Cara Mudah Mengganti Pola Pakan Ayam Hias

Cara Mudah Mengganti Pola Pakan Ayam Hias

Ayam Hias merupakan salah satu unggas yang dipelihara karena terdapat berbagai keunikan dan keindahan dari anggota tubuhnya. Ayam hias pada umumnya memiliki keunikan bisa dari postur tubuhnya, jenis bulu dan warna bulu, jenis ekor, suara dan lain sebagainya yang menjadi ciri khas ayam itu sendiri.

Ayam Hias sebagian besar memang bukan berasal dari Indonesia, namun ada beberapa jenis ayam Indonesia yang termasuk dalam kategori ayam hias diantaranya seperti Ayam Pelung, Ayam Cemani, Ayam Kate dan Ayam Ketawa. Keempat jenis tersebut memiliki berbagai keunikan mulai dari suara kokoknya, bentuk tubuh dan warna bulunya.

Ayam Batik Kanada Dewasa

Ayam Batik Kanada Dewasa

Ayam Hias yang asli Indonesia memang sudah terbiasa dalam hal pemeliharaan khususnya pemberian jenis pakan. Karena sudah terbiasa dengan iklimnya, jadi peternak pun lebih mudah untuk memberikan jenis pakan seperti pemberian pakan ayam lokal pada umumnya. Berbeda dengan pemeliharaan jenis ayam hias impor dari luar negeri yang mana berbeda jika dilihat dari segi pakan, iklim dan kondisi yang berbeda maka bagi peternak ayam hias akan lebih tertantang untuk memelihara ayam hias yang umumnya berasal dari luar negeri.

Berbicara tentang pakan ayam hias memang hampir sama dengan ayam kampung akan tetapi ayam hias yang didatangkan dari luar negeri tentu berbeda dengan pakan ayam kampung. Dalam menangani hal tersebut biasanya peternak akan lebih cermat dengan cara mengkombinasikan pakan ayam hias tersebut dengan pakan yang biasa diberikan untuk ayam asli Indonesia.

Ayam Hias yang didatangkan dari luar negeri tidak begitu saja langsung merubah pola pemeliharaan seperti Indonesia. Perlu adanya adaptasi selama beberapa waktu dengan kondisi iklim yang berbeda terlebih untuk pakannya. Kita tidak bisa jika begitu saja langsung mengganti pola pakannya. Perlu beberapa tahap sampai ayam akan terbiasa dengan pakan di Indonesia sehingga ayam akan lebih nyaman dan tidak setres.

Ayam Serama Dewasa

Ayam Serama Dewasa

Penggantian pola pakan dapat dilakukan secara bertahap. Pada awalnya Ayam dibiarkan terlebih dahulu untuk diberi pakan yang sesuai dengan sebelumnya. Saat baru saja datang sebaiknya jangan langsung mengganti pola pakan yang menyebabkan ayam setres. Secara perlahan diberikan kombinasi pakan. Jika biasanya ayam diberi pakan beras merah perlahan dikurangi dengan cara memberi setengahnya jenis pakan jagung. Memang pada awalnya biasanya pakan akan disingkirkan namun jika sudah terbiasa ayam akan lahap menyantapnya dan perlahan pakan dapat diganti sepenuhnya.

Selain itu mengubah pola pakan dari yang biasanya diberi pakan jagung, bisa menggantinya dengan voer atau BR dengan perbandingan 50 >< 50, selebihnya jika sudah terbiasa bisa mengganti keseluruhan pakannya dengan Voer atau BR. Alternatif lain untuk penggantian pakannya bisa dedak dan bekatul. Tetapi perlu diketahui pemberian pakan dedak dan bekatul sebaiknya diberikan untuk ayam yang sudah berusia 4 bulan keatas.

Ayam Polan Dewasa

Ayam Polan Dewasa

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam hias, kami menyediakan telur ayam hias yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam hias kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam hias dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGAdanhubungikamisekarangdi:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:

Ayam Hias, Ternak Ayam Hias, Peternak Ayam Hias, Pakan Ayam Hias, Jual Ayam Hias, Harga Ayam Hias, Jenis Pakan Ayam Hias, Pola Pakan Ayam Hias

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *