Cara Membuat Ayam Hias Anda Merasa Aman dan Nyaman Saat di Kandang

By | July 22, 2016

Cara Membuat Ayam Hias Anda Merasa Aman dan Nyaman Saat di Kandang

Pada umumnya masyarakat membuat kandang dari bambu. Dengan alasan lebih murah dan mudah dalam perawatannya. Walaupun tak dipungkiri untuk daya tahan, kandang bambu tersebut lebih mudah rusak. Terpaan matahari dan hujan yang terus menerus akan mengikis ketahanan kandang bambu kita. Selain bambu, masyarakat modern mulai menggunakan kandang dari bahan-bahan yang lebih modern hingga lebih tahan lama. Apapun kandang anda, yang utama adalah fungsi kandang sebagai tempat tinggal, bertelur, mengerami dan membesarkan anak-anak ayam dengan rasa aman dan juga nyaman.

Umumnya dua meter kandang dihuni sekitar 3-4 ekor ayam hias. Jangan terlalu banyak karena tingkat persaingan tinggi dalam mendapatkan makanan. Dikhawatirkan ayam akan kekurangan ransum sehingga postur tubuhnya tidak cepat membesar. Untuk anak ayam yang masih kecil-kecil pengaturan jumlah ayam per meter tentu berbeda.

Jual Ayam Cemani

Ayam Cemani Sedang di dalam kandang

Jarak antar kandang juga jangan terlalu dekat. Usahakan sekitar satu kali ukuran kandang. Jarak yang terlalu dekat bisa menyulitkan saat pembersihan dan sirkulasi udara yang terbatas. Disamping itu jarak yang berjauhan bisa untuk tempat pembuangan air. Hingga air tidak menggenang disana sini. Jika pembuangan lancar maka aroma kandang yang khas bisa diminimalisir. Untuk jarak antar peternakan juga jangan terlalu dekat, minimal sekitar 1 km. Usahakan dekat dengan akses jalan agar memudahkan transportasi.

Kandang harus dijaga dari para predator ayam. Umumnya para pemburu ayam adalah anjing, kucing, musang, tikus. Buatlah kandang kokoh dan cukup tinggi agar predator tidak bisa masuk. Lubang disudut kandang yang bisa jadi pintu masuk predator agar ditutup rapat. Berilah penerangan yang cukup agar dapat mengawasi para predator saat menyambangi kandang anda.

Kebersihan harus selalu dijaga. Bersihkan kandang secara rutin agar kesehatan ayam selalu terjaga dan disemprot menggunakan desinfectant agar terhindar dari berbagai penyakit. Sikat tempat yang tersembunyi agar kotoran menghilang. Segera keringkan. Bila ada yang sakit segera pisahkan agar ayam lain tidak tertular.

Pemilihan atap yang tepat juga penting. Gunakan atap yang tidak mengakibatkan panas yang dinaunginya seperti seng. Disamping mengakibatkan panas pada ayam, seng juga menimbulkan suara yang berisik saat hujan turun. Tentu ayam akan ketakutan mendengar suara air hujan yang menimpa seng. Kegaduhan akan tercipta. Bila atap bocor lekas dibetulkan agar ayam tidak kehujanan. Kandang yang lapuk atau rusak juga harus segera diganti.

Gantilah makanan dan minuman minimal 2 kali sehari. Berilah makanan selingan berupa sayuran segar yang bisa diiris halus, jagung giling dan beras merah giling. Sesekali diberikan multivitamin untuk menunjang stamina ayam. Tentu untuk pemberian harus dengan dosis yang tepat.

Ayam yang sehat dan bisa berkembang biak dengan pesat tentu membahagiakan pemiliknya. Dan itu butuh ketelatenan dan perawatan yang berkelanjutan. Apapun konsekuensinya, jika anda benar-benar mencintai pekerjaan dan ayam-ayam anda maka hal itu tidak akan memberatkan dalam merawat ayam agar selalu sehat dan aman. Selamat mencoba, semoga sukses.

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam cemani, kami menyediakan telur ayam cemani yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam cemani kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam cemani dewasa juga bisa  Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

 

Kata Terkait: Ayam Hias, Ayam Cemani, Ternak Ayam Cemani, Foto Ayam Cemani, Jual Ayam Cemani, Harga Ayam Cemani

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *