranti merupakan bebek hasil persilangan antara jenis entok jantan dengan bebek lokal betina. Bebek serati mempunyai postur yang besar dengan berat sekitar 2,5-3 kg pada umur 12 minggu. Bebek Serati mempunyai postur yang besar baik jantan maupun betina. Jadi bebek ini sangat potensial dijadikan bebek pedaging.

Bebek Serati mempunyai keunggulan yaitu

  1. Pertumbuhan cepat pada umur 8 minggu berbobot 1,8 kg jadi lebih cepat dibandingkan bebek jenis lain hanya mencapai 1,3 kg.

  2. Masa pemeliharaan cukup singkat berkisar 6-10 minggu.

  3. Produktivitas pedaging cukup tinggi.

  4. Kadar protein tinggi sedangkan kadar lemak rendah sehingga lebih aman dikonsumsi.

  5. Mempunyai daging yang rasanya enak dan gurih.

  6. Efisien dalam hal pakan.

  7. Lebih tahan terhadap penyakit dengan mortalitas rendah.

Bebek Tiktok

Bebek jantan disilangkan dengan betina entok maka akan menghasilkan Bebek Tiktok yang keturunannya akan mempunyai postur yang berbeda yaitu jika jantan maka posturnya besar sedangkan jika betina kecil.

Bebek Peking

Bebek peking merupakan bebek pedaging yang sangat dikenal disegale penjuru di dunia. Hal tersebut ditunjang dengan semakin dikenalnya menu berbahan dasar bebek peking sehingga permintaan bebek peking mengalami peningkatan yang cukup pesat.

Bebek Peking mempunyai postur tubuh yang cukup besar sekitar 4-4,5 kg per ekor dalam jangka waktu 10 minggu. Sedangkan untuk bebek betina dapat menghasilkan telur berkisar berkisar 160 butir/ ekor/ tahun. Jadi bebek betina juga berpotensi dijadikan petelur. Untuk telur bebek peking sedikit berbeda dengan warna bebek pada umunya yaitu putih kusam. Daging yang dihasilkan cukup lezat, gurih dan lembut.

Bebek Hibrida Ratu Raja

Bebek Hibrida merupakan hasil persilangan antara bebek mojosari dan bebek alabio. Bebek hibrida mampu menghasilkan bobot sekitar 1,3 kg/ ekor. Bebek ini dapat dipanen pada umur 6 minggu. Bebek hibrida mampu menghasilkan telur cukup banyak sekitar 250 telur/ ekor/ tahun dengan berat telur hampir 80 gram/ butir.

Bebek pejantan lokal

Bebek pejantan lokal merupakan bebek yang sangat potensi dijadikan bebek pedaging. Diantara bebek pejantan lokal adalah bebek magelang, bebek turi, bebek pitalah, bebek bali dan bebek lokal lainnya. Bebek pejantan lokal mempunyai harga yang lebih rendah dibandingkan bebek betina lokal. Untuk menghasilkan bebek dengan nilai jual standar maka dibutuhkan waktu sekitar 45-50 hari.

Baca juga:
Pembuatan Pakan Bebek dengan Mudah

Kami menjual DOD bebek dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:

Ternak bebek pedaging, bebek alabio, ternak semi intensif, beternak bebek petelur unggul, budidaya bebek mojosari, bebek betina lokal, bebek champbell, harga pejantan lokal, harga DOD atau bibit bebek hibrida, kandang bebek, bebek mandarin, bebek magelang

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *