Jenis Ayam Kalkun Beserta Fakta Unik Ayam Kalkun Lainnya

By | June 20, 2018

Jenis ayam kalkun merupakan unggas yang yang pertama kali ditemukan di Amerika. Dalam bahasa Inggris ayam kalkun disebut “Turkey”. Mengapa ayam kalkun disebut Turkey? Walaupun dalam bahasa Inggris kalkun disebut dengan turkey namun ternyata kalkun ini bukanlah berasal dari Turki. Kalkun merupakan jenis burung besar yang biasa dijadikan sajian pada hari-hari besar di berbagai negara. Dibalik kelezatan daging ayam kalkun, perlu anda ketahui bahwa ayam kalkun memiliki berbagai fakta unik yang mungkin tidak ditemukan pada jenis ayam lainnya.

Berikut merupakan fakta unik ayam kalkun :

  1. Telur ayam kalkun lebih besar juga banyak

    jenis ayam kalkun

    Telur Ayam Kalkun

    Dalam produktifitas ayam kalkun mampu menghasilkan telur yang lebih banyak serta lebih besar jika dibanding dengan telur ayam biasa. Rata-rata ayam kalkun mampu menghasilkan 10-12 butir telur dalam satu periode. Telur ayam kalkun juga memiliki kandungan gizi yang sangat baik untuk tubuh kita. Kandungan protein yang dimiliki ayam kalkun berguna dalam perkembangan sel-sel tubuh. Selain itu telur ayam kalkun juga sangat baik bagi perkembangan otak dikarenakan telur ayam kalkun mengandung omega 3 dan omega 6 yang cukup tinggi. Apalagi bila dikonsumsi oleh anak-anak dapat membantu meningkatkan proses berpikir. Telur kalkun memiliki rasa yang gurih juga lebih nikmat.

  2.  Daging ayam kalkun dengan kandungan gizi yang tinggi

    jenis ayam kalkun

    Olahan Daging Kalkun

    Kalkun memiliki kandungan protein yang dapat memperlambat pencernaan sehingga dapat merasa lebih kenyang tahan lama. Bagi anda yang ingin diet dengan kadar lemak yang rendah maka dengan mengkonsumsi daging ayam kalkun bisa menjadi salah satu cara yang tepat.
    Daging kalkun juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh yang mengandung vitamin B6. Selain itu daging ayam kalkun juga dipercaya sebagai hewan anti kanker yang dapat mecegah dari penyakit kanker dan terbukti mampu memperbaiki saraf otak dan mencegah terjadinya sel-sel yang akan dialami penderita kanker.

  3.  Perkembangan fisik ayam kalkun lebih cepat dari ayam biasa

    Jika dibandingkan dengan ayam biasa, ayam kalkun dapat dikatakan dapat mengalami perkembangan fisik yang jauh lebih cepat. Di mana pada saat usianya 3 bulan mampu mencapai 6 kg.

  4. Sering disamakan dengan ayam ketawa

    Jenis unggas yang memiliki vibrasi tembolok yang menghasilkan suara seperti ayam ketawa sehingga tak jarang orang yang tidak bisa membedakan antara ayam kalkun dengan ayam ketawa.

Bicara tentang ayam kalkun, perlu kita mengetahui berbagai jenis ayam kalkun yang dapat dibedakan dari warna bulunya dapat dibedakan dalam beberapa macam.

Berikut merupakan berbagai jenis ayam kalkun :

  • Bronze

    jenis ayam kalkun

    Ayam Kalkun Bronze

Ayam kalkun bronze merupakan jenis kalkun yang sangat populer dan termasuk jenis ayam dengan populasi paling banyak diantara jenis kalkun lain yang biasa disebut sebagai jenis kalkun yang paling terbesar . Jenis kalkun ini juga termasuk jenis kalkun pedaging.

  •  Golden Palm

    jenis ayam kalkun

    Kalkun Golden Palm Dewasa Jantan

Jenis ayam kalkun golden palm merupakan jenis kalkun yang sangat mudah ditemukan di pasar lokal sehingga memiliki peminat yang cukup banyak dengan memiliki daya tarik pada bulunya yang berwarna keemasan.

  •  Pencilled palm

Merupakan jenis kalkun yang memiliki perpaduan warna mirip batik dan pada bulu ekornya yang menyerupai pada bulu macam sehingga kalkun ini sering disebut pencilled tiger.

  • Black Spanish

    jenis ayam kalkun

    Black Spanish Turkey

Kalkun yang berasal dari Eropa ini merupakan salah satu jenis kalkun yang memiliki warna hitam di seluruh bulu tubuhnya. Kalkun black spanish tergolong dalam jenis ayam kalkun termahal jika dibandingkan jenis kalkun lainnya.

  •  Royal Palm

    jenis ayam kalkun

    Ayam Kalkun Royal Palm

ayam kalkun royal palm memiliki bulu yang cantik pada tubuhnya dengan perpaduan warna hitam dengan putih yang banyak digemari oleh kaum wanita.

Perlu diketahui bahwa jenis kalkun terbesar maupun jenis kalkun jumbo tidak ada karena pada dasarnya besar tubuh ayam kalkun sama. Kalkun pejantan yang memiliki bobot 5-18 kg sedangkan pada kalkun betina dengan bobot yang lebih kecil 3-5 kg. Perlunya perhatian dalam pemberian pakan ayam kalkun yang umumnya sama dengan jenis ayam lainnya. Makanan ayam kalkun berupa bekatul, voer, dedak kosentrat serta berbagai jenis lainnya.

Berikut merupakan ciri-ciri ayam kalkun yang sehat :

  • Indukan kalkun yang bagus relatif memiliki tubuh yang besar
  • Bentuk dan warna kotoran normal
  • Memiliki nafsu makan tinggi
  • Ayam Kalkun aktif dan lincah

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam kalkun, kami menyediakan telur ayam kalkun yang siap ditetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi Anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam kalkun, kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam kalkun dewasa juga bisa Anda pesan di jualayamhias.com . Silahkan hubungi kami sekarang untuk mengetahui daftar harga ayam kalkun di:

SMS/CALL/WHATSAPP

0812 2028 8686

Indosat:

0856-4772-3888

0857-2932-3426

Telkomsel:

0812-2028-8686

0822-2123-5378

XL:

0819-3140-9353

kata terkait:
jenis ayam kalkun termahal, jenis kalkun terbesar, jenis kalkun pedaging, jenis kalkun yang paling besar, jenis kalkun jumbo, ayam kalkun royal palm, makanan ayam kalkun, kalkun liar bronze turkey,

*Viky Ristiyarti*

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
no rating based on 0 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
ayam kalkun
No HP
0812 2028 8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *