Harga Ayam Golden Pheasent yang Tinggi Tidak Menyurutkan Para Penghobi Ayam Hias

By | March 26, 2016

Harga Ayam Golden Pheasent yang Tinggi Tidak Menyurutkan Para Penghobi Ayam Hias

Ayam Golden Pheasent. Diantara keluarga unggas, ayam Pegar atau yang dikenal dengan Pheasent mempunyai warna yang sangat menarik yang berbeda dengan jenis unggas lainnya. Ayam Pegar sendiri mempunyai beberapa macam yaitu pegar Emas (Golden pheasent), Pegar Perak (Silver Pheasent), Lady Amhers Pheasent juga Ringneck Pheasent (ayam pegar kalung). Dan yang kami temukan sekarang ini walaupun harga ayam golden pheasent masih cukup tinggi ternyata hal ini tidak menyurutkan para penghobi ayam hias untuk mengoleksinya.

Lady Amherst Pheasent

Lady Amherst Pheasent

Ayam pegar mempunyai karakter tahan terhadap terhadap cuaca baik disuhu tropis maupun suhu dingin. Maka spesies ayam pegar dapat menyebar disegala benua mulai benua Asia, Amerika sampai Afrika. Diseluruh dunia ada sekitar 33 spesies yang tersebar di 11 negara. Kebanyakan dari ayam tersebut hasil dari penangkaran.

Red Pheasent Dewasa

Red Pheasent Dewasa

Burung Pegar Emas atau yang dikenal dengan Golden Pheasent merupakan unggas yang berasal dari Negeri Tibet. Pegar emas jantan warnanya lebih menyolok dibandingkan pegar emas betina. Pegar jantan mempunyai ciri berbulu indah, dibagian kepala sampai leher berbulu kuning keemasan dihiasi dengan garis hitam. Untuk badannya berwarna merah menyala, punggung bagian bawah dekat ekor berwarna kuning sedangkan ekor dari pangkal berwarna merah kuning kehijau-hijauan. Ekornya sangat panjang, bisa mencapai lebih dari 60 cm. Panjang tubuhnya bisa mencapai 90-105 cm. Pegar emas betina berwarna kecoklatan dan postur tubuhnya lebih kecil dibandingkan jantan.

Pada umumnya Ayam pegar Emas mencapai kematangan seks diumur lebih dari 1 tahun. Hal itu ditandai dengan mekarnya bulu-bulu pejantannya untuk dapat menarik perhatian betinanya. Hal itu serupa dengan ayam Mutiara dimana pejantan juga akan mekar bulunya untuk menarik perhatian betinanya. Hal lain yang mirip dengan mutiara yaitu hanya bertelur pada musim hujan. Saat musim kemarau, ayam pegar emas dan mutiara sama-sama berhenti bertelur. Bedanya pada ayam mutiara waktu mengeram sekitar 28 hari sedangkan ayam pegar emas sekitar 23 hari.

Dalam sekali bertelur ayam pegar emas mampu bertelur 5-12 butir. Bahkan ada yang mencapai lebih dari 15 butir dalam sekali musim produksi. Jika telur tersebut ditetaskan dengan media mesin tetas atau dititipkan diindukan lain maka 2 bulan kemudian ayam pegar emas bisa bertelur kembali. Tentu saja ini bisa memaksimalkan masa produktivitas ayam pegar emas. Hal itu dipengaruhi dari pola makan dan perawatan dari peternaknya juga.

Dalam hal reproduksi, satu pejantan pegar emas dapat melayani 4 betina pegar emas. Waktu yang bagus untuk kawin yaitu pada musim semi (hujan) antara bulan September – Januari. Untuk menjaga agar masa produksi berjalan maksimal perlu dibuat cara agar betina tidak perlu mengeram. Metode yang lazim digunakan dengan dititipkan pada indukan lain atau dengan menggunakan media mesin Penetas telur. Hal itu perlu dilakukan karena masa bertelur yang terbatas pada musim hujan saja.

Setelah menetas, anakan ayam pegar emas dapat diletakkan pada boks berpenghangat.

Pada umur 3 bulan atau lihat kondisi ayamnya, ayam pegar dapat dipindahkan ke dalam kandang yang biasa. Untuk dapat membedakan jenis kelamin jantan dan betina biasanya setelah pegar emas berumur lebih dari 8 bulan, dimana bulu jantan sudah mulai terlihat warnanya dibandingkan betina ayam pegar emas.

Untuk makanan ayam pegar hampir serupa dengan ayam kampung biasa. Seperti jagung giling, voer atau BR, bekatul yang dicampur dengan sedikit air. Sesekali diberikan pepaya yang telah matang dan daun pepaya yang diiris halus yang bermanfaat untuk antibiotik. Di alam bebas, pegar emas biasanya mengonsumsi sejenis biji-bijian, rumput, cacing, siput.

Kandang Pegar emas berukuran 2×1,5 m dan ketinggian kandang sekitar 2 meter yang terbuat dari strimin. Atap kandang jangan dibiarkan terbuka namun ditutupi dengan srimin agar ayam pegar tidak bisa keluar dari kandang. Walaupun dalam sehari-hari ayam pegar jarang terbang tinggi namun jika terkejut akan refleks terbang tinggi. Untuk itu ada perlu menutupi atap kandang dengan strimin. Didalam kandang perlu diletakkan kayu atau ranting pohon agar ayam pegar dapat nangkring.

Untuk peternak ayam pegar masih terhitung jarang dan masih sedikit kompetitornya. Maka ini merupakan peluang bisnis yang bagus untuk anda. Kami dari jualayamhias.com menyediakan berbagai ayam hias termasuk pegar emas dan mengirimkan hingga keseluruh penjuru tanah air. Memang ada kendala dalam mengatasi masa produksi yang hanya pada musim hujan namun dengan strategi kandang yang tepat maka kendala tersebut tidak menjadi masalah yang berarti.

Semoga bermanfaat.

Hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL

 0812 2028 8686

WHATSAPP 0856 4772 3888

kata terkait:

golden pheasant dijual, ayam golden pheasant, grand legi mataram, ringneck pheasant, harga golden pheasant, ayam golden pheasant

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
3.5 based on 43 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Golden Pheasant
No HP
Rp. 4.500.000
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *