Cara Melindungi Peternakan Ayam Kita dari Serangan Musang

By | May 25, 2015

Cara Melindungi Peternakan Ayam Kita dari Serangan Musang

Ayam merupakan salah satu hewan yang banyak menjadi mangsa bagi hewan lainnya. Ular, anjing, kucing, tikus dan musang merupakan musuh bagi sang ayam. Memang tidak mudah melindungi ayam dari predator yang selalu mencari celah untuk memangsanya. Walaupun kita sudah membuat pagar rapat yang tinggi, itu bukan jaminan ayam kita bebas dari ancaman para predator tersebut.

Salah-satu pemangsa ayam yang keberadaan ada di sekeliling kita adalah musang. Hewan ini termasuk hewan berekor panjang. Ada 3 spesies musang yang dapat dibedakan berdasarkan panjang ekornya. Musang berekor panjang mempunyai panjang 24 inchi (61 cm), musang berekor sedang 13 inchi (33cm) dan musang berekor pendek 7 sampai 8 inchi ( 18 sampai 20 cm). Musang memiliki tubuh yang ramping sehingga gesit untuk masuk di celah-celah sempit. Musang juga memiliki kaki yang sangat pendek.

Tidak seperti kebanyakan seperti hewan pemangsa lainnya yang hanya aktif pada siang atau malam hari, maka musang mempunyai keunikan karena bisa aktif pada siang dan malam hari. Jadi pastikan peternakan ayam anda selalu terlindungi dari si musang ini. Musang sangat agresif dia bisa memangsa hewan kecil seperti tikus sampai hewan yang berukuran cukup besar, setidaknya jika dibandingkan dengan postur tubuhnya contohnya ayam kalkun juga dapat menjadi mangsa musang.

Wasapada hewan musang bisa menjadi predator di peternakan ayam Anda

Wasapada hewan musang bisa menjadi predator di peternakan ayam Anda

Musang dikenal sangat gesit. Biasanya ayam yang dimangsa musang bagian punggung, leher dan kepalanya hilang. Dalam dunia peternakan ayam musang termasuk sebagai predator kelas wahid. Dan yang mencengangkan adalah fakta bahwa musang membunuh tidak hanya untuk dimakan saja tapi menjadikan aktivitas itu untuk berolahraga atau bersenang-senang. Giginya yang tajam dan tubuhnya yang ramping akan lincah menggigit hewan buruannya bahkan kabelpun dia sanggup untuk memutuskannya.

Pencegahan

Untuk melindungi ayam dari musang perlu membuat kandang yang benar-benar kuat dan kokoh. Usahakan jangan membuat kandang yang terbuat dari kawat karena untuk musang hal itu tidak menjadi penghalang untuk menyerbu ayam. Untuk lebih kokoh buatlah kandang yang dilapisi plastik dan kain yang keras pada ventilasi dan tempat terbuka lainnya dan buatlah secara terukur. Pastikan akses jalan terkecil menjadi perhatian anda karena musang lihai masuk melalui akses jalan yang sempit.

Bila memang musang masih sering mengunjungi kandang anda, kini saatnya anda membuat perangkap. Caranya pasang perangkap ditempat yang sekiranya musang dapat masuk. Tempatkan sepotong daging segar agar musang tertarik untuk memangsanya. Periksalah secara teratur kandang ayam anda dan buatlah kandang yang tinggi untuk meminimalisir masuknya musang ke dalam kandang ayam. Mudah-mudahan catatan kecil ini bermanfaat bagi anda sebagai peternak ayam maupun penghobi ayam.

Kata terkait:

cara menangkap musang, harga musang, musang pandan, memelihara musang, makanan musang, ciri ciri musang, jenis musang, musang luwak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *