4 Manfaat Penting Buah Mentimun untuk Burung Kenari

By | September 27, 2016

4 Manfaat Penting Buah Mentimun untuk Burung Kenari

Burung kenari mempunyai kegemaran memakan biji-bijian dan juga makan sayuran. Salah satu sayuran yang disukai burung kenari ini adalah mentimun. Mentimun adalah sayuran yang memiliki kandungan air yang tinggi, dan ini sangat bagus untuk mendukung stamina burung kenari agar tetap fit. Mentimun sangat bermanfaat diberikan pada burung kenari saat cuaca panas, fungsinya untuk menyegarkan tubuh kenari. Mentimun juga dapat membersihkan tenggorokan kenari yang berlendir. Bila sayur ini dikonsumsi manusia biasanya sebagai lalapan namun apabila untuk burung kenari cukup dipotong secukupnya lalu digantungkan di sangkar. Alangkah lebih baik jika yang diberikan pada burung kenari itu merupakan mentimun yang masih muda dan kita bisa membuang bijinya terlebih dahulu.

 Burung kenari mempunyai kebiasaan mengkonsumsi sayur-sayuran, akan tetapi sebagai pemilik yang baik harus bisa memilih sayuran yang tepat untuk burung kenari di situasi dan kondisi eksklusif. Sebab jenis sayuran satu dengan yang lainnya mempunyai tekstur dan manfaat yang bermacam-macam. Jadi diharapkan untuk bijak dalam memberikan sayuran yang tepat untuk burung kenari ini agar hasil yang didapatkan lebih memuaskan.

Mentimun untuk kenari, efek mentimun untuk kenari, khasiat mentimun untuk kenari, pemberian mentimun pada kenari, manfaat mentimun

Manfaat Mentimun untuk Kenari

Apa saja manfaat mentimun untuk burung kenari ?

  1. Mengatasi kegemukan

Apabila burung kenari mengalami masalah dengan berat badan di tubuhnya, mentimun sangat bagus untuk menurunkan tingkat kegemukan. Karena burung kenari yang terlalu gemuk menjadi penyebab bahwa burung ini jarang berbunyi. Adapun cara pemberian mentimun bisa kita iris tipis lalu kita sajikan pada burung dengan mengaitkan ke kandang.

  1. Melancarkan sistem pencernaan

Pemberian sayuran di burung sesuai dengan kebutuhan, idealnya wajib selang seling supaya burung kenari tidak bosan dan tetap memakannya. Namun yang wajib diingat pemberian sayur juga disesuaikan dengan kondisi burung, jadi jangan berlebihan. Apabila pemberian mentimun terlalu banyak bukannya burung kenari bisa sehat tapi malah bisa diare.

  1. Sebagai pakan praktis saat pengiriman burung kenari ke pembeli

Bila kita seorang peternak atau pedagang yang sering menjual burung kenari, maka buah mentimun inilah yang menjadi pakan alternatif yang sangat tepat saat pengiriman burung. Karena sayur ini mempunyai kandungan air cukup tinggi sehingga kita tidak wajib lagi menambahkan air minum di dalam kandang saat pengiriman, mengingat apabila diberi minum bisa tumpah sehingga burung kenari rawan mati di dalam kandang karena kehausan.

  1. Menurunkan birahi burung kenari

Manfaat mentimun pada burung kenari yang tidak kalah penting adalah bisa menurunkan tingkat birahi. Penting Anda ketahui bahwa burung kenari terlalu over birahi, itu semua sangat tidak baik terutama saat burung akan dilombakan diajang kontes lomba burung. Pada saat itu burung kenari tidak bisa diam berkicau ngerol melainkan ia akan meloncat kesana kemari, karena ia sedang over birahi.

Mentimun untuk kenari, efek mentimun untuk kenari, khasiat mentimun untuk kenari, pemberian mentimun pada kenari, manfaat mentimun

Mentimun Bagi Burung Kenari

Baca juga!
6 Jenis Makanan Agar Suara Burung Kenari Gacor Ngerol

Kata terkait:

Mentimun untuk kenari, efek mentimun untuk kenari, khasiat mentimun untuk kenari, pemberian mentimun pada kenari, manfaat mentimun

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *