Analisis Usaha Peternakan Ayam Kampung Super yang Menguntungkan

Analisis Usaha Peternakan Ayam Kampung Super  yang Menguntungkan

Ayam Kampung Super merupakan usaha ternak yang cukup menguntungkan karena permintaan daging dari tahun ke tahun mengalami kenaikan. Hal itu dikarenakan beternak ayam kampung biasa banyak menemui masalah yaitu pertumbuhan ayam yang cenderung lebih lambat jika dibandingkan dengan Ayam Kampung Super yang bisa di panen dalam waktu 60 hari atau 2 bulan ini. Ayam Kampung Super merupakan persilangan dari ayam kampung (jantan) dan ayam petelur (betina). Masa panen Ayam Kampung Super yang cepat dan dapat memberikan keuntungan yang cukup menggiurkan dan tingkat kematian ayam yang relatif lebih rendah, serta penghematan biaya pemeliharaan dan pakannya. Di sini maka perlunya kita mempelajari analisis usaha peternakan ayam kampung super.

Harga jual ayam kampung juga tergolong tinggi jika dibandingkan dengan ayam broiler, harga Ayam Kampung Super berkisar antara 25.000 sampai 28.000 per kg. Penentuan harga tentu mengikuti hukum ekonomi dengan keadaan pasar, penawaran dan permintaan. Cara pemeliharaan ayam ini relatif lebih mudah dan simpel, kandang yang dibuat tidaklah menggunakan bahan yang dibeli dengan harga yang tinggi. Vitamin, suplemen, obat dan vaksinasi juga perlu untuk menunjang perkembangan ayam ini.

Analisis Usaha Peternakan Ayam Kampung Super

Analisis Usaha Peternakan Ayam Kampung Super

  1. Konsumen ayam kampung super dari tahun ke tahun mengalami peningkatan.

Hampir semua orang menyukai daging ayam jawa ini sehingga untuk memasarkan ayam ini tidak tergolong sulit. Usaha kuliner dan restoran pun sekarang sudah banyak yang menyediakan menu makan ayam ini.

  1. Kendala dalam usaha beternak ayam kampung super

Kendala atau masalah yang terjadi dalam beternak ayam jawa ini adalah ketika ayam terserang penyakit seperti flu burung.

  1. Pemasaran daging ayam kampung super

Pemasaran yang bisa Anda lakukan adalah dengan mengenalkan usaha yang Anda miliki kepada teman-teman, tetangga, pemasaran melalui mulut ke mulut atau bisa dengan cara online karena saat ini perkembangan teknologi sudah sangat pesat. Melakukan penawaran ke restoran dan rumah makan bisa juga menjadi strategi pemasaran yang cukup jitu.

  1. Tips sukses dalam beternak ayam kampung super

Hal yang paling penting adalah menjaga kesehatan ayam, bisa Anda lakukan dengan memberikan vaksin pada ayam jawa, dan selalu bersihkan kandang agar ayam terbebas dari serangan penyakit.

Beternak Ayam Kampung Super memiliki prospek yang lebih baik daripada beternak jenis unggas yang lain, hal ini dikarenakan Ayam  Kampung Super memiliki banyak keuntungan, diantaranya sebagai berikut :

  1. Memiliki fisik dan corak yang sama seperti ayam kampung.
  2. Harga jual relatif lebih tinggi jika dibandingkan dengan jenis ayam yang lain.
  3. Masa panen ayam yang relatif lebih cepat.
  4. Lebih ramah terhadap lingkungan karena tidak menimbulkan bau yang begitu menyengat.
  5. Pemeliharaan ayam mudah dan ayam tidak mudah terserang penyakit karena memiliki daya tahan tubuh yang lebih tinggi.

Inilah analisis usaha Ayam Kampung Super per 1000 ekor.

  1. Pengeluaran
No Keterangan Jumlah Harga Total
1 DOC ayam jawa super 1.000 5.000 5.000.000
2 Pakan 40 350.000 14.000.000
3 Vaksin dan Vitamin 200.000
4 Biaya lain-lain 100.000
Total 19.300.000
  1. Pengurangan
No Keterangan Harga Jumlah kiloan Total
1 Penjualan ayam 27.000/ kg 0.95 kg x 980 = 931 kg Rp. 24.206.000
Total Rp. 24.206.000

Keuntungan = Pemasukan – pengeluaran = Rp. 24.206.000 – Rp. 19.300.000 = Rp. 4.906.000

DOC Ayam Jawa Super (joper)

DOC Ayam Jawa Super (joper)

Untuk persiapan kandang ayam kampung super Anda bisa membaca di:
Bagaimana mempersiapkan kandang Ayam Kampung super atau Ayam Jawa Super (joper)

Analisis usaha di atas sebagai bentuk dari kita dalam merencanakan sebuah usaha. Namun memang pada prakteknya bisa berbeda-beda di setiap peternak ayam kampung super yang telah menjalankanya. Lokasi kandang ternak ayam kampun super memang menjadi salah satu poin kesuksesan tersendiri. Sebagai contoh lokasi kandang ternak ayam kampung super yang berada di Kalimantan kemungkinan akan mendapatkan harga pakan ayam yang lebih mahal di bandingkan dengan harga pakan ayam di pulau Jawa. Semoga dengan artikel ini dapat membantu Anda untuk memulai tahapan memulai ternak ayam kampung super dengan menganalisa usaha tersebut terlebih dahulu.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam kampung super yang bisa kami kirimkan ke seluruh Indonesia yang terjangkau oleh kargo hewan. Silahkan hubungi kami kapan saja di :

SMS/CALL/WHATSAPP

0856-4772-3888

Indosat:
0856-4772-3888
0857-2932-3426
Telkomsel:
0812-2028-8686
0822-2123-5378
AXIS:
0838-6918-5523

Kata terkait :

ayam kampung super, pakan ayam kampung, DOC ayam kampung, harga DOC joper ayam kampung super, bisnis peternakan yang menguntungkan, analisa ternak ayam kampung super, kandang ayam kampung super, Jual DOC ayam kampung super, Harga DOC Ayam Kampung, ternak ayam kampung super

 

Ringkasan Produk
product image
Peringkat
1star1star1star1star1star
Aggregate Rating
3 based on 12 votes
Produsen
hobiternak.com
Nama Produk
DOC atau Bibit Ayam Kampung Super (JOPER/Jawa Super)
No HP
0812-2028-8686
Metode Pemesanan
Pre-Order Only

8 thoughts on “Analisis Usaha Peternakan Ayam Kampung Super yang Menguntungkan

  1. rahmatbachtiarrizal

    assalamu’alaikum, numpang nanya gan, iseng2 miara ayam karena suka ada sisa makanan, ngebandingin harga kemarin sy jual ayam kampung biasa beratnya 1,2 kg-an dihargain 40rb sama tukang ayam, kalo dibandingin sama harga joper ditulisan ini perkgnya 27rb, kira2 kenapa beda ya gan apa karena kita beda wilayah/harga ayam kampung biasa sama joper memang lebih mahal ayam kampung biasa?

    Reply
    1. admin

      Betul Pak, memang harga bisa beda beda di setiap lokasi. Sebaiknya memang sebelum memulai usaha bisa di pelajari dulu.

      Reply
    1. admin

      Untuk penjualan sebaiknya perlu di pelajari dulu untuk daerah Bapak. Biasanya sudah ada pengepul atau langsung ke rumah makan, restoran yang bisa menerima.

      Reply
  2. Pingback: Perawatan Ayam Kampung Super (Joper) - Sejak Umur 21 Hari

  3. Pingback: Temukan Peluang dalam Sisi Lain dari Usaha Beternak Ayam - Jual Ayam Hias

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *