2 Persiapan dalam Beternak Bebek Petelur

2 Persiapan Beternak Bebek Petelur

Bebek merupakan nama burung untuk beberapa spesies burung dalam keluarga anatidae. Bebek pada umumnya adalah burung akuatik yang sebagian besar berukuran kecil dibandingkan dengan kerabatnya, angsa dan angsa berleher pendek dan banyak ditemukan diperairan seperti di sungai, rawa dan air laut. Bebek sering disamakan dengan beberapa burung air yang berhubungan jauh dengan Bebek namun mempunyai kemiripan dalam penampilan misalnya loon, grebe dan coot.

Dari tahun ke tahun permintaan Bebek semakin meningkat, baik dari daging, telur dan bulunya, oleh karena itu jika Anda ingin memulai beternak bebek tentu masih terbuka peluang yang cukup besar. Terdapat 3 jenis bebek yaitu Bebek Pedaging, Bebek Petelur dan Bebek Hias (ornamen). Tentu dalam memulai beternak bebek, Anda perlu mempersiapkan beberapa hal yang berhubungan dengan beternak bebek.

Bebek Hibrida

Bebek Hibrida

Apa saja yang perlu dipersiapkan dalam beternak Bebek petelur ?

  1. Mempersiapkan bibit Bebek Petelur

Dalam mempersiapkan bibit Bebek Petelur, terdapat 3 cara yang dapat Anda pilih namun yang banyak dilakukan oleh para peternak adalah membeli DOD (anak bebek yang berumur satu hari). Memang memelihara DOD bebek hingga memasuki masa produksi dan bertelur akan membutuhkan waktu yang cukup lama. Membeli bebek yang berusia remaja adalah membeli bebek yang masih membutuhkan waktu untuk memulai bertelur. Bebek yang siap bertelur adalah sekitar 5-6 bulan.

2. Prosedur Pemeliharaan

Dalam memelihara Bebek terdapat sistem pemeliharaan secara intensif, extensive dan semi intensif. Namun banyak peternak yang memelihara Bebek dengan sistem intensif karena peluang yang dihasilkan akan lebih besar, bebek dikandangkan dan pakan diberikan oleh para peternak.

Berkembangnya sistem pemeliharaan intensif dilatarbelakangi dengan semakin sempitnya lahan untuk beternak namun semakin banyak permintaan Bebek. Oleh karena itu peternak dituntut untuk selalu menjaga mutu daging atau telurnya.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Lokasi kandang yang baik untuk membuat kandang adalah jauh dari pemukiman penduduk, jauh dari lokasi bencana (banjir dan tanah longsor), mudah dalam pendistribusiannya, dekat dengan sumber pakan dan jauh dari sumber bibit penyakit.

Kandang yang dibuat sebaiknya diberikan atap sebagian dan sebagian atapnya tidak kemudian disekelilingnya diberi pagar berupa bilah bambu atau jaring paranet. Kandang yang beratap dipakai untuk tidur dan bertelur. Itulah sebabnya dalam pembuatan kandang, lantainya perlu diberikan sekam atau jerami agar tetap hangat dan dapat mencegah telur pecah.

Bagian yang terbuka merupakan tempat untuk minum dan makan. Lantai kandang ini bisa tanah biasa, anyaman bambu atau semen. Upayakan kandang agar tidak becek dan tetap kering. Usahakan bebek mendapatkan sinar matahari.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Pakan yang dibutuhkan adalah campuran beberapa bahan baku yang dihasilkan oleh industri pertanian. Pakan yang bisa Anda berikan berupa :

Protein

Protein terdiri dari beberapa unsur yaitu karbohidrat, lemak, mineral dan unsur yang lainnya, sehingga protein memang sangat diperlukan oleh bebek. Kebutuhan protein yang dibutuhkan bebek adalah :

  • Bebek usia 0-4 minggu membutuhkan protein sebanyak 18-20%.

  • Bebek yang berusia 5-21 minggu, protein sebanyak 14-16%.

  • Bebek usia 21 minggu ke atas (sudah bertelur) membutuhkan protein 15-17%.

Hasil utama usaha beternak Bebek adalah daging dan telurnya, bebek betina sebagai induk untuk menghasilkan telur, sedangkan bebek jantan sebagai penghasil daging dan kotoran sebagai pupuk tanaman.

DOD Hibrida

DOD Hibrida

Bagi anda yang ingin beternak Bebek kami menyediakan DOD Bebek Peking, Hibrida, Lokal Jantan, DOD Lokal Betina Campbell, DOD Lokal Betina Mojosari yang siap kami kirim ke berbagai daerah di Indoensia. Untuk pemesanan hubungi kami segera di:

SMS/CALL/WHATSAPP
0812 2028 8686

Layanan Pelangan 2
0856-4772-3888 (Indosat)

Layanan Pelangan 3
0822-2123-5378 (Telkomsel)

Layanan Pelangan 4
0857-2932-3426 (Indosat)

Layanan Pelangan 5
0838-6918-5523 (AXIS)

Kata Terkait:

Bebek, Itik, Bebek Hibrida, Bebek Peking, Bebek Lokal Jantan, Bebek Lokal Betina, Bebek Campbell, Bebek Mojosari, ternak bebek petelur modern, pakan ternak bebek petelur, cara ternak itik petelur tanpa air, cara ternak bebek petelur kering, analisa usaha bebek petelur, kandang bebek petelur, harga bebek petelur, ternak bebek entok, makanan bebek, bebek peking, ternak bebek, ternak bebek petelur, telur bebek, bebek petelur, kandang bebek, cara ternak bebek, ciri-ciri bebek, budidaya bebek, beternak bebek, peternakan bebek, makanan bebek, kandang bebek petelur, bebek hibrida, pakan bebek petelur, itik petelur, harga telur bebek, bebek pedaging, ukuran kandang bebek petelur 100 ekor

**Linda Rahmawati Choiriyah**

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *