Mengenal Jenis Pakan Bebek yang Berfungsi untuk Memperbanyak Produksi Telur

Mengenal Jenis Pakan Bebek yang Berfungsi untuk Memperbanyak Produksi Telur

Bebek merupakan spesies burung dalam Famili Anatidae. Bebek memiliki ukuran yang lebih kecil jika dibandingkan dengan kerabatnya angsa, yang dapat ditemukan di perairan air tawar maupun air laut.

Pakan yang biasa dimakan ole bebek bervariasi seperti rumput, tanaman air, ikan, amfibi kecil dan cacing. Biasa mencari makanan di kedalaman air, untuk memudahkan dalam menyelam mereka memiliki massa yang lebih besar dan sulit untuk terbang.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Ada beberapa jenis pakan yang berfungsi untuk memperbanyak produksi telurnya yaitu:

  1. Dedak atau Bekatul

Bebek merupakan jenis unggas yang mudah untuk dipelihara. Pakan yang disediakan juga cukup mudah dan daya tahan tubuhnya juga cukup kuat.

Populasi Bebek sebenarnya tidak sebanyak unggas lainnya dan sebagian besar peternak memelihara bebek dengan cara tradisional sehingga hasil yang didapatkan juga kurang maksimal. Pemberian pakan seperti dedak, nasi kering, ampas yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan karbohidratnya.

Untuk kebutuhan protein bisa diberikan jenis ikan-ikan, tepung ikan, kerang, kepala udang, kupang, kepiting, kremis atau pakan konsentrat. Peran dedak juga cukup penting.

Dedak untuk Pakan Ayam

Dedak untuk Pakan Ayam

Apa peran Dedak atau Bekatul?

Dedak dan bekatul berfungsi untuk menambah nafsu makan yang berpengaruh terhadap kelangsungan produksi telurnya. Sehingga pemberian nafsu makan diharapkan mampu untuk menjaga nafsu makannya. Jenis pakan lainnya seperti jagung, tepung singkong, polar dan nasi kering.

Agar jenis pakan yang keras dan kering mudah dicerna maka perlu direndam terlebih dahulu agar lebih lunak. Jenis pakan seperti nasi keringlah yang perlu untuk direndam terlebih dahulu.

  1. Keong

Keong emas adalah salah satu sumber pakan yang baik bagi Bebek. Jenis pakan ini mengandung protein dan kalsium. Sebaiknya untuk pemberian pakan ini jangan dalam kondisi segar melainkan direbus terlebih dahulu sehingga zat anti nutrisi akan berkurang dengan proses perebusan 15-20 menit.

Pakan memang menjadi kebutuhan pokok dalam peternakan unggas khususnya bebek. Dalam peternakan Bebek Petelur pakan yang dibutuhkan sebanyak 160gr/ekor/hr. Pakan dari pabrik seperti konsentrat cukup untuk kebutuhan nutrisi bisa juga dicampur dengan dedak halus dan disesuaikan dengan jumlah protein yang dibutuhkan.

keong

keong

Pakan alternatif juga diperlukan untuk penekanan biaya produksi, sehingga biaya yang dikeluarkan akan berkurang. Pemenuhan asupan nutrisi bagi itik bisa diberikan untuk konsentrat dari pabrikan sementara untuk pemenuhan nutrisi yang cukup bisa diberikan keong atau bekicot.

Keong atau Bekicot bermanfaat sebagai penambah protein untuk Bebek, pakan ini bisa dijadikan sebagai pakan alternatif dan cukup mudah didapat.

Bebek Peking memang termasuk jenis bebek yang tahan terhadap penyakit. Perlengkapan yang diperlukan dalam beternak Bebek Peking juga sederhana. Dari segi pakan juga cukup mudah untuk didapatkan. Maka dari itu saat ini ternak Bebek Peking banyak diminati.

DOD Bebek Hibrida

DOD Bebek Hibrida

Bagi anda yang ingin mencoba beternak Bebek Peking, kami menyediakan DOD Bebek seperti DOD Bebek Peking, DOD Bebek Hibrida, DOD Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell dan DOD Lokal Betina Mojosari untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

Ternak Bebek, Ternak Bebek Pedaging, Ternak Bebek Petelur, Sedia Bebek Pedaging, Sedia Bebek Petelur, Jual Bebek Pedaging, Jual Bebek Petelur, Harga Bebek Pedaging, Harga Bebek Petelur, harga bibit itik petelur, peternakan bebek petelur, kandang itik petelur, harga telur bebek di jawa timur, modal awal usaha ternak bebek petelur, budidaya bebek petelur, cara beternak bebek petelur, peluang usaha bebek petelur

**Hasti Nurchayati**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *