Jenis Kandang Bebek yang Cocok Untuk Ternak Bebek

Jenis Kandang Bebek yang Cocok Untuk Ternak Bebek Mulai Dari Bibit atau DOD Hingga Dewasa

Sebagaimana dengan unggas lainnya, dalam memelihara bebek kita juga perlu mempersiapkan kandang bebek. Dalam pembuatan kandang bebek, untuk lokasi kandang perlu Anda pertimbangkan beberapa hal seperti lokasi kandang yang jauh dari pemukiman warga, dekat dengan sumber mata air, lokasi dekat dengan jalan raya agar memudahkan saat pengiriman dan pengangkutan bahan pakan bebek. Idealnya memang jarak minimal 500 meter dari kandang bebek terdekat.

Suasana Kandang Bebek untuk DOD Jenis Peking

Suasana Kandang Bebek untuk DOD Jenis Peking

Kandang terbagi beberapa jenis tergantung tujuan pemeliharaan dan umur bebek yang dipelihara:

Kandang Bibit Bebek atau DOD (Day of Duck)

Kandang DOD bebek

Kandang DOD bebek

Pada umumnya kandang untuk DOD bebek berbentuk kotak dan dilengkapi dengan pemanas buatan. Kandang untuk DOD berbentuk boks dengan ukuran yang disesuaikan dengan keinginan. Ukuran kandang sangat bervariasi mulai dari 1x1m, 1x2m, 1,5×1,5m, 2x2m. Kandang mempunyai ketinggian sekitar 1 meter dan bentuknya bisa bertingkat. Untuk bahan kandang bisa terbuat dari bambu atau dari ram kawat. Untuk kandang DOD bebek sebaiknya agar tertutup agar DOD tidak terkena angin yang kencang.

Kandang Ren

Contoh kandang ren

Contoh kandang ren

Kandang ren merupakan kandang pembesaran untuk indukan bebek. Istilah lain kandang ren yaitu kandang setengah tertutup. Kandang ren mempunyai 2 bagian yaitu kandang tertutup yang berfungsi sebagai tempat berteduh dari panas dan hujan, beristirahat dan bertelur. Sedangkan pada bagian yang terbuka dapat dijadikan tempat untuk bermain, makan dan minum. Agar pejantan dan betina dapat kawin secara alami maka pada kandang yang terbuka dapat dibuatkan kolam. Bebek pejantan biasanya membuahi betina saat berada di kolam air. Pada umumnya peternak yang menggunakan kandang ren merupakan peternak yang memelihara bebek dengan sistem semi intensif.

Kandang baterai

Kandang Bebek Tipe Baterai

Kandang Bebek Tipe Baterai

Kandang baterai mempunyai ukuran yang berbeda bergantung bebek yang dipelihara dalam satu kandang. Pada umumnya kandang baterai digunakan untuk perkawinan dengan cara inseminasi buatan (IB). Bebek yang dipelihara dengan sistem kandang baterai akan lebih terkontrol dalam pengendalian penyakit dan mudah dalam pengambilan telurnya. Hanya saja pemeliharan dengan sistem ini mulai jarang untuk pembesaran karena membutuhkan modal yang lebih besar. Saat ini kandang baterai banyak digunakan sebagai kandang strarter.

Baca juga:
Peluang Wirausaha Ternak Bebek untuk Menunjang Perekonomian Masyarakat

Kami menyediakan DOD bebek dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia. Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Ternak bebek intensif, budidaya bebek lokal, beternak bebek peking, harga jual bebek mojosari, pemeliharaan bebek Alabio, bebek petelur, bebek pedaging, bebek yang potensial sebagai pedaging dan petelur, pakan bebek, ternak bebek tanpa menggunakan air yang banyak, bebek champbell, harga DOD bebek peking, bebek hibrida, bebek lokal, bebek magelang, bebek petelur dan pedaging, cara memelihara bebek agar cepat besar, ukuran kandang bebek pedaging 100 ekor, makanan anak bebek baru menetas, itik pedaging 40 hari panen, cara beternak bebek petelur yang baik, pakan anak bebek yang baik, cara membuat kandang anak bebek, ukuran kandang bebek potong

*Yuni Ambarwati*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *