10 Poin Penting Dalam Pemeliharaan Ternak Angsa

10 Poin Penting Dalam Pemeliharaan Ternak Angsa

Angsa merupakan salah satu burung air yang ukurannya sangat besar. Spesies angsa diantaranya angsa Putih, Wooper. Angsa tersebut berukuran besar, lebih besar dibandingkan dengan spesies lainnya. Bentangan sayapnya saja bisa sampai 3 meter panjangnya. Apabila angsa berenang di kolam, maka bisa menjadi pemandangan yang sangat indah. Bulunya yang putih bersih dan dilengkapi dengan lehernya yang jenjang, menjadi kelebihan dari angsa kala berenang di air. Apalagi bila anak-anaknya yang masih kecil turut menyertai. Suatu pemandangan yang menyejukkan dalam budidaya angsa ini.

Di beberapa negara angsa dianggap sebagai simbol kesetiaan. Dulu Sering kita melihat gambar angsa sedang  berenang ditengah kolam menjadi gambar utama kartu undangan. Bahkan dinegeri tirai bambu, orangtua akan memberikan hadiah angsa kepada anaknya yang akan memasuki gerbang pernikahan. Dengan harapan keluarga anaknya akan langgeng, penuh dengan cinta dan kesetiaan.

Angsa Indukan

Angsa Indukan

Beternak kini tidak hanya didominasi oleh ayam, burung, bebek, entok. Bahkan ternak angsa kini mulai dikembangkan menjadi suatu usaha peternakan. Di Indonesia saat ini belum begitu banyak yang memelihara angsa untuk tujuan peternakan yang dikelola secara profesional. Umumnya orang memelihara angsa hanya untuk sampingan atau hobi saja.

Sebenarnya jika ingin secara serius beternak Angsa, ada beberapa hal yang perlu mendapatkan perhatian seperti :

  1. Penentuan Bibit Angsa

Pilihlah dari jenis angsa yang bagus yang mempunyai kelebihan pada postur tubuhnya yang besar dan produktivitas telur yang tinggi. Dengan pemilihan bibit yang berkualitas maka anakan yang dihasilkannya akan mewarisi sifat indukannya yang berpostur besar dan produktivitas telur banyak. Jenis angsa yang berkualitas bagus itu jenis angsa Toulouse, Ambden, African, Pilgrim dan Chinese. Mungkin jika kesulitan dalam mencari bibit impor bisa menggunakan bibit lokal yang mempunyai kelebihan pada dagingnya yang banyak dan sering telur.

  1. Membuat kandang untuk angsa

Kandang angsa berukuran besar. Biasanya terbuat dari bambu dengan ruangan yang sangat luas. Untuk kandang anakan disekat agar jangan membaur dengan angsa yang remaja dan dewasa. Angsa yang anakan diletakkan dalam kandang khusus yang mempunyai penghangat dari bohlam listrik agar anakan tetap dalam kondisi hangat. Untuk kandang usahakan dalam kondisi kering. Untuk itu dianjurkan lantai terbuat dari semen agar mudah membersihkannya.

Disamping itu untuk kandang angsa pada bagian samping diusahakan tertutup rapat agar angin tidak mudah masuk. Bisa juga dengan ditutup plastik disekeliling kandang. Untuk kandang temapat bertelur angsa bisa dibuat dengan ukuran 30x30x30cm. Alas kandang angsa bertelur terbuat dari jerami atau serutan kayu.

  1. Masa untuk memanen daging dan telur

Angsa dapat dikonsumsi dagingnya pada umur 4-6 bulan. Sedangkan bila akan memanen telur biasanya saat angsa berumur 1 tahun. Masa produktivitas angsa termasuk lama yaitu sekitar 10 tahun. Dalam sekali masa produksi angsa bisa menghasilkan sekitar lebih dari 10 telur.

Angsa Indukan

Angsa Indukan

Banyak kelebihan jika anda akan beternak angsa ini. Bila Anda membutuhkan bibit Angsa, Anda bisa memesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di :

SMS/CALL

0812 2028 8686

WHATSAPP

0856 4772 3888

Kata terkait:

Jual Angsa, Beternak Angsa, Harga Angsa Dewasa,  Jual Soang, Pakan Soang, cara ternak angsa, harga soang

Ringkasan Produk
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
5 based on 1 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Angsa Dewasa Siap di Ternakan
No HP
08564 77 23 888
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *