Cara Mudah Menetaskan Telur Ayam Hias dengan Indukan Ayam Lain

By | November 5, 2015

Cara Mudah Menetaskan Telur Ayam Hias dengan Indukan Ayam Lain

Ayam hias merupakan binatang peliharaan yang menjadi hobi yang unik. Kebutuhan akan ayam hias terkadang di perlukan dengan mendatangkan dari luar pulau. Ongkos kirim yang cukup tinggi dan persiapan dokumen ayam sebelum di kirim dengan kargo hewan merupakan tantangan tersendiri. Maka dari itu kami berusaha memberikan solusi dengan mengirimkan telur ayam hias untuk di tetaskan sendiri. Hal ini lebih menjangkau ke hampir seluruh penjuru Indonesia bahkan sampai ke daerah pelosok sekalipun.

Cara Mudah Menetaskan Telur Ayam Hias dengan Indukan Ayam Lain

Indukan ayam betina sedang mengeram

Kemampuan menetaskan akan berbeda-beda untuk setiap pembeli. Menetaskan telur ayam hias dengan mesin penetas merupakan tantangan tersendiri karena di perlukan ilmu dan pengalaman yang cukup. Penggunaan mesin penetas telur di suatu daerah ada kemungkinan bisa berbeda dengan penggunaan di daerah lain. Hal ini berpengaruh dalam hal suhu dan kelembapan di setiap daerah. Allah sebenarnya sudah menciptakan pengeram yang sempurna dan sudah “full otomatis” menggunakan ayam betina lain yang sedang mengeram merupakan solusi mudahnya. Kita bisa gunakan ayam kampung atau juga entog atau mentog untuk di jadikan pengeram yang handal. Berikut cara menetaskan telur ayam hias dengan betina ayam lain yang sedang mengeram:

  • Hitung tanggal ayam pengeram mulai mengeram

    Ayam betina biasa saat bertelur tidak langsung mengeram. Setelah di atas 9 butir biasanya ayam akan mulai mengeram. Ayam kampung bisa bertelur 8 sampai 15 butir. Indikasi ayam betina mengeram adalah saat malam ayam mengeram telur nya begitu juga dengan siang. Kalau ayam betina tersebut masih jalan-jalan di siang harinya dan belum mengeram ini tanda ayam belum masuk hari pertama mengeram.

  • Ganti telur dengan telur ayam hias di malam hari

    Ambil telur ayam kampung yang sedang di eram dengan telur ayam hias yang sudah siap. Anda dapat memasukan sampai 15 butir memang namun maksimal 13 lebih ideal karena indukan tidak akan kerepotan saat membalik telur. Lakukan hal ini di malam hari untuk menghindari ayam betina pengeram stres.Hal itu untuk antisipasi saja namun kami coba mengganti di waktu siang hasilnya juga tetap bagus.

Solusi saat betina ayam pengeram sudah mengeram 5 hari atau lebih saat kita ingin mengeramkan telur ayam hias:

  1. Siapakan telur pengganti yang tidak jadi

    Saat indukan betina berproses mengeram sampai pecah telur atau menetas biasanya ada telur yang gagal tapi masih utuh. Kita simpan dan kumpulkan telur tersebut. Untuk ayam betina yang sudah mengeram lebih dari 5 hari kita tukar dengan telur yang tidak jadi tadi di tambah dengan telur ayam hias yang akan kita tetaskan. Perlu di perhatikan jumlah telur yang sama antara sesudah dan sebelum di ganti.

  2. Pisahkan Ayam yang sudah menetas

    Jika telur yang di erami lebih dulu sudah menetas kita ambil ayam yang sudah menetas tadi. Pisahkan segera dari induknya saat mulai kering bulunya jangan sampai menunggu. Bersihkan cangkang yang tersisa dan masukan ke dalam box berlampu 40 atau 45 watt untuk menghangatkan ayam yang baru menetas tadi. Dalam hal ini jangan sampai indukan betina yang masih mengeram ini mengetahui dan mendengar suara ayam yang mentas tadi.

Teknik ini sudah kami uji coba sampai 3 kali putaran dan ayam betina tersebut masih berhasil mengeram . Saat uji coba, ayam betina mengeram kemudian menetas dan kami ambil anakanya langsung kami masukan lagi telur baru lagi sampai 3 kali pengeraman. Dengan menggunakan teknik ini semoga prosentase keberhasilan menetaskan akan lebih tinggi dan Anda dapat memulai pengalaman memelihara ayam hias dari saat masih di eramkan kemudian anakan dan bisa tumbuh dan berkembang biak dengan baik.

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan telur ayam hias berkualitas. Untuk mengetahui daftar harga telur ayam hias terbaru silahkan klik dan temukan di DAFTAR HARGA, hubungi kami di :

Call/SMS : 0812-2028-8686

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Kami siap mengatur pengiriman untuk kota-kota:

Jakarta, Surabaya, Bandung, Bekasi, Medan, Tangerang, Depok, Semarang, Palembang, Makassar, Bogor, Batam, Pekanbaru, Bandar Lampung, Malang, Padang,Denpasar, Samarinda, Banjarmasin, Serang, Tasikmalaya, Pontianak, Cimahi, Balikpapan, Jambi,Surakarta, Manado, Cilegon, Palu, Ambon, Tarakan, Cirebon, Bengkulu, Pekalongan, Kediri, Tegal, Binjai, Pematangsiantar, Jayapura, Banda Aceh, Palangkaraya, Probolinggo, Banjarbaru, Pasuruan, Tanjungpinang, Gorontalo, Dumai, Madiun, Batu, Salatiga, Pangkalpinang, Lubuklinggau, Ternate, Bitung, Tanjungbalai, Tebingtinggi, Metro, Bontang,Padang Sidempuan,Blitar, Lhokseumawe, Singkawang, Parepare, Langsa, Banjar, Prabumulih, Mojokerto, Magelang, Sorong, Palopo, Bukittinggi, dll.

Kata terkait:

telur ayam hias, jual telur ayam hias, jual telur cemani, cara mudah menetaskan telur, tips menetaskan telur

2 thoughts on “Cara Mudah Menetaskan Telur Ayam Hias dengan Indukan Ayam Lain

  1. Pingback: Jual Ayam Mutiara dari Bibit Sampai Dewasa Siap di Ternakan - Jual Ayam Hias

  2. Pingback: Telur Ayam Polan Sukses di Tetaskan Mas Erwin di Palembang | jualayamhias.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *