Cara Memelihara Ayam Onagadori

By | February 10, 2017

Cara Memelihara Ayam Onagadori

Ayam Onagadori merupakan salah satu hewan yang berasal dari negara Jepang, ayam ini di negara asalnya memiliki ekor yang panjangnya bisa mencapai 20 meter. Nama Onagadori menurut bahasa Jepang artinya “ekor yang panjang”. Ayam Onagadori adalah salah satu ayam diantara 17 jenis ayam asli dari Jepang yang dapat dikembangbiakkan di Indonesia.

Di Indonesia hingga saat ini masih belum banyak yang mengembangbiakkan ayam ini. Jadi jika Anda ingin memulai berbisnis Ayam Onagadori tentunya masih terbuka banyak peluang. Ayam Onagadori secara fisiknya sama dengan ayam bangkok, yang membedakannya adalah Ayam Onagadori memiliki ekor yang panjang sehingga dibutuhkan kerja keras dalam mempertahankan bulu ekornya agar tetap indah dan tidak kotor.

Ayam Onagadori Usia 1 Bulan

Ayam Onagadori Usia 1 Bulan

Ayam Onagadori yang dahulunya dikembangkan dalam iklim kepulauan yang ringan di Shikoku Jepang Selatan, memilih iklim yang tidak terlalu dingin dan terlalu panas. Hal ini disebabkan jika dipelihara di daerah dingin pemanasan terhadap kandang harus dilakukan. Sedangkan jika dipelihara di daerah yang sangat panas, Anda harus memberikan tempat untuk berteduh seperti pohon, dll. Hal itu juga bisa menyebabkan ayam Onagadori stress secara tiba-tiba, biasanya ayam ini akan bereaksi dengan pengerasan duri dan kemudian molting pada bulunya sehingga bisa merusak keindahan bulu ayam Onagadori.

Jadi jika Anda ingin merawat ayam Onagadori, maka kita harus sabar dan tekun dalam merawatnya. Jika Anda ingin agar ayam selalu enak dipandang maka kandang yang dibuat hendaknya sempit menyerupai almari agar ayam tidak bergerak-gerak dan tidak merusak ekor. Namun ada juga peternak yang memelihara Ayam Onagadori dengan sistem umbaran karena bertujuan untuk memperbanyak anakannya.

Ayam Onagadori Usia 3 Bulan

Ayam Onagadori Usia 3 Bulan

Dalam pemeliharaan Ayam Onagadori yang perlu diperhatikan yaitu pada saat masa perkawinan yaitu pasangan untuk Ayam Onagadori bukan dari indukan yang sama entah dari pejantan ataupun betinanya karena anakan yang dihasilkan kualitasnya kurang bagus. Memeliharanya juga cukup mudah dan untuk pakan bisa diberikan pakan campuran voer dan jagung. Meskipun dinegara asalnya biasa diberikan pakan beras merah, namun saat sudah dipelihara di Indonesia bisa disesuaikan dengan pakan ayam pada umumnya seperti voer atau BR dedak dan bekatul. Sedangkan untuk anakannya bisa Anda berikan campuran voer dan pecahan beras (menir), sebagai selingan Anda bisa memberikan pakan basah diantaranya campuran dari bekatul halus, voer, dan jagung giling yang ditambahkan air namun jangan terlalu encer.

Ayam Onagadori Usia 6 Bulan Jantan

Ayam Onagadori Usia 6 Bulan Jantan

Kami menyediakan ayam onagadori dari telur sampai indukan. Untuk telur ayam onagadori Anda bisa tetaskan dengan mesin penetas telur atau dengan di titipkan ke indukan ayam lain yang sedang mengeram. Jualayamhias.com selain menyediakan telur kami juga menjual anakan ayam onagadori dari umur 1 hingga 5 bulan dan setelah itu masuk di kategori ayam indukan. Untuk harga ayam onagadori silahkan klik di DAFTAR HARGA AYAM ONAGADORI.

Silahkan bagi Anda yang ingin memiliki ayam onagadori berkualitas, hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

kata terkait:
ternak ayam onagadori, jual ayam onagadori, peternakan ayam onagadori, ayam onagadori, foto ayam onagadori, ternak ayam onagadori, peternak ayam onagadori, harga ayam onagadori

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *