Cara Perawatan Ayam Poland Agar Tetap Tampil Cantik

Cara Perawatan Ayam Poland Agar Tetap Tampil Cantik

Ayam polan adalah salah satu ayam hias yang memiliki bentuk yang unik dan cantik. Selain warna bulunya yang beragam, hal yang paling menonjol dari ayam polan ini adalah kepalanya ada jambulnya. Sehingga ayam polan sering disebut juga dengan ayam mahkota, ayam jambul, ayam gondrong karena bulu-bulu dikepalanya sangat lebat. Nama lain dari ayam polan untuk negara-negara adalah polish chicken  atau padua chicken. Sekilas, orang akan mengira bahwa ayam polan adalah ayam yang berasal dari Polandia. Karena Poland atau Polish memang berarti Polandia, namun sejarah tidak mencatat bahwa ayam polan ini berasal dari Negara Polandia. Pendapat terkuat tentang asal-usul ayam polan ini adalah berasal dari kawasan Eropa Timur tepatnya di Belanda ataupun Rusia.

Salah satu tanda-tanda ayam ini berasal dari Eropa adalah adanya referensi paling tua yang ditemukan berupa patung ayam berjambul di Vatikan, dan penggalian arkelogi Romawi di selatan Inggris menemukan tulang tengkorak unggas yang mirip tengkorak ayam unik ini. Seperti yang kami sebutkan diatas, beberapa keunggulan ayam polan yang unik ini adalah  bulu-bulunya yang rapi seperti disisir, juga jambul di kepalanya yang unik dan bisa dikembangkan dengan beragam bentuk. Di beberapa negara, unggas berbulu lembut ini dipelihara sebagai ayam kontes / ayam hias. Untuk di Indonesia sendiri, kontes ayam polan belumlah terlalu populer, karena saat ini kontes ayam hias yang baru kami jumpai adalah untuk ayam bekisar, ayam ketawa dan ayam serama.

Ayam Poland

Ayam Poland

Sebagai salah satu ayam hias yang terkenal, ayam poland seringkali digunakan sebagai hiasan pekarangan rumah, sehingga sangat jarang dimanfaatkan sebagai ayam pedaging, meskipun sebenarnya ayam polan ini cukup produktif. Meskipun produktif, ayam polan kurang pandai merawat anaknya, atau ketika bertelur, ayam polan kebanyakan tidak mau mengerami anaknya, sehingga perlu ditetaskan melalui mesin penetas. Bahkan, sudah ada beberapa kasus di mana anakan dibunuh induknya.

Merawat ayam polan memang memerlukan keuletan dan ketekunan, terutama dalam menjaga kebersihan kandang dan selalu memenuhi kebutuhan pakannya. Yang perlu diperhatikan adalah jangan mencampurkannya dengan ayam jenis lain karena bisa berkelahi dan merusak bulu ayam polan ini. Selain itu, jangan biarkan ayam ini berkeliaraan di luar kandang, agar jambulnya tetap kering dan bersih.

Ketika memberikan tempat pakan dan minumnya, pastikan agar jambul ayam tidak mengenainya. Sebab, selain bisa membuat kotor, kotoran yang menempel pada bulu–bulu jambulnya bisa mengundang bakteri, jamur, maupun seperti kutu dan tungau. Karena ketika kutu sudah menyelinap pada jambulnya, dikhawatirkan akan merambat hingga ke lubang telinga, lubang hidung, bahkan mata ayam. Selain itu, debu / kotoran yang menempal pada jambul juga bisa menyebabkan penyakit berbahaya pada mata. Jadi, kalau ingin memeliharanya, Anda harus rajin mengecek kebersihan jambulnya. Demikianlah beberapa hal mengenai perawatan ayam polan, si ayam mahkota atau ayam jambul yang cantik. Semoga bermanfaat.

Bagi Anda yang ingin memiliki ayam polan dapat menghubungi kami kapan saja, kami menyediakan ayam polan berbagai usia, mulai usia 1 bulan hingga usia dewasa / indukan.

Silahkan Hubungi kami kapan saja di :
Call/SMS : 0812-2028-8686
Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888
Email : [email protected]

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4 based on 4 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Ayam Poland
No HP
Rp. 500.000
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *