Mengenal 4 Jenis Penyebab Penyakit Berak Hijau yang Menyerang Ayam Kampung Super dan Cara Mengatasinya

Mengenal 4 Jenis Penyebab Penyakit Berak Hijau yang Menyerang  Ayam Kampung Super dan Cara Mengatasinya

Berak hijau menjadi hal yang cukup menakutkan bagi peternak Ayam Kampung Super, terutama saat musim penghujan. Penyakit ini sering disebut dengan kolera, dan disebabkan oleh bakteri pasteurella multocida. Pada musim penghujan, situasi yang lembab akan membuat bakteri ini berkembangbiak dengan sangat cepat. Apalagi saat kondisi kandang kurang terjaga kebersihannya akan membuat penyakit ini mudah menyerang dan menular ke semua ayam.

Penyakit berak hijau adalah berak yang berwarna hijau yang gejala atau ciri-ciri dari berbagai macam penyakit yang menyerang ayam diantaranya adalah Tetelo atau ND, AI (Afian Influenza), Kolera (berak hijau), dan malaria. Namun berak hijau juga dapat terjadi pada ayam yang tidak diberi makan dalam jangka waktu lebih dari 10 jam. Sebelum Anda melakukan pengobatan terhadap ayam yang terkena penyakit ini sebaiknya Anda mencermati ciri-ciri lain yang terjadi pada ayam agar pengobatan yang Anda lakukan bisa sesuai dengan penyakit yang diderita oleh ayam.

BOX DOC Ayam Kampung Super

BOX DOC Ayam Kampung Super

Berikut ciri ciri dari masing-masing penyakit :

  1. Tetelo/ ND
  • Ayam terlihat lemas dan lesu
  • Ayam ngorok dan sesak nafas
  • Kotoran atau feses berwana hijau
  • Mata sayu
  • Sayap ayam terkulai
  • Apabila sudah terlanjur parah akan terjadi kejang dan leher akan terpelintir
Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, obat berak kapur pada unggas, berak encer seperti air, obat herbal berak kapur, Jual DOC Ayam kampung super, Harga DOC Ayam Kampung Super (DOC Joper)

Penyakit Tetelo Pada Ayam Kampung Super

  1. AI (Afian Influenza)
  • Jengger berwarna biru
  • Kotoran udara berwarna hijau
  • Mata bengkak
  • Terjadi kelumpuhan
  1. Kolera (berak hijau)
  • Keluar cairan dari hidung dan mulut
  • Jengger berwarna biru kehitaman
  • Nafsu makan berangsur angsur menurun
  • Bisa terjadi pembengkakan pada sambungan lutut sehingga ayam bisa sampai mengalami kelumpuhan
  • Jika terjadi komplikasi dengan snot atau corisa maka di bagian wajah ayam bisa membengkak
  1. Malaria
  • Ayam lesu dan lemas
  • Kotoran berwarna hijau
  • Terdapat bintik bintik pada organ dalam

Untuk menentukan jenis penyakit yang tepat pada Ayam Kampung Super merupakan langkah yang tepat sehingga penanganan terhadap penyakitnya juga harus tepat. Untuk mengenali jenis penyakit berak hijau terdapat beberapa gejala yang biasa muncul antara lain :

Cara penularan penyakit ini sifatnya horizontal  yaitu berasal dari ayam yang terinfeksi berak hijau dan menular ke ayam jawa yang sehat. Penularan bisa terjadi melalui tempat makan dan minum. Cara penularan yang lain bisa terjadi karena perpindahan kandang yang sudah terkena penyakit ke kandang yang sehat.

Ayam yang terkena penyakit kolera harus segera di karantina. Penularan penyakit berak hijau bisa terjadi secara vertikal dari indukan kepada anakannya. Oleh karena itu indukan yang sudah terjangkit penyakit kolera sebaiknya jangan dijadikan bibit indukan. Dalam penyimpanan pakan yang kurang baik, misalnya pakan di letakkan pada tempat yang terlalu lembab akan membuat bakteri penyebab berak hijau akan berkembang biak di dalam pakan. Jika pakan yang Anda berikan pada ayam sudah terkontaminasi dengan bakteri penyebab berak hijau, maka dapat dipastikan ayam juga akan terserang penyakit kolera atau berak hijau.

Pencegahan yang dapat dilakukan untuk mengatasi penyakit berak hijau adalah :

Dengan cara memperhatikan sanitasi kandang dan lingkungan sekitar kandang, kebersihan kandang, kebersihan tempat pakan dan minum, lantai dan dinding kandang pun juga harus terjaga kebersihannya, dan membersihkan peralatan sebelum dan sesudah digunakan.   Penyemprotan menggunakan antiseptik pada kandang dan peralatan pun juga penting untuk dilakukan.

Kandang ayam yang jarang dibersihkan akan membuat kandungan amoniak semakin banyak dan menumpuk. Karena itu diperlukan pembersihan kandang dan di setiap kandang harus terdapat fentilasi yang cukup dan baik agar udara di dalam kandang bisa berganti dengan udara luar dan dapat mencegah bakteri penyebab berak hijau berkembangbiak. Kualitas pakan juga harus dijaga dengan baik, jangan sampai pakan yang diberikan berkualitas buruk dan dapat menyebabkan ayam terserang penyakit korela.

Pengobatan yang bisa Anda berikan antara lain :

Apabila penyakit sudah terlanjur menyerang Ayam Kampung Super, langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah mengkarantina ayam yang sakit. Ayam yang terkena penyakit ini sebaiknya segera diberikan pengobatan. Kandang ayam yang terserang penyakit sebaiknya disemprot menggunakan antiseptik.

Obat yang digunakan untuk mengobati penyakit kolera atau berak hijau adalah yang mengandung antibiotik yang akan membunuh bakteri penyebab berak hijau. Antibiotik yang disuntikkan antara lain coccilin, furozolidon dan lainnya. Bagian yang Anda suntik sebaiknya di bagian dadanya. Berak hijau juga bisa disembuhkan dengan menggunakan antibiotik seperti ampisol dan noxal.

Kata terkait :

Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, jual DOC ayam kampung super, obat berak kapur pada unggas, berak encer seperti air, obat herbal berak kapur, Jual DOC Ayam kampung super, Harga DOC Ayam Kampung Super (DOC Joper)

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *