Cara Mengatasi Korisa Pada Ayam Kampung Super

Cara Mengatasi Korisa Pada Ayam Kampung Super

Korisa atau yang biasa disebut dengan Coryza atau Snot adalah penyakit yang sering muncul pada ayam saat musim penghujan. Korisa merupakan suatu penyakit pernafasan yang menimbulkan gangguan pada saluran pernafasan di sinus hidung. Yang disebut dengan sinus hidung ialah salah satu titik terlemah dalam sistem pernafasan ayam.

Dalam usaha beternak Ayam Kampung Super, penyakit korisa ini sudah sering di dengar oleh para peternak. Hampir semua jenis unggas sangat mudah terserang penyakit korisa, diantaranya ayam pedaging, ayam petelur, merpati dan itik. Penyakit ini bisa menyerang ayam dari segala umur, khususnya mulai dari ayam berumur 3 minggu sampai dengan masa produksi. Korisa memiliki dampak ekonomi yang tinggi, apalagi ayam sudah berusia 14 minggu ke atas. Berbeda dengan ayam jawa super yang masih muda, karena bisa dicegah dan bisa diobati sejak dini.

Pada Ayam Kampung Super penyakit ini dapat mengganggu pertumbuhan ayam dan menyebabkan ayam sulit untuk mencapai batas berat normal atau standar. Kerugian yang lainnya adalah pembelian obat yang mahal, penurunan produksi telur, ayam mudah terserang penyakit dan dapat menimbulkan kematian.

ayam jawa super, DOC ayam jawa, harga DOC joper ayam jawa, obat crd paling ampuh, ciri penyakit crd, gejala penyakit crd, penyakit crd pada unggas

Penyakit Korisa Pada Ayam Jawa Super/ Joper

Penyakit korisa disebabkan karena bakteri Haemophillus Paragallinarum, yang terdiri dari tiga tipe, yaitu A, B dan C.H. Paragallinarum bersifat labil, namun mampu bertahan hidup di luar tubuh inang dalam waktu beberapa hari. Bakteri Haemophillus Paragallinarum merupakan bakteri Gram (-), berbentuk batang pendek, tidak berspora, non motil, dan mampu bertahan hidup dalam tempat yang ada oksigen dan tidak ada oksigennya.

Apa ciri-ciri ayam terkena penyakit korisa?

Ciri-ciri ayam terkena penyakit korisa adalah :

  1. Penurunan produksi telur.
  2. Ayam sulit untuk bernafas.
  3. Adanya lendir atau kotoran dari hidung yang pertama-tama encer dan kemudian kental seperti nanah.
  4. Bagian muka membengkak, khususnya di daerah sinus di bawah mata.
  5. Bau menyengat seperti telur yang sudah busuk.
  6. Diare (mencret), dan
  7. Mata berair seperti menangis yang lama kelamaan akan menutup.

Cara pencegahan yang bisa Anda lakukan :

Dengan melakukan vaksinasi pada Ayam Kampung Super pada umur 1-2 minggu, lebih tepat lagi apabila pemberian vaksin ayam disesuaikan dengan kondisi peternakan setempat. Dalam penentuan vaksinasi yang tepat sebaiknya dilakukan paling lambat 3-4 minggu sebelum umur ayam yang terserang penyakit korisa. Umur yang rawan terhadap penyakit ini bisa Anda lihat dari pengalaman beternak sebelumnya.

Mengapa pemberian vaksin pada ayam kampung super itu penting ?

Karena kesembuhan ayam yang terserang penyakit korisa akan lebih cepat bagi ayam yang sebelumnya sudah pernah divaksin daripada yang tidak divaksin. Munculnya penyakit ini akan lebih lambat dan tingkat keparahannya akan terlihat lebih ringan apabila sebelumnya sudah pernah divaksin.

Tindakan yang bisa dilakukan terhadap ayam yang sudah terserang penyakit korisa antara lain :

  1. Isolasi (memindahkan ayam yang sudah terserang penyakit ke tempat yang jauh dari ayam yang belum atau tidak terserang penyakit).
  2. Ruang kandang untuk membuang bangkai sebaiknya dijauhkan sejauh mungkin dari lingkungan kandang.
  3. Pemberian obat.
  4. Pemberian vitamin untuk menjaga kondisi tubuh ayam dan mengganti sel tubuh yang rusak akibat dari terserang penyakit korisa.
ayam jawa super, DOC ayam jawa, harga DOC joper ayam jawa, obat crd paling ampuh, ciri penyakit crd, gejala penyakit crd, penyakit crd pada unggas

Korisa Pada Ayam Jawa Super

Korisa memang termasuk jenis penyakit yang sulit untuk diberantas sampai tuntas. Kadang kita sudah merasa bahwa segala upaya pencegahan terhadap penyakit korisa sudah kita lakukan, namun korisa masih saja menyerang. Sehingga kita perlu melakukan evaluasi terhadap pemberian vaksinasi yang benar dan tepat pengaturan jadwalnya.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait :

ayam kampung super, DOC ayam kampung, harga DOC joper ayam kampung, obat crd paling ampuh, ciri penyakit crd, gejala penyakit crd, penyakit crd pada unggas, jual DOC ayam kampung super, ternak DOC ayam kampung super

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *