4 Cara Memelihara Ayam Batik yang Eksotis

4 Cara Memelihara Ayam Batik yang Eksotis

Ayam Batik biasa disebut dengan ayam sebright. Ayam Batik berasal dari negara Inggris yang dikembangbiakkan oleh Sir John Sebright. Ayam ini mempunyai ciri khas, yaitu bulu batik pada tubuh dan ekor pada ayam jantan maupun ayam betina. Ayam sebright dibagi menjadi dua yaitu sebright cokelat yang biasa disebut dengan batik kanada atau gold sebright dan batik Itali atau biasa disebut dengan silver sebright. Keunikan yang terdapat pada ayam ini terdapat pada bulunya yang menyerupai batik, oleh karena itu banyak orang menyebut ayam ini dengan sebutan ayam batik.

Ayam Batik termasuk hewan yang belum lama dibudidayakan di Indonesia. Ayam batik memang berasal dari Inggris, tetapu bibit yang berkembang di Indonesia diduga berasal dari Itali, oleh sebab itu ayam ini juga disebut dengan ayam batik itali. Menurut masyarakat, ayam batikl sudah lama dikembangbiakkan sejak dahulu, namun Ayam Batik hanya dimiliki oleh orang-orang tertentu saja. Dahulu kebanyakan orang memelihara ayam ini untuk dikonsumsi atau untuk di ambil dagingnya. Namun setelah berkembangnya zaman banyak orang yang mengetahui bahwa ayam batik lebih cocok untuk dijadikan ayam hias yang mempunyai nilai jual yang lumayan bagus, tidak banyak diantara masyarakat di Indonesia membudidayakan ayam ini sebagai usaha berbisnis ayam hias.

Ayam Batik Itali Dewasa

Ayam Batik Itali Dewasa

Untuk memelihara Ayam Batik perlu Anda persiapkan dan perhatikan terlebih dahulu, yaitu :

1. Persiapan kandang

Sebelum Anda membuat kandang sebaiknya perhatikan beberapa hal sebagai berikut, memilih lokasi kandang yang kering dan tidak lembab, kandang tidak mudah tergenang air, kandang tidak menyatu dengan rumah (sekitar 10 m dari rumah), kandang diusahakan dalam keadaan bersih, dan harus mempunyai ventilasi untuk mendapatkan sinar matahari yang cukup.

Jika Anda ingin membuat kandang sebaiknya menggunakan sistem semi intensif, yaitu kandang dibuat besar sehingga ayam bisa bebas berkeliaran dan untuk menghindari kelumpuhan ayam. Kandang yang baik sebaiknya berisi ayam batik dengan perbandingan 1:10 yaitu 1 ayam batik jantan dengan 10 ayam betina. Namun jika Anda ingin mendapat hasil yang maksimal, Anda bisa menggunakan perbandingan 1:5 atau 1:6.

Ayam Batik Kanada Dewasa

2. Melakukan perkawinan

Jika Anda ingin memilih ayam untuk dijadikan indukan, Anda bisa memilih Ayam Batik yang mempunyai corak batik yang cerah dan indah, motif garis yang relatif sama ukurannya, postur tubuh yang ideal, dan tubuh ayam tidak terlalu tegak. Untuk ayam batik jantan sebaiknya hindari memilih ayam yang mempunyai bulu leher seperti ayam jago, ekor melengkung ke atas seperti ayam kipas. Ayam jantan memiliki jengger yang berguna sebagai pembeda antara ayam jantan dan betina.

Ayam Batik yang dikawinkan sebaiknya dengan perbandingan 1:10. Namun jika Anda menginginkan hasil yang bagus bisa dengan menggunakan perbandingan 1:6. Dalam sekali bertelur ayam batik bisa memproduksi telur hingga 12-15 butir. Dan setiap tahunnya bisa bertelur hingga 6-7 kali. Jika Anda ingin memelihara ayam batik untuk mendapatkan ayam dalam jumlah yang banyak, Anda bisa mengeramkan telur ayam dengan menggunakan mesin penetas telur dan untuk membesarkan anakannya dengan box pemanas. Sehingga ayam batik betina siap untuk dikawinkan kembali 2 minggu setelah ayam mengalami proses bertelur.

Ayam Batik Itali Dewasa

Ayam Batik Itali Dewasa

3. Pemeliharaan anakan ayam dan kebersihan kandang

Dalam kurun waktu 21 hari, telur ayam batik akan menetas. Setelah itu anak ayam yang baru saja menetas akan dimasukkan ke dalam box pemanas yang diberi sinar lampu 40 watt. Setelah ayam berumur 2 minggu sinar lampu bisa Anda turunkan menjadi 20 watt. Pakan yang bisa Anda berikan adalah voer atau BR1 yang bisa diberikan sebanyak 3 kali dalam sehari. Bisa juga Anda selingi dengan memberikan irisan sayur seperti daun kangkung dan daun kol yang dapat digunakan untuk menjaga kesehatan ayam.

Dalam membersihkan kandang dan tempat pakan dan minum sebaiknya dilakukan setiap hari. Hal ini berguna untuk menjaga kesehatan ayam dan menjaga keindahan serta kecerahan bulu ayam. Karena yang menarik dari ayam batik ini adalah keindahan bulunya.

Ayam Batik Kanada Dewasa Jantan

Ayam Batik Kanada Dewasa Jantan

4. Pengendalian terhadap penyakit

Penyakit yang menyerang ayam terjadi karena kurang pedulinya Anda dengan kondisi kandang ayam yang kotor. Penyakit yang menyerang ayam biasanya disebabkan karena kotoran ayam yang jarang dibersihkan, kandang terlalu penuh sesak, fentilasi yang kurang sehingga menyebabkan kandang lembab. Penyakit yang biasa terjadi adalah tetelo, diare, cacingan, kekurangan vitamin B1, dan lain sebagainya. Hal yang bisa Anda lakukan untuk mencegahnya adalah dengan rutin membersihkan kandang dan melakukan imunisasi pada anak ayam sejak ayam berumur 4 hari. Pada umur ayam yang menginjak usia 2 bulan, tubuhnya relatif lebih kuat dan sudah bisa dilepas. Sebaiknya vaksin diberikan kedua kali pada usia ini agar tubuh ayam memiliki antibodi untuk melawan penyakit tetelo.

Ayam Batik Itali Usia 3 Bulan

Ayam Batik Itali Usia 3 Bulan

Dan jika Anda ingin mencoba menetaskan telur ayam batik kanada dan batik itali, kami menyediakan telur ayam batik yang siap di tetaskan baik dengan indukan ayam lain maupun dengan mesin penetas telur. Bagi anda yang lebih memilih bibit atau anakan ayam batik kami juga bisa mengirimkan ke seluruh penjuru Indonesia yang terjangkau kargo hewan. Untuk ayam batik kanada dan batik itali dewasa juga bisa Anda pesan di jualayamhias.com. Lihat daftar harga ayam hias terbaru di DAFTAR HARGA dan hubungi kami sekarang di:

SMS/CALL
0812 2028 8686

WHATSAPP
0856 4772 3888

Kata terkait:
harga ayam batik, ayam batik kanada, ayam batik itali, harga ayam hias, jual ayam hias, memelihara ayam batik kanada, memelihara ayam batik itali, jenis ayam hias, cara ternak ayam batik, ternak ayam batik, jual ayam batik, harga ayam batik

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *