Kenapa Memilih Bebek Lokal untuk Ternak Bebek Pedaging?

Kenapa Memilih Bebek Lokal untuk Ternak Bebek Pedaging?

Bebek merupakan salah satu unggas yang mempunyai penggemar yang cukup banyak karena tekstur dagingnya yang lembut, rasanya yang gurih dan harganya yang cukup terjangkau. Bebek sendiri ada yang berasal dari import maupun bebek asli Indonesia. Sekarang, banyak persilangan antara jenis bebek yang satu dengan yang lain. Dari jenis bebek tersebut, lahirlah jenis bebek unggulan yang potensial dijadikan petelur, pedaging atau bisa dijadikan pedaging dan petelur sekaligus. Diantara bebek yang berpotensi dijadikan ternak bebek pedaging salah satunya merupakan bebek jantan lokal.

Bebek Pejantan Lokal Sebagai Bebek Pedaging yang Potensial

Bebek Pejantan Lokal Sebagai Bebek Pedaging yang Potensial

Bebek lokal sendiri mempunyai jenis yang cukup banyak. Diantaranya adalah Bebek Magelang, Bebek Karawang, Bebek Mojosari, Bebek Bali, Bebek Alabio, Bebek Turi, Bebek Pitalah dan Bebek Cihateup. Dari nama bebek tersebut, kita dapat mengetahui asal dan populasi terbanyak dari bebek tersebut.

Saat ini peluang beternak bebek pedaging masih sangat luas. Hal tersebut dipengaruhi oleh permintaan bebek yang masih cukup tinggi sedangkan ketersediaan bebek yang masih terbatas. Di kalangan peternak bebek sendiri masih banyak yang menggunakan sistem pemeliharaan dengan cara diumbarkan (ekstensif) sehingga produktivitasnya masih rendah. Cara pemeliharaan dengan sistem ini memang cukup mudah dan membutuhkan biaya yang relatif rendah jika dibandingkan pemeliharaan secara semi intensif dan intensif.

Untuk menghasilkan bebek pedaging dengan berat yang telah layak untuk dijual dibutuhkan waktu sekitar 45-50 hari. Hal itu jika pemeliharaan secara intensif dalam arti kata peternak menyediakan kandang dan pakan yang memenuhi syarat. Dengan cara ini bebek lebih cepat dipanen dibandingkan jika bebek diumbarkan begitu saja tanpa kontrol terhadap pakan dan minum oleh peternaknya.

Keberhasilan pemeliharaan bebek ditentukan oleh faktor diantaranya:

Faktor pakan dan minum

Ternak Bebek Pedaging - Faktor minum bebek

Faktor minum bebek

Ternak Bebek Pedaging - Faktor pakan bebek

Faktor pakan bebek

Pakan dan minum dapat menunjang keberhasilan dalam pemeliharaan bebek pedaging sekitar 60%. Untuk menghasilkan bebek dengan berat badan yang layak untuk dijual, peternak perlu menyediakan pakan yang sesuai dengan syaratnya yaitu penggunaan konsentrat atau voer. Pakan mengandung nutrisi sangat dibutuhkan oleh bebek. Untuk minum perlu pemberian multivitamin.

Faktor pemeliharaan

Faktor pemeliharaan bebek

Faktor pemeliharaan bebek

Keberhasilan dalam pemeliharaan juga sangat menentukan faktor pemeliharaan. Pemeliharaan dengan sistem intensif diyakini lebih menghasilkan bebek dengan produktivitas yang tinggi jika dibandingkan dengan sistem pemeliharaan dengan sistem semi intensif atau ekstensif yang pada umumnya hanya diumbarkan saja sehingga pakan dan minum belum sepenuhnya terperhatikan oleh peternak. Faktor pemeliharaan mempengaruhi 20% dari keberhasilan beternak bebek pedaging.

Faktor kandang

Kandang dengan sistem sanitasi yang baik dan ventilasi yang lancar juga mempengaruhi keberhasilan pemeliharaan bebek sekitar 20%. Sistem kandang yang baik akan mempengaruhi produktivitas karena kandang merupakan tempat tinggal, tempat mengasuh anakan bebek, pembesaran bebek, tempat untuk beraktivitas bebek dan tempat menyilangkan bebek. Dengan membuat kandang dengan sanitasi dan ventilasi yang baik tentu bebek akan merasa nyaman dan tidak mudah sakit.

Kandang bebek yang baik

Kandang bebek yang baik

Baca juga:
2 Metode Pemilihan Bibit Bebek yang Baik Untuk Dijadikan Bibit yang Unggul

Kami menyediakan DOD bebek dan bisa mengirimkan ke segala wilayah di Indonesia.

Silahkan hubungi kami untuk mendapatkan DOD bebek baik untuk wilayah Pulau Jawa maupun wilayah luar Pulau Jawa. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait:

Ternak bebek intensif, budidaya bebek lokal, beternak bebek peking, harga jual bebek mojosari, pemeliharaan bebek Alabio, bebek petelur, bebek pedaging, bebek yang potensial sebagai pedaging dan petelur, pakan bebek, ternak bebek tanpa menggunakan air yang banyak, bebek champbell, harga DOD bebek peking, bebek hibrida, bebek lokal, bebek magelang, bebek petelur dan pedaging, kebutuhan pakan bebek petelur per hari, pakan bebek pedaging agar cepat besar, analisa biaya ternak bebek pedaging, itik pedaging 40 hari panen, analisa ternak bebek petelur 100 ekor, campuran pakan bebek pedaging, pakan bebek petelur untuk 100 ekor

*Yuni Ambarwati*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *