Ayam Serama yang Mungil dan Unik Namun Percaya Diri Saat Mengkuti Kontes

By | August 31, 2017

Ayam Serama  yang Mungil dan Unik Namun Percaya Diri Saat Mengkuti Kontes

Ayam Serama merupakan salah satu ayam hias yang cukup unik dibandingkan ayam jenis lainnya. Perawakannya yang mungil dengan bulunya yang indah, dadanya tampak membusung membuat kita terhibur kala melihatnya. Ayam Serama termasuk ayam yang jinak hingga kita bisa dengan mudah mendekatinya. Dibandingkan dengan ayam Kate, Ayam Serama mempunyai postur yang lebih mungil dan dadanya lebih membusung.

Sepasang Ayam Serama Indukan

Sepasang Ayam Serama Indukan

Ayam Serama bukan merupakan ayam asli dari Indonesia. Ayam Serama berasal dari negeri Malaysia.  Sering dengan minat orang akan Ayam Serama, kini Ayam Serama makin menyebar hingga penjuru nusantara. Apalagi dengan maraknya berbagai kontes di kota-kota besar makin menambah gairah orang untuk memelihara Ayam Serama. Orang juga menangkarkan agar bisa menghasilkan Ayam Serama unggulan yang bisa diikutkan dalam lomba.

Ayam Serama mempunyai beberapa jenis ;

1.Ayam Serama Jenis Slim

Ayam jenis ini adalah yang pertama kali ditemukan yang menjadikan orang mengenal ayam Serama. Ayam jenis ini mempunyai postur tegak dan dikenal dengan ayam yang sombong

2.Ayam jenis Apple / Bold

Ayam Serama jenis ini dikenal pada awal dekade tahun 2000an tepatnya pada tahun 2003-2004. Serama jenis ini mempunyai postur yang sedikit berbeda dibandingkan dengan Serama jenis Slim. Postur ayam Serama jenis Apple atau Bold ini tegap dengan dada besar dan kaki agak pendek mirip dengan buah apel.  Maka tidak mengherankan bila ayam jenis ini dikenal dengan Serama apel.

3.Ayam Serama jenis Ideal

Ayam Serama ini merupakan hasil dari perkawinan silang jenis Apple dengan jenis Slim. Untuk mendapatkan jenis ideal bukanlah mudah karena dari 100 hasil kawin silang hanya sekitar 5-8 yang dapat dikategorikan serama Ideal. Ayam Serama jenis ini mempunyai postur ramping, dada besar membusung . Ayam Serama jenis Ideal adalah yang sering digunakan untuk kontes.

Dalam kontes ayam Serama terbagi dalam beberapa grade :

  1. Dewasa Kelas Utama

Dewasa dengan bulu tumbuh maksimal dan berat kurang dari 360 gram

  1. Dewasa Kelas Madya

Ayam dewasa dengan berat antara 360-450 gram

  1. Betina Dewasa
  2. Dewasa tanpa ekor
  3. Jantan Muda
  4. Betina Muda
  5. Jantan Remaja
  6. Betina Remaja
  7. Anakan

Mulai dari umur  1-2,5 bulan sampai 5,5 bulan.

Para pecinta ayam Serama sering mengadakan kontes yang diadakan dikota-kota besar. Kami menemukan permintaan ayam serama yang cukup banyak dari daerah Surabaya, Makassar, Semarang, Yogyakarta, Depok, Medan dan tentu saja dari Jakarta. Yang kriterianya adalah mampu tampil dengan bagus dari segi bentuk tubuh/ postur, bulu, kesehatan dan mentalnya. Postur tubuh yang bagus bila Serama tegap, dada membusung ke depan dan kepala ditarik ke belakang. Sayap turun hampir menyentuh tanah.  Warna bulu bagus tidak kusam. Apalagi bila ada perpaduan warna jenis wido,putih, merah, hitam ,jalak dan lain-lain. Untuk berat badan usahakan tidak melebihi 500 gram, karena akan mempengaruhi nilai penjurian. Tinggi badan hanya sejengkal tangan orang  dewasa.

Demikian sekelumit informasi tentang ayam Serama.  Semoga bermanfaat.

Kata terkait:

Jual ayam serama, ayam serama, ternak ayam serama, bibit ayam serama, harga ayam serama

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *