Cara Merawat Ayam Serama Untuk Kontes

Banyak orang memelihara ayam serama karena tertarik akan tubuhnya yang mungi dan gerak-geriknya yang lucu. Yah, ayam serama adalah ayam yang berasal dari negeri tetangga yaitu negeri Jiran Malaysia. Memiiki postur yang kerdil, mungil dan diklaim sebagai ayam terkecil di dunia. Bobot ayam serama jantan asli hanya sekitar 350gram, sedangkan untuk ayam betina sekitar 300 gram. Namun dalam perkembangannya setelah melalui perkembang biakan yang terus menerus tanpa adanya perbaharuan, ayam serama dewasa kini memiliki bobot hampir 500 gram.

Saat ini, kontes ayam serama beberapa kali marak diadakan di beberapa kota-kota besar. Untuk ayam serama yang berhasil memenangkan kontes, harganya bisa menjadi jutaan bahkan puluhan juta. Ketika Anda memiliki ayam serama unggul, terutama dari segi kualitas dan ingin mengikuti kontes, maka perawatan ayam serama menjadi sangat penting agar pada saat kontes berlangsung dapat tampil secara maksimal terutama dalam hal penampilan. Ya penampilan merupakan salah satu poin pokok untuk memenangkan sebuah kontes ayam. Ayam serama yang memilki penampilan yang baik memiliki ciri-ciri diantaranya lincah dan agresif. Sebelum mengikuti kontes, yang paling perlu diingat adalah tentang kebersihan dan kerapihan dari bulu ayam serama tersebut karena menjadi satu penilaian yang tak dapat dilepaskan. Dibawah ini beberapa tips untuk merawat ayam serama sebelum kontes :

  • Untuk menjaga agar bulu tersebut tidak rusak ketika akan mengikuti kontes, usahakan agar ayam serama tidak digabung dengan yang betina (tidak dikawinkan) karena dapat merusak bulu.
  • Jaga kebersihan kandang dan ayam. Rutinkanlah dalam membersihkan kandang ayam serama, tempat makan, tempat minum, dan juga badan ayam dengan cara memandikannya paling tidak 3 hari sekali agar bulunya selalu kelihatan bersih.
  • Latihlah ayam serama Anda untuk berjalan diatas karpet, karena ayam yang jarang diatas karpet akan kebingungan begitu berada diatas karpet. Sebaiknya karpet berwarna hijau, agar untuk mengantisipasi agar kalau pada saat lomba memakai karpet warna hijau, ayam serama tidak mematuki karpet karena ayam bisa saja beranggapan bahwa itu adalah rumput.
  • Agar tetap sehat, usahakan agar tiap pagi hari bisa dijemur dibawah terik matahari, sekitar jam 08.00 selama 30 menit – 1 jam, namun setelah dijemur jangan langsung diberi air minum karena bisa menyebabkan ayam terkena penyakit ngorok.

Nah demikianlah artikel kami tentang cara merawat ayam serama untuk persiapan kontes. Bagi Anda yang ingin memiliki ayam serama berkualitas, silahkan hubungi kami kapan saja melalui :

Call/SMS : 0822-2123-5378

Call/SMS/WHATSAPP : 0856-4772-3888

Email : hobiternakm[email protected]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *