3 Bentuk Pakan yang Cocok untuk Pemeliharaan Bebek

3 Bentuk Pakan yang Cocok untuk Pemeliharaan Bebek

Pabrik pakan memang menghasilkan pakan padi dalam tiga bentuk, yaitu halus (mash), butiran (crumble), dan batangan kecil atau yang biasa disebut dengan pelet (pellet).

Di tempat penjualan pakan unggas, kita banyak melihat beberapa jenis bentuk pakan unggas. Apa perbedaan antara bentuk pakan unggas tersebut ? Bentuk pakan unggas mana yang cocok untuk bebek ?

Pakan pellet merupakan hasil pemadatan dari bentuk halus, sedangkan butiran merupakan pellet yang berukuran kecil. Oleh karena itu untuk menghasilkan pelet dan butiran diperlukan proses lebih lanjut setelah bentuk halus. Maka dari itu harga pelet dan butiran lebih mahal dari bentuk halus. Kelebihan pelet dan dan butiran dari bentuk halus adalah setiap butirnya terdapat semua pakan yang digunakan. Walaupun semua pakan telah tercampur, tetapi bahan yang terdapat dalam pakan bentuk halus masih terpisah-pisah.

DOD Bebek Peking

DOD Bebek Peking

Semua bentuk pakan Bebek baik untuk digunakan, asalkan cara pemberiannya benar. Berikut ini pemberian masing-masing bentuk pakan :

1. Bentuk halus

Pakan yang berbentuk halus jangan diberikan dalam bentuk kering melainkan basah. Karena paruh bebek yang lebar dan bergerigi sulit untuk mengambil pakan yang halus dan kering. Namun, jika terpaksa memakan pakan yang kering, sebagian dari pakan tersebut akan menempel di paruhnya. Pakan yang sudah masuk ke dalam rongga mulut akan melekat di langit-langit rongga mulut, lidah dan tenggorokan. Keadaan ini akan merangsang bebek untuk minum agar mudah untuk menelan makanan. Namun pada saat bebek minum sebagian dari pakan yang berada di paruh dan rongga mulut akan tertinggal di dalam air minum dan akan terbuang. Tentu hal ini merupakan pemborosan. Berdasarkan pengamatan, pakan yang tercecer dalam air minum tersebut mencapai 20-30% dari yang dimakan.

Bebek Hibrida

Bebek Hibrida

2. Bentuk butiran

Bentuk pakan butiran ini dapat diberikan secara kering, terutama untuk bebek setelah berumur 1 minggu.

3. Bentuk batang atau pelet

Bebek dewasa dapat memakan pelet dengan panjang mencapai 1 cm dengan garis tengah sampai 0,5 cm tanpa kesulitan untuk menelan.

Dari ketiga jenis bentuk pemberian pakan tersebut dapat disimpulkan bahwa pemberian pakan yang efektif adalah dengan bentuk butiran dan pelet. Bentuk butiran bisa diberikan untuk bebek di atas 1 minggu, dan bentuk pelet sebaiknya diberikan untuk bebek yang sudah dewasa. Jenis-jenis pakan tersebut banyak temukan di toko peternakan.

Bebek Peking

Bebek Peking

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

pakan bebek pedaging, pakan bebek pedaging agar cepat besar, harga mesin pakan ikan, komposisi pakan bebek, jual pakan bebek petelur, cara pemberian pakan bebek pedaging, pakan bebek petelur yang murah, takaran pakan itik petelur, campuran pakan bebek pedaging, harga pakan itik petelur, bebek peking, ternak bebek, telur bebek, bebek petelur, cara ternak bebek, ciri-ciri bebek, budidaya bebek, peternakan bebek, makanan bebek, kandang bebek petelur, bebek hibrida, pakan bebek petelur, itik petelur, bebek pedaging, ukuran kandang bebek petelur 100 ekor, budidaya bebek petelur, itik alabio, harga bebek petelur, harga bebek, budidaya bebek pedaging

*Linda Rahmawati Choiriyah*

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *