4 Faktor Penting Dalam Budidaya Ayam Kampung Super

4 Faktor Penting Dalam Budidaya Ayam Kampung Super

Budidaya Ayam Kampung Super memiliki peluang yang cukup besar bila ditekuni. Saat ini Ayam Kampung Super tengah populer dikalangan para peternak ayam kampung. Memelihara Ayam Kampung Super akan lebih cepat dirasakan keuntungannya. Dengan begitu budidaya ayam ini akan lebih singkat sehingga akan menghemat pakan maupun biaya pemeliharannya.

Budidaya Ayam Kampung Super sama halnya dengan pemeliharaan ayam kampung/ ayam kampung biasa, hanya saja terdapat perbedaan dari pola pemeliharaannya. Jika biasanya ayam kampung dipelihara dengan cara diumbar sehingga ayam dibiarkan berkeliaran tanpa dikandangkan berbeda dengan pola pemeliharaan Ayam Kampung Super yang mana dipelihara dengan intensif. Sistem pemeliharaan Ayam Kampung Super secara intensif yaitu pemeliharaan ayam dari anakan dan dibesarkan di dalam kandang.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Pemeliharaan Ayam Kampung Super dengan cara intensif tentu akan berbeda dengan pemeliharaan ayam kampung yang diumbar. Dengan pemeliharaan yang intensif, ayam akan lebih terperhatikan mulai dari pakan, minum hingga kesehatannya.

Dalam budidaya Ayam Kampung Super ada faktor-faktor penting yang perlu diketahui,

Apa saja faktor-faktor penting yang perlu diketahui dalam budidaya Ayam Kampung Super?

Berikut faktor-faktor penting dalam budidaya Ayam Kampung Super

  1. Pemilihan bibit Ayam Kampung Super

Bibit Ayam Kampung Super atau yang biasa dikenal dengan DOC Joper ini karena biasanya pemeliharaan ditujukan untuk diambil dagingnya maka memilih DOC dari indukan yang berkualitas dengan pertumbuhan yang cepat memang cukup penting. Waktu penetasan DOC juga cukup penting sebaiknya untuk waktu penetasan tepat di 21 hari tidak terlalu cepat dan tidak terlalu lama.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

Berikut ciri-ciri DOC Ayam Kampung Super yang baik

  1. Badan tegap
  2. Tidak cacat
  3. Sehat
  4. Mata bersinar
  5. Bulu bersih dan mengkilap

  2.Pakan Ayam Kampung Super

Pakan merupakan kebutuhan yang memegang peranan penting yang dapat mempengaruhi pertumbuhannya. Pakan yang diberikan untuk Ayam Kampung Super juga relatif mudah untuk didapatkan.

Pakan Ayam Kampung Super antara lain:

Konsentrat, dedak, jagung. Untuk pakan alternatif bisa diberikan pakan dari pabrik seperti mie bihun, mie instant yang sudah diremuk, makan dari sisa dapur dan pakan alternatif lainnya yang dapat menghemat biaya produksi sehingga selain waktu tunggu yang cepat, biaya produksi juga lebih hemat.

Untuk minuman Ayam Kampung Super bisa disediakan setiap saat di tempat minuman.

DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

  1. Kandang Ayam Kampung Super

Untuk kandang Ayam Jawa Super dibagi menjadi 3 jenis dibagi menjadi kandang box, kandang postal dan kandang baterai.

Kandang Box biasa diberikan anakan/ DOC Ayam Kampung Super yang unggul. Kandang BOX tersebut biasanya berukuran 1×1 m yang dapat menampung 45-50 DOC. Biasanya DOC akan dipelihara dalam box kurang lebih sekitar 20 hari dengan diberikan lampu penghangat yang suhunya sekitar 32⁰C .

Saat sudah memasuki usia 20 hari DOC biasanya dipindahkan ke dalam kandang pembesaran atau kandang postal. Untuk ukuran kandang disesuaikan dengan jumlah ayam yang akan dipelihara. Ayam dipelihara dalam kandang postal hingga masa panen tiba.

Box DOC Ayam Kampung Super

Box DOC Ayam Kampung Super

  1. Pengendalian penyakit

Penyakit yang menyerang ayam memang menjadi hal cukup dikhawatirkan, maka dari itu pengendalian penyakit perlu untuk dilakukan.

Berikut beberapa hal yang perlu dilakukan untuk pengendalian penyakit pada Ayam Kampung Super:

  1. Menjaga sanitasi kandang dan peralatannya
  2. Memberikan pakan yang masih segar dan sesuai kebutuhan
  3. Memilih lokasi ternakan yang dinilai bebas penyakit
  4. Manajemen pemeliharaan yang baik
  5. Kontrol terhadap binatang lain
  6. Pemberian vaksinasi secara teratur
DOC Ayam Kampung Super

DOC Ayam Kampung Super

4 faktor penting dalam berbudidaya Ayam Kampung Super memang perlu untuk diterapkan dengan begitu mulai dari tahap pemilihan bibit, pemberian pakan, penentuan jenis kandang sesuai dengan usia ayam hingga pengendalian penyakit yang suatu saat bisa saja menyerang peternak Ayam Kampung Super maka dari itu perlu dilakukan secara bertahap.

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

Ayam Jawa, Ayam Kampung, DOC Ayam Kampung Super, Ayam Kampung Super, Ternak Ayam Kampung Super, Peternak Ayam Kampung Super, Jual DOC Ayam Kampung Super, Harga DOC Ayam Kampung Super

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *