Cara Melindungi Ayam dari Ganguan Anjing

By | July 25, 2016

Cara Melindungi Ayam dari Ganguan Anjing

Memiliki peternakan ayam dengan banyak ragam ayam didalamnya sungguh menyenangkan. Jika memiliki koleksi ayam yang cukup banyak sebaiknya ayam tersebut dipisahkan kandangnya berdasarkan jenis dan umur ayam. Mulai dari ayam yang sedang bertelur, mengerami, mengasuh anak-anaknya yang masih kecil, anak ayam yang sudah dipisah dari induknya, bakal indukan, maupun induk yang siap kawin.

Dalam proses perawatanya ayam butuh perawatan dalam membesarkannya juga pengawasan agar aman dari predator pengganggu. Bukan hal yang mudah dalam melindungi ayam-ayam kita terutama bila kandang anda tidak diberi pagar agar hewan lain tidak bisa masuk. Terkadang walau sudah diberi pagar namun hewan anjing atau kucing tetap bisa masuk dan menyantap anak ayam yang masih kecil. Menyedihkan memang menyaksikan kandang ada sisa darah dan bulu, sedang anak ayam entah ada dimana.

Serangan Anjing

Serangan Anjing

Beberapa anjing memang tidak memangsa ayam, hanya mereka selalu menggonggong dan suaranya itu cukup membuat takut beberapa ayam. Mereka kadang ada yang hanya menakut-nakuti. Bahkan beberapa dari ayam petelur kehilangan kemampuan bertelur selama berbulan-bulan setelah mendengar suara gonggongan mereka. Anak ayampun ada yang mati karena trauma mendengar suara mereka.

Jika tetangga anda memiliki hewan anjing, mungkin lebih bijak bila anda mengunjungi dan meminta pengertian akan kondisi anda tersebut. Memang tidak mudah untuk meminta agar tetangga anda mau mengurung atau memasang rantai pada lehernya agar tidak mudah ‘bermain-main’ di sekitar kandang anda. Kemungkinan terburuk adalah membayar kompensasi bila sampai anjing tersebut menyerang ayam anda.

Anjing sebenarnya dapat dilatih menjadi penjaga hewan anda. Asal anda dapat melatihnya dengan sungguh-sungguh dan pastikan ia tidak dapat mengganggu ayam peliharaan anda. Solusi lain adalah dengan membuat kandang yang aman dari gangguan binatang lain yakni dengan membuat pagar yang kokoh. Hal ini akan bermanfaat banyak, selain terhindar dari ganguan anjing manfaat pagar akan membuat ayam anda lebih aman dari resiko pencurian.

Silahkan hubungi kami kapan saja untuk mendapatkan ayam hias berkualitas, hubungi kami di:

Telkomsel :

0812-2028-8686

(Call/SMS)

IM3 :

0856-4772-3888

(Call/SMS/Whatsap)

kata terkait:

kandang ayam, pagar kandang ayam, ayam dan anjing, anak ayam, indukan ayam

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *