Cara Membedakan Kenari Jantan dan Kenari Betina

By | September 3, 2016

Cara Membedakan Kenari Jantan dan Kenari Betina

Bagi penghobi atau pecinta Burung Kenari, tentu hal yang mudah untuk membedakan jenis kenari jantan dengan kenari betina. Namun bagi masyarakat yang masih awam, tentu akan menemukan kesulitan dalam membedakannya. Terutama untuk burung yang masih anakan.

Burung Kenari semakin dikenal masyarakat karena bunyinya yang sangat merdu. Bagi sebagian orang menyebut dengan istilah gacor. Sekarang ini para penangkar banyak yang menyilangkan jenis kenari yang satu dengan kenari yang lain agar menghasilkan suara yang gacor, badannya tegap dan warna bulunya yang beraneka-warna. Harga antara kenari jantan berbeda dengan harga kenari betina. Ternyata kenari jantan harganya lebih mahal dibandingkan kenari betian karena kenari jantan mempunyai keunggulan pada suaranya yang lebih gacor, postur tubuhnya yang lebih gagah dan durasi suaranya yang lebih lama.

Burung Kenari

Burung Kenari

Apabila kita ingin menangkarkannya agar menghasilkan anakan yang berkualitas maka dibutuhkan suatu pengetahuan agar dapat menyilangkan dengan mengetahui jenis kelamin masing-masing burung.

Bagaimana cara membedakan Burung Kenari jantan dengan Burung Kenari betina?

Berikut ciri-ciri Kenari jantan:

  1. Beberapa hari setelah menetas, saluran pembuluh vena terlihat turun dari perut menuju dubur.
  2. Pada umur 7 hari, posisi mata Burung Kenari jantan terlihat sejajar dengan bagian paruh.
  3. Ukuran kepala lebih kecil dibandingkan kepala betina.
  4. Setelah berumur lebih dari 2 minggu, kenari jantan lebih lincah dibandingkan kenari betina. Mereka bisa melompat lebih jauh.
  5. Postur tubuh lebih besar dan gagah dibandingkan kenari betina.
  6. Dubur lebih menonjol.
  7. Tulang belakang warnanya lebih gelap.

Ciri Kenari betina:

  1. Beberapa hari setelah menetas, saluran pembuluh vena belum terlihat jelas.
  2. Pada umur 7 hari, letak mata berad diatas posisi paruh.
  3. Mempunyai ukuran kepala yang lebih besar dan berbentuk bulat
  4. Dubur terlihat lebih datar
  5. Tulang belakang berwarna terang
  6. Kaki berukuran lebih pendek dan jari kaki lebih rapat.

Selain melihat perbedaan dari ciri fisik, kita juga bisa melihat perbedaan antara jantan dan betina kenari dengan mendengar suara kicauan mereka. Kenari jantan mempunyai suara kicauan yang durasinya lebih panjang, lebih gacor  dan suaranya lebih variatif. Sedangkan kenari betina suaranya lebih pendek dan terkadang berupa panggilan untuk menarik perhatian pejantan.

Jadi  setelah diperhatikan akan jelas terlihat kalau suara jantan dan betina berbeda kala mereka di tempatkan pada sangkar yang sama atau sangkarnya berdekatan.

Jika ingin mengawinkan, biasanya pejantan dan betina akan ditempatkan pada sangkar penangkaran. Kenari yang telah berpasangan biasanya akan rukun. Setelah mereka berpasangan, betina bisa bertelur dan telur itu nanti di tempatkan pada sangkar. Setelah masa bertelur selesai, betina akan mulai mengerami telurnya. Burung kenari bertelur tidak terlalu banyak layaknya ayam, jadi mereka hanya akan menghasilkan telur beberapa butir saja. Setelah itu betina akan mengerami telurnya hingga menetas.

Burung Kenari

Burung Kenari

Demikian beberapa perbedaan antara kenari betina dan kenari jantan. Jadi pada saat kita akan menangkarkan atau membeli anakan, kita bisa memperkirakan jenis kelamin Burung Kenari yang kita inginkan.  Dengan mengetahui cara membedakan anakan kenari maka kita bisa membeli sesuai dengan kebutuhan dan bisa menjodohkan mereka sedari anakan. Hingga pada saat dewasa, mereka telah berjodoh.

Kata Terkait: Kenari, Burung kenari, Suara Kenari, Kicau Kenari, Jenis Kenari, Ternak Kenari, Jual Burung Kenari, Harga Burung Kenari

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *