3 Tips Supaya Anak Ayam Kampung Super Bisa Tumbuh dengan Cepat

3 Tips Supaya Anak Ayam Kampung Super Bisa Tumbuh dengan Cepat

Pertumbuhan Ayam Kampung Super dirasa tidak bisa cepat besar dan tidak beragam oleh para peternak yang baru memulai usaha ini. Namun, hal ini terjadi karena ayam peternak yang baru belum memahami teknis atau cara bagaimana membudidayakan ayam ini. Jenis pakan yang diberikan pada ayam jawa juga sangat berpengaruh terhadap pertumbuhan ayam. Biasanya para peternak yang baru awalan memelihara ayam jawa akan memberikan pakan pabrikan (broiler), namun untuk tahap finish atau tahap akhir biasanya para peternak memberikan pakan pabrik yang dicampur dengan jagung giling atau bekatul. Justru hal ini dapat menyebabkan nutrisi yang diserap oleh tubuh ayam menjadi lebih rendah sehingga ayam yang tumbuh menjadi tidak beragam.

BOX DOC Ayam Kampung Super

BOX DOC Ayam Kampung Super

Bagaimana cara membuat Ayam Kampung Super tumbuh secara beragam ?

Berikut  3 tips membuat Ayam Kampung Super tumbuh secara beragam

  1. Dibuat kelompok ayam jawa kecil

Dengan dibuat secara berkelompok tentu akan mengurangi persaingan pakan dan dapat membuat ayam mendapatkan makanan yang seimbang antar ayam. Biasanya setiap kelompok diisi dengan 50 ekor anak ayam.

  1. Ukuran kandang dibuat cukup luas

Kandang dibuat cukup luas agar ayam bisa nyaman untuk makan dan minum di dalam kandang, berikan juga fentilasi yang baik agar udara di dalam kandang bisa berganti dengan udara yang baru. Karena kandang yang tidak terdapat fentilasi di dalamnya akan bau dan pengap.

  1. Pemisahan antara jenis kelamin jantan dan betina

Pemisahan Ayam Jawa Super di dalam kandang sebaiknya dibedakan jenis kelaminnya. Pemisahan jenis kelamin bisa dimulai mulai ayam jawa berumur 1 bulan.

  1. Perlakuan khusus

Setelah dilakukan pemisahan antara ayam jantan dan betina sebaiknya diberlakukan khusus untuk ayam betina, karena pertumbuhan ayam betina  lebih lambat jika dibandingkan dengan ayam jantan.

Selain membuat ayam jawa tumbuh secara beragam, Anda juga bisa membesarkan anakan ayam jawa dengan cepat, antara lain :

  1. Bibit ayam kampung yang Anda pelihara haruslah jenis Ayam Kampung Super yang cepat tumbuh besarnya. Hal ini agar pertumbuhan ayam bisa cepat dan agar mudah dipacu pertumbuhannya.
  2. Gunakan kandang yang semi insentif, di mana kandang terdapat halaman untuk pengumbaran ayam. Namun lebih baiknya lagi apabila alasnya tanah, sehingga ayam dapat bebas berkeliaran. Sebaiknya di dalam kandang dibuatkan tangkringan dari kayu atau bambu, karena ayam jawa senang melompat-lompat dan bertengger di tangkringan, hal ini yang menyebabkan tubuh ayam jawa besar dan relatif kekar.
  3. Rekayasa ransum atau pakan. Pakan yang dibuat tidaklah sulit, namun pakan yang diberikan sebaiknya yang mengandung protein tinggi. Protein tinggi ini bisa Anda dapatkan di pabrik seperti BR. Biasanya para peternak menggunakan komposisi ransum atau pakan seperti di bawah ini :
  • Anak ayam yang berumur 1-25 hari sebaiknya diberikan 100 % BR. Pada usia ini, berikan lampu penerangan agar tubuh ayam tetap hangat dan bisa makan di malam hari. Air yang diberikan biasanya air rebusan sayuran, contohnya daun pepaya, singkong atau temu-temuan untuk menjaga kesehatan tubuh dan menjaga nafsu makan ayam.
  • Ayam jawa umur 26 hari – 2 bulan sebaiknya diberikan konsentrat daging 20 %, jagung giling halus 30 % dan dedak padi yang halus 40 %, pada umur ayam ini lampu sudah bisa dikurangi secara bertahap.
  • Ayam jawa umur 2 bulanan ke atas sebaiknya diberikan konsentrat daging 20 %, jagung 30 %, dedak padi sekitar 40 %, dan 5 – 10 % tambahan sayuran. Selain itu Anda bisa menambahkan suplemen, vitamin, mineral dan serat. Pemberian pakan sayuran pada ayam bisa Anda berikan dengan memotong kecil-kecil, dan bisa Anda rebus atau diberikan langsung ke pakan ayam.
BOX DOC Ayam Kampung Super (Joper)

BOX DOC Ayam Kampung Super (Joper)

Jika anda menginginkan DOC Ayam Kampung Super. Di jualayamhias.com kami menyediakan DOC  ayam kampung super silahkan hubungi sekarang di :

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata terkait :

Ayam kampung super, DOC ayam kampung super, harga DOC ayam kampung super 2016, ternak yang paling cepat panen, ternak paling cepat untung, ransum unggas, ternak DOC ayam kampung super

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *