Cara Mudah dalam Pemeiharaan Kalkun Bourbon Red Yang Eksotik

Cara Mudah dalam Pemeiharaan Kalkun Bourbon Red Yang Eksotik

Kalkun Bourbon Red merupakan salah satu jenis kalkun yang merupakan salah satu unggas yang berasal dari luar negeri. Dari postur tubuhnya, kalkun tampak berbeda. Badannya sangat besar, berat badannya bahkan bisa mencapai 5 kg lebih untuk pejantan indukan. Warna dari kalkun jenis ini coklat kemerah-merahan. Kalkun jenis Bourbon Red ini di gemari bagi penghobi warna coklat tentunya. Terutama saat bulunya mekar akan menampilkan warnanya yang  menawan.

Kalkun Bourbon Red  merupakan hasil keturunan dari kalkun Self Buff, kalkun White Holland Turkey dan kalkun Bronze. Kalkun Bourbon Red yang hidup di habitat aslinya di benua Amerika  sedikit berbeda  warna bulunya dibandingkan dengan warna kalkun Bourbon Red yang telah dikembang-biakan di Indonesia. Kemungkinan ada pengaruh suhu dan makanan yang menyebabkan adanya perbedaan itu. Warna bulu kalkun Bourbon Red di luar negeri sangat pekat, sedikit berbeda dengan di Indonesia warnanya sudah agak pudar dan coraknya mengalami sedikit perubahan.

Kemungkinan lainnya adalah indukan bukan berasal dari satu keturunan. Ada Bourbon Red yang ekornya coklat kemerahan dengan warna yang pekat, ada juga yang ekor dan sayapnya ada unsur putih dan bergaris coklat pada bagian sayapnya. Untuk yang warnanya pekat kemungkinan belum dikawinkan salah satu keturunan dari kalkun White Holland sehingga minim warna putih. Berbeda dengan yang telah dikawinkan dengan kalkun putih, maka dibagian ekornya ada unsur putihnya. Untuk keduanya sama-sama mempunyai keindahan.

Ayam Kalkun Bourbon Red Dewasa Sepasang

Ayam Kalkun Bourbon Red Dewasa Sepasang

Bagaimana mempersiapkan kandang untuk Kalkun Bourbon Red?

Untuk kandang kalkun umur 0-4 minggu bisa dibuatkan dalam boks yang didalamnya ada lampu penghangat dari listrik. Ukuran kandang 1 meter x 80 cm x 40 cm. Bisa muat sekitar 20 ekor ayam kalkun. Untuk lantai bisa dialasi dengan menggunakan kertas koran agar menyerap air dan mudah saat membersihkan. Kita tinggal menggulung koran dan membuangnya. Maka kotoran yang ada diatasnya ikut terbuang. Praktis bukan? Saat berumur lebih 1 bulan, perlu kita memperluas kandang  karena tentu sudah lebih sempit dibandingkan saat pertama kali memasukkan kalkun ke dalamnya. Dalam 1 kandang cukup 10 ekor saja.

Untuk kalkun yang berumur 2,5 bulan bisa dibuatkan kandang dengan dengan panjang 2m x 70 cm x 80 cm. Untuk kandang sebesar itu bisa muat sekitar 20 ekor kalkun. Setelah umur 3 bulan, jumlah populasi disesuaikan dengan kapasitas kandang. Saat itu kalkun dapat dipisahkan menurut jenis kelaminnya. Saat itu kalkun mulai diletakkan dalam kandang umbaran.

Untuk kandang pejantan dapat dibuat dengan ukuran 80cm x 80 cm x 80 cm. Sedangkan untuk mengeram kita bisa membuat kandang dengan ukuran 40 cm x 40 cmx 40 cm. Kandang mengeram diusahakan terpisah dari kandang kelompok karena dikhawatirkan ada kalkun yang memangsa telurnya. Kandang  mengeram juga harus aman dari pejantan, jika tidak maka pejantan akan mengganggu betina yang akan mengerami. Kandang mengeram juga harus rapat agar terhindar dari predator pengganggu seperti ular, tikus, burung, musang agar telur aman dari gangguan.

Sebagai rumus dasar luas kandang ayam kalkun bourbon red sebenarnya sangat mudah. Kita tinggal mengamati perilaku ayam kalkun tersebut, saat mereka terlihat terlalu berdesakan berarti luas kandang terlalu sempit.

Apa makanan ayam Kalkun Bourbon Red?

Makanan untuk kalkun Bourbon Red sebenarnya sama dengan ayam kalkun jenis lain. Kalkun termasuk hewan yang suka dengan berbagai jenis sayuran. Saat masih anakan, kalkun dapat diberikan konsentrat atau BR. Setelah umur seminggu mereka dapat diberikan makanan tambahan seperti bekatul dan sayuran segar seperti  bayam, kangkung, sawi. Untuk daun pepaya bisa diberikan hanya saja jangan terlalu sering karena bisa mengakibatkan kelumpuhan jika dikonsumsi dalam jumlah besar dan terus menerus. Untuk alternatif lain bisa diberikan irisan enceng gondok yang biasanya memenuhi sungai dan menjadi limbah yang belum tergarap secara maksimal.

Untuk makanan harus diperhatika nilai gizinya terutama kalsium yang baik untuk tulang. Jika konsumsi kalsium kurang dari standar yang seharusnya, maka tulang kalkun tidak cukup kuat menopang badannya yang besar. Untuk itu perlu diberikan vitamin agar stamina terjaga terutama saat kalkun masih anakan.

Ayam Kalkun Bourbon Red Umur 1 Bulan

Ayam Kalkun Bourbon Red Umur 1 Bulan

Masa produksi kalkun

Kalkun Bourbon Red memasuki masa produktif saat berumur 8 bulanan. Saat itu dalam 1 kandang kelompok terdiri dari  jantan dan 5-6 ekor betina. Semakin kecil komposisi betinanya maka kemungkinan betina untuk dibuahi pejantan semakin besar. Untuk menandai telur yang dihasilkan fertil atau tidak bisa dengan cara memberi tanda pada betina yang telah dibuahi pejantan. Jadi pada saat betina itu bertelur kemungkinan besar telur itu fertil. Untuk selanjutnya telur bisa dierami sendiri, dititipkan pada indukan lain atau ditetaskan pada mesin penetas.

Demikian cara memelihara kalkun Borbon Red. Dengan perawatan yang baik, pola makan dan minum yang teratur dan bergizi, kandang yang selalu bersih, penanganan yang tepat bila ada yang sakit. Maka kita bisa mendapatkan kalkun yang sehat.

Kami di jualayamhias.com melayani pembelian ayam Kalkun Bourbon Red baik masih berujud telur untuk di tetaskan atau anakan ayam Kalkun Bourbon Red untuk di besarkan. Dan kami juga melayani pembelian ayam Kalkun Bourbon Red dewasa siap produksi. Dengan pengalaman kami sejak 1999 kami mampu mengirimkan ayam ke seluruh penjuru Indonesia via kargo hewan yang terpercaya. Silahkan hubungi kami kapan saja di:

 

SMS/CALL

0812 2028 8686

 WHATSAPP

0856 4772 3888

 

Kata terkait:Ternak ayam Kalkun Bourbon Red, harga ayam Kalkun Bourbon Red, jual ayam Kalkun Bourbon Red, telur ayam Kalkun Bourbon Red

 

 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
4 based on 5 votes
Produsen
jualayamhias.com
Nama Produk
Kalkun Bourbon Red
No HP
Rp. 1.250.000
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *