Hal Yang Harus Dihindari Saat Memelihara DOC Ayam Kampung Super (JOPER)

Hal Yang Harus Dihindari Saat Memelihara DOC Ayam Kampung Super (JOPER)

Ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan dalam merawat DOC Ayam Kampung Super yang masih berusia 1-21 hari. Dengan Anda mengetahui hal-hal yang perlu dihindari dalam merawat Ayam Kampung Super, Anda bisa memastikan bahwa ayam Anda akan sehat dan cepat besar karena kesehatannya terjaga dari kecil pemeliharaannya.

Hal apa sajakah yang perlu dihindari saat memelihara DOC Ayam Kampung Super?

Terdapat 5 macam yang harus Anda hindari saat memelihara DOC Ayam Kampung Super, diantaranya :

  1. Jangan menempatkan DOC Ayam Kampung Super yang baru saja menetas ke tempat yang kurang rapat, apalagi bercampur dengan induknya. Karena anak ayam kampung yang baru menetas membutuhkan ruangan yang hangat, oleh karena itu berilah lampu di kandang ayam agar ayam sewaktu-waktu bisa makan sehingga pertumbuhan ayam bisa maksimal. Jangan biarkan induk ayam mengasuh anaknya walaupun hanya beberapa ekor. Hal ini bertujuan agar anak ayam tidak terserang penyakit yang menyerang ayam dewasa. Berilah ventilasi yang baik agar udara di dalam kandang bisa berganti dengan udara luar dan agar kandang tidak terasa pengap dan lembab.
DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

  1. Menunda dalam pemberian vaksin. Vaksin bisa Anda berikan pada DOC ayam kampung super yang sudah sehat. Vaksin yang biasa diberikan oleh peternak adalah untuk mencegah penyakit tetelo. Cara pemberiannya bisa Anda berikan pada makanan atau tetes mata dan mulut. Vaksin bisa Anda berikan pada doc ayam kampung super berumur 4 hari, 4 minggu dan 4 bulan. Vaksin untuk mencegah penyakit yang lainnya juga bisa Anda berikan seperti vaksin untuk gumboro, flu burung dan lainnya.
  1. Jangan memberikan pakan yang kasar, terutama pada ayam yang berumur 1-7 hari karena pada saat anak ayam makan akan terganggu di pencernaannya atau belum mampu menelan yang kasar. Maka dari itu berilah BR 1 yang sudah ditumbuk halus karena akan memudahkan dalam memberi makan pada ayam yang masih kecil dan sistem pencernaannya belum sempuna. Sebaiknya pada usia ayam sampai 30 hari berikan BR1 karena kandungan nutrisinya sangat baik. Berikan pula minuman yang cukup dan gantilah setiap harinya.
  1. Populasi DOC Ayam Kampung dalam satu kandang jangan terlalu padat. Untuk usia ayam 0-20 hari bisa ditempatkan di dalam kandang kotak yang lantainya beralaskan ram kawat, sedang untuk anak ayam umur 21 hari ke atas sudah bisa Anda letakkan di tanah. Posisi kandang yang terlalu padat juga dapat menyebabkan ayam menjadi kanibal, hal ini tentu berbahaya, oleh karena itu berilah pakan dan minum yang cukup dan jangan sampai ada tempat pakan yang kosong. Bersihkan juga kotoran ayam yang kotor, karena kotoran yang kotor dan menumpuk banyak mengandung gas yang berbahaya sehingga dapat mengganggu kesehatan ayam. Untuk menghindari kanibal pada ayam biasa menggantungkan daun singkong atau pepaya di dalam kandang yang nantinya akan dipatuki ayam, dengan begitu ayam akan terbiasa makan dan kebutuhan akan serat dan vitaminnya dapat terpenuhi dengan cukup.
  1. Pemberian vitamin dan mineral yang tidak sesuai dengan kebutuhan ayam. Anda bisa memberikan vitamin dan mineral yang cukup, hal itu berguna sebagai penambah stamina dan meningkatkan daya tahan tubuh terhadap penyakit. Daun-daunan dan temu-temuan direbus kemudian air rebusan diberikan untuk minuman. Daun-daunan yang biasa digunakan adalah daun pepaya, daun cengkeh, daun temulawak, daun singkong, kunir, kencur dan laos.
DOC Ayam Kampung Super Berkualitas

DOC Ayam Kampung Super Berkualitas

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait :

Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super, kebutuhan pakan ayam kampung super, cara merawat doc kampung super, ukuran kandang ayam kampung super , ternak Harga DOC ayam kampung super

 

4 thoughts on “Hal Yang Harus Dihindari Saat Memelihara DOC Ayam Kampung Super (JOPER)

    1. admin

      Silahkan hubungi layana pelanggan kami untuk update harga terbaru. Hubungi kami di 0812 2028 8686

      Reply
    1. admin

      Kami di :
      Kantor:
      Jl. Palagan Tentara Pelajar KM 14, Maron, Donoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta 55581

      Reply

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *