CARA SETING TIMER MESIN PENETAS TELUR OTOMATIS

By | January 18, 2016

CARA SETING TIMER MESIN PENETAS TELUR OTOMATIS

Untuk TIMER digital

Bila timer keadaan mati tekan tombol reset berbentuk tombol merah kecil dengan menggunakan

Mesin Penetas Telur Otomatis

Mesin Penetas Telur Otomatis

ujung pensil atau benda kecil yang bisa untuk menekan tombol itu.Lalu akan muncul angka jam yang ditunjukkan.Silahkan diset dulu angka2 jamnya.Caranya tekan clock tekan terus jangan di lepas,lalu tekan HOUR.untuk menentukan jam yang sesuai saat itu.Lalu tekan minute untuk menyesuaikan menitnya sesuai jam yang ada.Setelah jam sudah diset selanjutnya setting TIMER yang diinginkan.

Contoh untuk pengaturan per 3 jam;

Tekan tombol bertuliskan TIMER lalu akan tampil TIMER 1 on-lalu isi 0.00 lalu tekan week(hari)

tampilkan harinya semua,setelah itu tekan lagi TIMER akan muncul TIMER 1 off,isilah dengan nilai waktu 0.01 dan tekan lagi weeknya untuk menampilkan disemua hari lalu tekan tombol CLOCK untuk menyimpannya.Setelah itu ulangi lagi dengan nilai kelipatannya 3 dan off nya tetap 1 menit.Ulangi sampai timer ke 8.Itu artinya 24 jam dibagi 3 dapatnya 8 kali putaran.Setelah semua terisi dengan benar tekan CLOCK dan TIMER berbarengan itu untuk membuat kerja secara 24 jam. Disitu akan timbul mode am/pm.

Untuk mengatur motornya tekan on/off dan lihat bila ditampilkan manual off berarti tidak memungsikan TIMER.Kalau mau tes kinerja motor tekan on/off sampai timbul tulisan manual on, bila motor berputar berarti tidak ada trobel dimotornya,lalu tekan lagi menjadi manual off untuk mematikan motor.Bila sudah waktunya telur diputar rubah tulisan di TIMER menjadi OUTO. Seting TIMER sudah selesai.Catatan setingan jangan sampai salah bila ada yang salah kinerja OUTO tidak bisa sesuai dengan setingan yang dibutuhkan.

Kalau untuk seting TIMER electric cukup geser tombol kearah 3 atau 6 jam saja.

Untuk lebih jelas bisa hub no CS ;085642013555 DELTA INCUBATOR.

CARA MENETASKAN TELUR DENGAN MESIN PENETAS

Hari ke-1

Masukkan telur ke dalam mesin tetas dengan posisi miring atau tegak (bagian tumpul di atas).Telur bisa langsung begitu saja dimasukkan ke dalam mesin atau melalui proses prewarming terlebih dahulu yaitu dibilas secara merata dengan air hangat. Ventilasi ditutup rapat. Kontrol suhu Thermostat (38 derajat Celcius).

Hari ke-2

Ventilasi dibiarkan tertutup sampai hari ke-3 Kontrol suhu Thermostat (38 derajat Celcius)

Hari ke-3

Pembalikan telur harian bisa dimulai pada hari ini atau masuk hari ke-4. Disarankan pembalikan telur minimal 3x dalam sehari-semalam (jika memungkinkan dipakai rentang waktu setiap 8 jam. Misalnya pagi pukul 05.00, siang pukul 13.00 dan malam pukul 21.00. Bersamaan dengan itu bisa dilakukan peneropongan telur kalau sudah memungkinkan karena ketelitian seseorang berbeda-beda. Telur yang berembrio ditandai dengan bintik hitam seperti mata yang ikut bergoyang ketika telur digerakkan dan disekitarnya ada serabut-serabut kecil. Kalau telur tidak menandakan tersebut dikeluarkan saja dan masih layak untuk dikonsumsi.Peneropongan telur dilakukan ditempat yang gelap agar bayangan telur nampak lebih jelas.

Kontrol suhu Thermostat (38 derajat Celcius) dan dilakukan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

Hari ke-4

Pembalikan telur harian sesuai jadwal hari ke-3.Lubang ventilasi dibuka 1/4 bagian Kontrol suhu Thermostat (38 derajat Celcius)

Hari ke-5

Pembalikan telur harian,Ventilasi dibuka 1/2 bagian,Kontrol suhu Thermostat (38 derajat Celcius)

Hari ke-6

Pembalikan telur harian,ventilasi dibuka 3/4 bagian.

Kontrol suhu (38 derajat Celcius) dan dilakukan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

Hari ke-7

Pembalikan telur harian

Lakukan peneropongan telur untuk mengetahui pekembangan embrio (hidup atau mati).Embrio mati ditandai dengan bercak darah atau lapisan darah pada salah satu sisi kerabang telur sedang embio yang berkembang serabut yang menyerupai sarang laba-laba semakin jelas.

Ventilasi dibuka seluruhnya

Hari ke-8 sampai ke-13

Pembalikan telur harian

Kontrol suhu Themostat (38 derajat Celcius) dan lakukan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

Hari ke-15 sampai ke-20

Pembalikan telur harian

Kontrol suhu Thermostat dinaikkan sedikit (38,5-39 derajat Celcius) dan lakukan penambahan air pada bak jika jumlah air dalam bak tersebut berkurang.

Hari ke-21

Pembalikan telur harian

Lakukan peneropongan telur untuk mengetahui embrio yang tetap hidup atau mati.Embrio mati ditandai dengan bocornya lapisan rongga udara sehingga telur terlihat hitam semua.

Kontrol suhu Thermostat (38,5-39 derajat celcius) dan tambahkan air ke dalam bak

Hari ke-22 sampai ke-25

Pembalikan telur harian

Kontrol suhu Thermostat (38,5-39 derajat Celcius) dan tambahkan air ke dalam bak

Hari ke-26 sampai ke-27

Pembalikan telur dihentikan

Kontrol kelembaban,lakukan penyemprotan jika diperlukan (dengan semburan yang paling halus)

Biasanya ada telur yang sudah mulai menetas di malam hari

Hari ke-28

Telur-telur sudah banyak yang menetas

Keluarkan cangkang telur dari rak agar space atau ruangan lebih longgar

Keluarkan anak itik yang baru menetas setelah bulunya setengah kering atau kering seluruhnya

CARA MENETASKAN TELUR BURUNG

Telur burung dapat ditetaskan dengan mesin tetas dengan baik bila dengan cara yang benar…

Setingan yang baik bisa menggunakan setingan temperatur di 37 derajat Celcius.

Telur yang baru masuk tidaklah boleh diputar atau dibalik selama 3 hari sejak awal telur masuk ke mesin penetas.Setelah telur umur 3 hari lakukan peneropongan setelah telur dinyatakan ada embrio berkembang lalu nyalakan pemutar telur otomatis buat pembalikan telur,pembalikan telur dapat diseting 3 atau per 6 jam.

Perhatikan nampan air berkurang atau tidak,kalau berkurang bisa ditambah airnya.Untuk menjaga kelembaban dan suhu sebaiknya dibuka ventilasi dibuka sedikit saja dan nampan air boleh diberi kain didalamnya.Kalau ada bisa menggunakan busa atau spon untuk membantu penguapan airnya. Perlu diingat kalau telur burung membutuhkan kelembaban cukup tinggi.

Setelah telur berumur 10 hari telur bisa dipindahkan kedalam mangkuk yang dilapisi kain tisu buat seperti bentuk sarang.

Bila telur susah pecah saat menetas itu tandanya mesin kekurangan kelembaban.Bisa menyiasati dengan mengelap telur menggunakan kain basah yang airnya agak hangat,jangan dibantu mengupas karena bisa mengakibatkan kecacatan pada anak burung.

Biarkan dulu anak burung yang baru menetas selama 1 hari di atas rak,lalu setelah itu pindahkan anak burung ke incubator/broder penghangat.

Itulah trik penetasan burung..tips ini hanya berdasarkan standarisasi dan pengalaman saya [DELTA INCUBATOR}.Pengalaman anda sendiri adalah guru yang paling ampuh.

Kesuksesan berawal dari kesabaran anda.

CARA SETTING TIMER

Pada tampilan display kita disuguh menu timer on dan timer off.Itu artinya kita bisa menyeting durasi waktu yang akan kita butuhkan.

Untuk timer yang akan kita seting adalah timer 24 jam

Adapun tombol menu yang ada pad timer itu adalah:

  1. WEEK:berfungsi untuk mengatur hari yang ingin kita gunakan

  2. HOURS:berfungsi untuk mengatur jam yang ingin kita butuhkan

  3. MINUTE:berfungsi untuk mengatur menit yang kita butuhkan

  4. RES:berfungsi untuk meriset setingan yang ada

  5. CLOCK:untuk mengatur jam tampilan sesuai jam yang kita gunakan tiap hari seperti jam yang kita buat patokan atau sama dengan jam tangan/jam dinding kita

  6. TIMER :sebagai tombol utama buat mengatur waktu yang kita butuhkan

  7. ON/OFF : terdiri dari manual on,manual off dan outo.Bila kita mau menyalakan kita pilih manual on.kalau mau sesuai setingan maka kita pilih outo.bila kita mau mematikan pilih manual off.

  8. RANDOM:adalah buat sistem acak

CARA SETING TIMER BUAT MESIN TETAS DELTA INCUBATOR

Contoh untuk pengaturan per 3 jam:

Pertama:

Tekan tombol timer,disitu tertera timer 1 on.lalu tekan hours untuk buat jam yang akan kita tentukan-buat 3:00 lalu week kita tekan sampai semua hari tampil

Kedua:

Tekan timer lagi lalu ada tampilan timer 1 off-kita lalu tekan hours buat 3:lalu minutenya kita buat 01,lalu weeknya ditampilkan untuk semua hari lalu tekan clock buat menyimpan setingan kita

Begitu pula set timer 2 nya sama tapi kelipatan 3 terus sampai timer 8 semua terisi itu artinya nyala 1 menit diper 3 jam jadi 3×8:24.Kalau untuk per 6 jam cara sama hanya kelipatan 6 jam.jadi 6×4:24 untuk per 6 jam cukup mengisi sampai 4 timer saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *