Bagaimana Caranya Membuat Burung Kenari Berkicau sepanjang Hari?

By | September 10, 2016

Bagaimana Caranya Membuat Burung Kenari Berkicau sepanjang Hari?

Mempunyai Burung Kenari yang bisa berkicau sepanjang hari tentu menjadi hal yang menyenangkan.  Pada pagi hari kita sudah dihibur oleh kicau suaranya yang sangat merdu. Malam hari saat kita beristirahatpun kita tetap dihibur oleh kenari kita. Tentu butuh usaha untuk menjadikan burung kenari ita bisa tetap berkicau sepanjang hari. Apalagi bila bila burung kenari kita mempunyai bulu yang sangat indah.

Kenari Yorkshire

Kenari Yorkshire

Ada beberapa faktor yang menyebabkan burung dapat berkicau, diantaranya:

  • Faktor keturunan

Faktor keturunan sangat mempengaruhi suara yang dihasilkan oleh Burung Kenari. Biasanya yang dijadikan indukan pejantan yang suaranya merdu seperti dari jenis Yorkshire dan jenis lainnya. Untuk itu banyak penangkar burung yang mencoba menyilangkan beberapa jenis kenari uggulan dengan kenari jenis lainnya agar menghasilkan anakan yang berkualitas dengan kualifikasi bersuara gacor, warna bulunya cerah dan menarik, postur tubuhnya bagus dan lincah.

  • Jenis kelamin

Jenis kelamin juga mempengaruhi suara yang dihasilkan dimana suara pejantan mempunyai suara yang lebih merdu, panjang durasinya dibandingkan suara indukan Kenari betina. Suara betina kenari biasanya pendek dan lebih mirip suara panggilan ke pejantan indukan saja. Pada masa birahi, betina akan menarik perhatian pejantan dan memanggilnya dengan kicauannya yang pendek.

  • Cara merawat

Cara merawat juga berpengaruh dengan suara yang dihasilkan burung. Perawatan yang tepat dan berkesinambungan akan menghasilkan burung dengan suara yang lebih gacor dibandingkan dengan burung yang dirawat dengan seadanya dan tanpa perlakuan yang khusus.

Kenari Border

Kenari Border

  • Cara atau metode pemasteran pada Burung Kenari

Metode pemasteran juga mempengaruhi dalam menghasilkan burung berkualitas dengan suara yang gacor. Burung yang kontinyu diperdengarkan suara rekaman atau mp3 akan lebih pintar menirukan dibandingkan burung yang jarang dimaster.

  • Makanan yang dikonsumsi oleh burung

Makanan sangat mempengaruhi hasil suara karena dari makanan burung akan mendapatkan tenaga dan nutrisi yang dibutuhkan oleh burung. Pemberian makanan dengan porsi yang tepat dan teratur akan membuat burung terjaga staminanya, tidak membuat cepat gemuk yang mengakibatkan burung malas untuk berkicau  dan bergerak.

  • Faktor Lingkungan

Faktor lingkungan juga mempengaruhi perkembangan dan kualitas suara yang dihasilkan. Burung Kenari menyukai suasana yang tenang, yang bisa mendukung tumbuh dan kembangnya anakan burung. Pada saat pemasteran , suasana tenang juga akan mempermudah anakan burung kenari untuk menyerap dan menirukan suara burung yang jadi masternya.

Setiap burung mempunyai kemampuan yang berbeda dalam mengeluarkan suaranya. Ada burung yang mampu berkicau pada umur 3 bulanan, ada pula yang masih disuap oleh indukannya namun sudah mampu mengeluarkan suaranya walaupun masih bernada pelan atau ngriwik saja.   Untuk membuat burung kenari bisa berkicau sepanjang hari perlu pelatihan dan perawatan mulai anakan sehingga mudah dibentuk untuk menjadi master.

Burung Kenari

Burung Kenari

Pada umur berapa bulan anakan kenari dapat dimaster?

Anakan Burung Kenari dapat mulai dimaster pada umur 4 – 5 bulan.

 Bagaimana cara melatih agar anakan burung dapat bersuara gacor?

Pada saat anakan masih kecil, caranya dengan mendekatkan ke sangkar burung yang sudah pintar berkicau. Dengan begitu anakan burung kenari bisa meniru suara Burung Kenari yang sudah jadi. Perlu diingat bahwa kita hanya memasterkan dengan jenis burung yang sama, jika dimasterkan dengan jenis burung yang lain. Jika tidak maka akan merusak suara asli anakan burung kenari.

Pada saat kita memasterkan anakan burung, usahakan tidak banyak Burung Kenari yang ada disekitarnya. Jadi dalam satu lokasi hanya terdapat anakan yang akan dimaster dengan Burung Kenari jantan yang jadi masternya. Jadi anakan burung hanya mendapatkan contoh suara dari satu sumber saja.

Untuk mendapatkan hasil sesuai yang diharapkan, kita tetap harus merawat anakan yang dimaster dengan perawatan yang optimal. Perawatan yang dimaksud diantaranya:

Kenari Gloster

Kenari Gloster

Selalu membersihkan sangkar burung. Kotoran merupakan sarang penyakit. Dengan kita selalu rajin membersihkan sangkar maka kita bisa mengurangi resiko terjangkitnya penyakit pada burung. Kotoran bisa berasal dari pakan yang terjatuh di sangkar dan menempel, bisa juga dari kototran burung itu sendiri. Jadi dengan menjaga kebersihan kandang burung akan terhindar dari hama kutu, tungau dan penyakit lainnya.

Burung Kenari dapat diberi makanan seperti biji-bijian dan makanan tambahan seperti sayuran dan buah-buahan, kroto, telur puyuh rebus dan lain-lain.

Setiap hari anakan Burung Kenari di mandikan dengan disemprot menggunakan sprayer atau sediakan saja bak mandi di dalam sangkar agar anakan burung dapat mandi sendiri. Mandi akan menghilangkan segala kotoran yang menempel.

Burung Kenari juga perlu dijemur dibawah sinar matahari pagi pak. Penjemuran dimaksudkan untuk mendapatkan asupan vitamin D.

Dengan  perawatan yang optimal dan kontinyu, burung dapat berkicau gacor sepanjang hari. Tentu sebagai pemilik burung tentu akan terhibur siang dan malam dan hal tersebut bisa kita dapatkan bila kita telah memberikan perawatan dan pemasteran dengan cara yang tepat.

Kenari Roller

Kenari Roller

Kata Terkait: Burung Kenari, kenari, Jenis Kenari, Kicau Kenari, Suara Kenari, Ternak Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *